Tetangga Kamu Nggak Kerja Tapi Banyak Duit? Jangan Curiga Dulu!

Apa itu babi ngepet

Tetangga Kamu Nggak Kerja Tapi Banyak Duit? Jangan Curiga Dulu! – Jadi belakangan ini netizen sedang ramai menggunjing seorang ibu-ibu akibat statement yang dikeluarkannya. Isi dari statement tersebut kurang lebih adalah tentang kecurigaannya pada seorang tetangga yang diduga menjalankan ritual babi ngepet karena menurutnya, tetangga itu tidak bekerja tapi banyak uang.

Dan aku yakin, ibu itu bukanlah satu-satunya orang yang akan berpikir demikian jika melihat tetangganya punya uang padahal tidak bekerja. Hanya saja, ibu itu mungkin sedang sial aja. Karena mengeluarkan statement kontroversial, dan ternyata menjadi viral. Hasilnya, ia pun sukses memanen hujatan online dari netizen Indonesia.

Sebelum Lanjut, Dengarkanlah Curcolku Ini

Aku sendiri merupakan salah satu orang yang bisa tetap berpenghasilan, tanpa harus keluar rumah. Asalkan ada laptop dan koneksi internet, semuanya menjadi mungkin. Walaupun yaa uangnya nggak seberapa sih, tapi cukup lah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kegiatanku yang sehari-hari hanya di kamar saja, juga pernah, atau bahkan sering dipandang curiga oleh orang-orang sekitarku. Termasuk oleh saudaraku sendiri. Dianggap pengangguran lah, disuruh cari kerja lah. Padahal sudah kujelaskan, ternyata mereka masih tidak paham juga. Giliran aku bisa beli apa-apa, eh mereka bingung, aku dapat uang darimana? Sampai lelah rasanya aku menjelaskan.

Maklum sih, mereka-mereka ini masih menggunakan pemikiran “orang dulu”, dan belum paham bahwa teknologi bisa dimanfaatkan sejauh mana. Ya kerja itu kan nggak harus pergi ke kantor, nggak harus keluar rumah, apalagi harus jadi PNS. Sekali lagi, itu adalah pemikiran orang dulu.

Tidak Pernah Keluar Rumah Bukan Berarti Pengangguran!

Kalau kata teman-teman kosan saat aku di Jogja, aku tuh kerjanya “cengengesan dapet duit”. Karena yaa itu tadi. Aku tidak pernah terlihat pergi berangkat kerja, hanya di kamar saja, kadang cekikikan bareng temen yang main, tapi nggak pernah ngeluh soal uang. Alhamdulillah, masih diberi rezeki yang berkecukupan.

Buat yang belum tau, ada banyak loh “pekerjaan” yang bisa dilakukan tanpa harus keluar kamar. Dengan catatan, minimal harus bermodalkan laptop atau PC, dan juga koneksi internet. Di tangan orang-orang kreatif, keduanya itu bisa menjadi mesin untuk membantu mencari uang.

Profesi yang bisa dijalankan itu umumnya adalah sebagai penulis blog. Tapi tak sedikit pula yang memilih menjadi YouTuber, Selebgram (via Instagram), web developer, freelancer, hingga ada juga yang menjual karya-karya berupa gambar vector ataupun foto secara online. Memang sih, tidak semua dari profesi tersebut akan bisa dilakukan di rumah terus.

Tapi kita bisa menghabiskan sebagian besar waktu bekerja dari rumah saja. Walau terlihat santai, namun kenyataannya kita tetap akan butuh sebuah usaha ekstra keras, kreatifitas, dan juga pemikiran cerdas untuk mencari solusi dari permasalahan yang kita hadapi. Karena profesi yang kusebutkan tadi itu sebenarnya juga sama sekali tidak mudah. Harus benar-benar diseriusin! Jadi kalau masih ada yang menganggap orang-orang ini sebagai pengangguran, mereka belum tau aja gimana perjuangan kita buat dapet duit.

Bagaimana Cara Mereka Menghasilkan Uang?

Kalau dijelaskan secara rinci, bisa-bisa panjang banget. Karena masing-masing dari mereka itu punya caranya sendiri. Garis besarnya adalah begini:

Kita ini hidup di era internet sedang jaya-jayanya. Hampir semua orang punya akses untuk internet. Dan setiap harinya, ada buanyak sekali orang yang aktif menggunakan internet. Sehingga bisa dibilang, internet itu ibarat sebuah jalan besar yang dilalui oleh sangat banyak orang setiap harinya.

Kalau di jalan raya beneran (bukan jalan tol ya), biasanya kan kita pasti akan melihat banyak sekali orang yang membuka usaha di sepanjang pinggiran jalan. Yang mana hal itu adalah langkah untuk mencoba mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang lewat. Nah, kita-kita ini tuh ibarat orang yang membuka usaha di pinggiran jalan tadi.

Hanya saja, perbedaannya adalah, kita membuka usahanya itu dengan memanfaatkan “lokasi” di internet, bukan lokasi di pinggir jalan.

Pemanfaatan internet sebagai lokasi mencari uang pun bisa berbeda-beda caranya. Ada yang menjual karya, ada yang menjual spot iklan untuk mempromosikan usaha orang lain, ada yang menjual produk orang lain, bahkan ada juga yang menjual produknya sendiri. Dari sanalah uang-uang akan datang.

Jadi di sini aku tegaskan lagi ya. Bahwa yang namanya kerja itu nggak harus jadi karyawan. Nggak harus pergi ke kantor. Dan juga nggak harus jadi PNS. Karena dengan hadirnya internet serta kemajuan teknologi, akan ada banyak profesi baru yang bermunculan. Yang bisa dikerjakan tanpa harus keluar rumah.