Pernah Dengar “Mobil Hybrid”? Ternyata Ini Loh Keunggulannya!

Pernah Dengar “Mobil Hybrid”? Ternyata Ini Loh Keunggulannya! – Kita semua tau bahwa kendaraan roda empat umumnya memiliki dua jenis pilihan mesin. Kalau nggak mesin bensin, ya pakai mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar. Kedua jenis mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) tersebut sangat umum digunakan sejak jaman dahulu. Dan terus mengalami penyempurnaan yang menghadirkan efisiensi energi, tenaga yang lebih besar, hingga gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Seiring dengan perkembangannya, kemudian muncul sebuah teknologi baru yang melahirkan mobil bermesin hybrid yang saat ini mulai banyak diminati. Namun demikian, mobil hybrid biasanya akan memiliki banderol harga yang dipandang cukup mahal, dan memang belum ditemukan pada mobil kelas entry level. Hal ini akan membuat orang berpikir dua kali saat ingin membelinya.

Keunggulan mobil hybrid
sumber: auto2000.co.id

Salah satu alasan mengapa mobil hybrid umumnya dibanderol dengan harga yang mahal adalah karena teknologi dan juga tingginya harga komponen utamanya, yaitu baterai. Iya, baterai! Jadi mobil hybrid itu adalah sebuah mobil yang memadukan antara kekuatan mesin pembakaran dalam (bensin atau diesel) dengan mesin elektrik. Nah mesin elektrik ini akan membutuhkan baterai agar dapat bergerak. Fungsi dari mesin atau motor elektrik tersebut tentu saja adalah untuk membantu kinerja mesin bensin atau diesel untuk dapat menggerakkan roda.

Perpaduan antara kedua mesin tersebut akan membuat mobil hybrid lebih superior dibandingkan dengan mobil dengan mesin biasa. Beberapa keunggulan mobil hybrid diantaranya adalah ia mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan mobil non hybrid, dengan putaran mesin yang sama. Atau, ia akan mampu mengimbangi tenaga dari mobil non hybrid yang punya kapasitas mesin lebih besar.

Contohnya bisa kita lihat dalam ajang balap seperti 24 hours of Le Mans. Dimana mobil LMP1 seperti Toyota Hybrid dari tim Toyota Gazoo Racing memiliki kecepatan luar biasa walau kapasitas mesinnya hanya 2400cc. Jauh mengungguli mobil sport tanpa teknologi hybrid yang berkapasitas mesin 4000cc keatas. Baik dalam hal akselarasi, maupun top speed.

Konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan mobil hybrid juga jauh lebih irit. Karena jika dijalankan dengan kecepatan rendah, mobil akan menggunakan tenaga dari mesin elektrik yang dimilikinya. Hal ini tentu membuat perbedaan konsumsi bahan bakar menjadi sangat signifikan. Khususnya saat harus menghadapi kemacetan lalu lintas.

Mobil hybrid termurah di Indonesia
sumber: auto2000.co.id

Bahkan mobil hybrid seperti Toyota Corolla Cross memiliki fitur EV mode untuk berjalan dengan mesin full electric. Yang bisa kita manfaatkan untuk lebih menghemat bahan bakar. Mobil hybrid Toyota yang baru saja diluncurkan pada awal bulan Agustus 2020 tersebut merupakan mobil hybrid termurah yang bisa didapatkan di Indonesia untuk saat ini.

Teknologi Dual VVT-i pada mesin bensin berkapasitas 1800cc di mobil SUV ini bakal semakin membuatnya efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Karena teknologi tersebut dapat menyesuaikan perilaku buka tutup overhead camshaft, demi dapat menghasilkan tenaga yang optimal pada putaran mesin yang bervariasi. Mobil hybrid terbaru ini sudah bisa didapatkan di Showroom Toyota.

Atau, jika tak punya waktu untuk sekadar mampir ke showroom terdekat, kamu bisa coba mengunjungi situs auto2000.co.id untuk mengetahui info lebih detail mengenai berbagai mobil Toyota, termasuk Toyota Corolla Cross.

Simulasi kredit mobil Toyota

Pada situs tersebut, kita tak hanya bisa melihat harga ter-update dari mobil Toyota, tapi sekaligus juga dapat mencari tau perkiraan cicilan bulanan melalui fitur simulasi kredit mobil yang tersedia disana. Atau, kita juga bisa berkomunikasi langsung via live chat untuk bertanya seputar produk Toyota, hingga melakukan booking untuk test drive. Di situs auto2000.co.id juga, kamu dapat melakukan booking service, serta mencari aksesori-aksesori yang tersedia untuk mobil Toyota yang kamu miliki.

Mas Bocah
Blogger lugu yang kadang punya rasa penasaran tinggi | Founder techijau.com & hayuklah.com | Main IG di @masbocah kadang main twitter juga di @PanduDryad