sumber: asn.id - festival kesenian Yogyakarta tahun 2017

Yuk Ikuti Serunya Festival Kesenian Yogyakarta! – Yogyakarta memang tak hanya sebagai kota pendidikan dan kota wisata saja, melainkan juga sebagai kota seni budaya. Seni dan budaya yang masih terjaga dengan baik inilah yang menjadi daya tarik lebih dari kota Yogyakarta untuk selalu dikunjungi wisatawan.

Bagi yang sudah sering ke Jogja, pasti sudah akrab dengan festival tahunan yang diadakan di sana. Festival tersebut adalah festival kesenian Yogyakarta. Buat kamu yang belum tahu, yuk kenalan dulu apa itu festival kesenian yogyakarta ini.

Sejarah

Festival Kesenian Yogyakarta atau lebih dikenal sebagai FKY ini adalah acara tahunan yang diadakan oleh pemerintah Yogyakarta untuk menjaga kelestarian seni budaya Jawa. Festival ini sudah dimulai semenjak tahun 1989 lalu lho, yang artinya tahun ini festival kesenian Yogyakarta sudah mencapai 29 kali.

Awalnya festival kesenian Yogyakarta diadakan bersamaan dengan pembukaan Monumen Jogja Kembali, lalu di tahun berikutnya FKY diadakan di alun-alun utara Yogyakarta.

sumber:sportourism.id

Pelaksanaan Acara

Acara keren tahunan ini biasanya diadakan pada sekitar bulan Juni hingga Juli. Alasan pemerintah Yogyakarta mengambil bulan ini adalah karena Juni dan Juli adalah hari libur bagi sekolah di Inndonesia. Dengan maksud anak dan remaja usia sekolah dari luar kota juga bisa menikmati rangkaian acara seni ini. Nah karena bertepatan dengan hari libur, biasanya tiket kereta Jakarta – Jogja akan ludes terjual.

Sedangkan untuk pelaksanaannya, tahun 2018 ini Festival Kesenian Yogyakarta akan diadakan pada bulan Juli nanti. Jika kamu tertarik menyaksikannya, segera siapkan tiket dan sesuaikan waktu berkunjung dengan agenda tahun ini. Pembelian tiket kereta Jakarta – Jogja bisa dilakukan di website resmi dan aplikasi Travekoka.

sumber:@infoFKY

Serunya Festival Kesenian Yogyakarta

Jangan takut bosan meski sudah pernah melihat langsung festival kesenian Yogyakarta ini. Karena acara tahunan ini memiliki tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Hal inilah yang membuat festival ini selalu ditunggu oleh masyarakat. Acara ini biasanya diisi oleh serangkaian acara seni, pameran seni rupa, bioskop FKY, wayang, gamelan, bazar produk kreatif, serta kesenian-kesenian dari mancanegara.

Acara ini biasanya dibuka langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono lho. FKY dibuka Sri Sultan di depan komplek kantor Gubernur yang kemudian dilanjutkan dengan pawai kesenian di jalan Malioboro. Pawai ini diikuti oleh berbagai pelaku seni baik dari wilayah Jogja maupun wilayah-wilayah lain di Indonesia. Sudah bisa dibayangkan kan betapa serunya festival seni Yogyakarta ini?

sumber:@infoFKY

Penasaran dengan tema apa yang akan diangkat untuk festival seni Yogyakarta tahun ini? Pelaksanaan festival seni Yogyakarta ini sudah semakin dekat nih. Jangan lupa untuk segera pesan kereta api Jakarta – Jogja sekarang agar tidak kehabisan tiketnya. Tidak mau kan ketinggalan acara keren tahunan ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here