Home Teknologi Tips Agar ASUS Zenfone 2 Lebih Hemat Baterai

Tips Agar ASUS Zenfone 2 Lebih Hemat Baterai

2814
0
SHARE

Tips Agar ASUS Zenfone 2 Lebih Hemat Baterai – Sebenernya ini topiknya buat blog sebelah yang emang khusus ngebahas soal gadget, tapi entah mengapa belakangan ini aku lagi ngerasa males aja buat apdet disana. Apalagi setelah ngeliat trafficnya yang sering mentok di angka 4.9K page view per day setelah beberapa bulan lalu trafficnya sempat terjun bebas dan sampe sekarang belum bisa balik seperti semula, makin gak semangat jadinya. Mungkin udah saatnya buat nyari penulis buat apdet blog itu kali yaa? Iya, mungkin. Semoga aja bisa dalam waktu dekat. Oke cukup curhat singkatnya, sekarang masuk ke pembahasan utama.

Dari blog sebelah itu aku sering menerima pertanyaan dari orang yang ingin atau sudah menggunakan ASUS Zenfone 2, hape yang sekarang ini juga menemani keseharianku. Orang yang belum punya dan pengen beli smartphone ini rata-rata nanyain soal “bener gak sih Zenfone 2 itu boros baterai?”, terus bagi mereka yang sudah punya juga kadang nanya begini “kok Zenfone 2 punyaku baterainya cepat habis ya?”. Nah disini aku bakal coba bantu jawab keduanya.

Zenfone 2 boros baterai nggak sih? Menurutku biasa aja kok, standar aja asal pemakaiannya wajar. Kalo ditambah dengan settingan yang baik, malah bisa kuat sehari penuh dengan catatan penggunaannya gak terlalu berat. Di Zen 2 punyaku, aku aktif di WhatsApp dan ada 3 grup disana. Dan salah satu grup nya itu jumlah chat nya kadang gak manusiawi, kadang bisa sampe ratusan chat dalam beberapa jam aja kalo lagi rame. Aku juga rutin ngecek twitter dan kadang facebook dan beberapa email plus instagram khusus di pagi hari (soalnya kuota siang-malem nya tipis).

Oia, aku juga sering dengerin musik via headphone sampe beberapa jam. Terus aktivitas begitu bisa bertahan berapa lama? Zen 2 baru aku nyalain sekitar jam 6 pagi (kadang lebih awal setengah jam sampe satu jam), dan dengan semua aktivitas itu, baterai mulai lobat sekitar jam 7 malem, dan bener-bener lobat (dibawah 5%) sekitar jam 8 malem lebih. Dan kadang bisa sampe jam segini :

Jadi, itu irit apa boros? Kalo menurutku sih irit. Terus buat kamu yang pake Zenfone 2 dan ngerasa baterainya boros, mungkin ada beberapa hal yang salah, entah kamu pakenya kebangetan, install aplikasi yang berat, atau mungkin kamu belum tau triknya. Nah disini, aku bakal membagikan tips buat kalian para pengguna ASUS Zenfone 2 supaya hape kalian bisa lebih irit baterai plus nggak lemot.

1. Perhatikan Apps Yang Terinstall

Biasanya sih salah satu tersangka utama dari borosnya baterai suatu perangkat adalah aplikasi yang terpasang di perangkat itu sendiri. Kadang, kita dengan polosnya pasangin apps yang sebenernya gak perlu.

Misalnya aja seperti aplikasi yang menunjukkan persentase baterai lah, aplikasi untuk ngecek kesehatan baterai atau aplikasi semacem ini tuh sebenernya sama sekali gak perlu dan malah bikin boros baterai. Kenapa? Karena aplikasi ini bakal terus berjalan di background, sehingga akan menguras daya baterai dan bisa juga menyebabkan perangkat jadi lemot. Apps lain yang bisa bikin baterai boros adalah aplikasi game yang harus dimainkan secara online.

2. Tutup Apps Dengan Benar

Di blog sebelah, aku sering banget mewanti-wanti (Bahasa Indonesia nya apa ya?) soal hal ini, karena selain bisa menyebabkan baterai jadi boros, ini juga bisa menurunkan performa dari gadget mu. Gunakan menu close atau tekan tombol back berkali-kali hingga aplikasi menutup, dan hindari tombol home karena kalo kamu pake tombol itu, aplikasi cuma bakal di minimize, bukan di close. Atau kalo perlu, singkirkan apps tersebut dari recent apps. Selengkapnya soal menutup apps ini coba baca disini.

3. Rutin Mematikan Hape Tiap Malam

Ini juga cukup penting untuk penyegaran karena hapemu juga butuh yang namanya bobok alias istirahat. Selain untuk mengistirahatkan hardware, mematikan hape juga bisa membantu buat menutup apps yang mungkin aja belum kamu tutup dengan benar.

4. Pakai Wi-Fi Tjoy

Kebetulan, gadgetku ada lumayan banyak. Kalo aku ngisiin pulsanya satu persatu cuma buat beli paket data bulanan kan jadinya boros banget? Makanya aku beli mobile Wi-Fi hotspot atau biasa disebut dengan MiFi. Dan selain ngirit pengeluaran untuk pulsa, ini juga efektif untuk ngirit daya baterai gadget kita. Gapercaya? Coba aja

5. Manfaatin Aplikasi ASUS Mobile Manager

Nah kalo tips diatas masih kurang greget, maka kamu bisa coba untuk manfaatin salah satu aplikasi bawaan yang menurutku bisa banget buat ngebantu untuk mempertahankan performa sekaligus lebih menghemat baterai, yaitu Auto-start Manager.

Jadi fitur ini berguna banget untuk mematikan auto-start dari aplikasi tertentu, karena terkadang ada beberapa aplikasi yang “aktif dengan sendirinya” tanpa kita jalankan, dan itu bisa bikin baterai cepat habis plus performa jadi menurun. Nah disini kamu bisa matiin deh aplikasi mana aja yang sekiranya cuma bakal kamu perluin di waktu tertentu aja, misalnya aplikasi edit foto.

Tapi inget, kalo kamu matiin auto-start dari aplikasi yang harus jalan terus seperti misalnya aplikasi messenger, maka hapemu gak bakal bisa nerima notifikasi messenger secara real time hingga nanti kamu jalankan apps yang bersangkutan.

Selain auto-start manager, kamu juga bisa manfaatin fitur battery saver atau bahkan mungkin data usage untuk mencegah apps tertentu supaya gak memakan paket data di background. Sebenernya ada tips yang lebih ekstrim lagi supaya baterai di Zenfone 2 mu bisa bertahan sampai berhari-hari, tapi cara ini bener-bener gak aku rekomendasikan karena semua fitur yang dimilikinya bakal terasa mubazir. Aku sih nyebutnya sebagai Extreme Power Saving Mode, dan hasilnya adalah …

Hahahah, berapa hari tuh ya? Entahlah. Mau tau caranya? Mending gak usah deh yaa, karena resikonya bakal besar banget kalo misalnya ada hal buruk terjadi, seperti hilangnya 2 biji tabletku yang kemudian gak bisa dilacak karena pake cara ini. Untung bukan biji yang lain ya #eh. Biji bunga matahari, maksudnya. Ituloh, yang paling disenangi sama Hamtaro 😛

Okedeh, sekian dulu tips menghemat baterai untuk ASUS Zenfone 2 ala Masbocah. Semoga bisa bermanfaat buat kalian. Ada yang punya tips tambahan? Komen aja, gratis kok!

SHARE
Blogger lugu yang kadang punya rasa penasaran tinggi | Founder techijau.com & hayuklah.com | Main IG di @masbocah kadang main twitter juga di @PanduDryad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here