Home Review Pengalaman Menggunakan ASUS ZenEar, Earphone Stylish Suara Memuaskan

Pengalaman Menggunakan ASUS ZenEar, Earphone Stylish Suara Memuaskan

1802
0
SHARE

Pengalaman Menggunakan ASUS ZenEar, Earphone Stylish Suara Memuaskan – Menurutmu, apa sih gambaran yang pas untuk sebuah gadget canggih yang tak didampingi dengan aksesori? Kalau menurutku sih, itu lebih seperti seorang pemuda yang baik, ramah, humoris, dan tampan, tapi……….. JOMBLO. Eits, jangan marah, itu aku gak nyindir kamu kok. Yang jomblo kan bukan cuma kamu doank, jadi jangan ke-GR-an deh. HAHAHAHA.. Balik lagi ke topik yaa..

Nah karena dia jomblo, dia pasti bakal butuh teman untuk melengkapi hidupnya donk, yang dalam hal ini, teman bagi sebuah gadget adalah aksesoris. Kalau diperhatikan, salah satu aksesoris yang paling banyak disandingkan dengan gadget adalah earphone. Terang saja, di jaman yang serba modern ini orang semakin mudah untuk mengakses hiburan, khususnya musik yang bisa dengan mudah diputar melalui smartphone miliknya dan didengarkan dengan bantuan earphone.

Oke, memang sih, kita masih bisa mendengarkan musik dengan loudspeaker yang terdapat pada perangkat, atau aksesori lain macam Audio Cover punya Zenpad. Tapi, cara itu cuma efektif digunakan di tempat pribadi. Yakali kamu mau setel musik kenceng-kenceng pakai loudspeaker di tempat umum, pasti bakal mengganggu banget kan? Apalagi kalau di keramaian itu (yang biasanya sudah bising), suara dari loudspeaker hapemu bakal terdengar kurang bagus, jadi kamu gak bisa menikmati musik dengan baik deh.

Maka, nggak salah memang kalau orang lebih memilih menggunakan earphone untuk mendengarkan musik on the go. Selain supaya bisa mendengar musik dengan lebih baik, kita juga jadi bebas untuk mendengarkan musik apa saja yang kita suka tanpa perlu khawatir mengganggu orang lain yang selera musiknya beda. <- Ini anak rocker banget nih, yang sering diprotes sama emak-emak yang alergi musik rock.

Kebetulan nih, kemarin diriku baru aja nyobain aksesoris gadget berupa earphone, yaitu ASUS ZenEar, dan di posting kali ini, aku ingin berbagi pengalaman alias review dari aksesoris resmi untuk gadget dari ASUS yang satu ini. Emang apa sih istimewanya? Intip dulu yuk!

Dalam paket penjualannya yang punya kemasan cukup menarik itu, kita hanya akan menemukan unit earphone itu sendiri, plus beberapa earbud cadangan saja. Yaiyalah, masa beli earphone dapet motor dalam paket penjualan? (-___-“). Yap bener, earphone yang satu ini tuh berjenis in ear, dan sebenernya earbud tambahan yang disediakan itu bukanlah cadangan, tapi itu adalah set earbud yang punya ukuran beda-beda.

Penilaian awal, dari sisi desain sih menurutku si ZenEar ini sudah kekinian banget lah yaa. Minimalis, tapi tetap stylish. Bahan yang digunakan pun sepertinya bukan tipe-tipe plastik yang gampang pecah seperti yang biasa kutemukan di earphpone pada umumnya yang berada di kisaran harga 150 ribu kebawah. Berdasarkan keterangan resmi dari ASUS, aksesoris yang satu ini tuh mengusung bahan sejenis plastik bernama Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) yang konon memang punya tingkat kekenyalan yang tinggi (untuk meminimalisir resiko pecah) dan juga punya kekuatan yang cukup tinggi.

Tapi perlu dicatat yaa, “kenyal” yang dimaksud disini tuh bukan kenyal seperti jelly. Kalau kamu berpikir demikian, berarti imajinasimu ketinggian, kisanak. Hemm, desain sih oke, tapi gimana kualitas suaranya ya? Yaudah yuk kita coba colok ke hape!

Performa & Kenyamanan

Apa sih yang dicari dari sebuah earphone kalau bukan soal performa suaranya? Iya, itu memang yang utama. Tapi menurutku, itu bukan satu-satunya penilaian soal bagus atau nggak nya sebuah earphone. Saat pertama kali coba….. Kok suaranya gini ya? Berasa cukup banyak noise (semacam efek bising) gitu. Tapi masa iya segini aja kualitasnya? Setelah dihayati beberapa saat…. Oh, iya, pantesan! Ternyata kurang masuk nih earphone nya!

Jadilah kemudian aku ganti earbud nya dengan ukuran yang paling kecil, supaya sesuai dengan telingaku yang imut-imut ini. Dan setelah di tes lagi…. Nah! Ini baru sip! Barulah terasa kualitas sebenarnya dari earphone ini. Yap, memang hal itu nampak sepele ya, tapi sebenernya pengaruhnya ke performa suara yang dihasilkan tuh berasa banget loh.

Suaranya jernih, bass nya juga oke banget untuk ukuran earphone berjenis in ear, terus treble juga oke. Bahkan, potensi yang dimiliki oleh ZenEar bisa terasa lebih keluar ketika aku coba jodohkan dengan ASUS Zenpad 7.0 yang memang punya teknologi DTS-HD Premium Sound.

BACA JUGA : Review ASUS Zenpad 7.0 Z370CG

Asiknya, earphone ini tuh gak bikin kita cepet sakit kepala! Iya, bagi kamu yang mungkin sering berlama-lama menggunakan earphone, pasti kamu pernah merasa kurang nyaman di kepala/leher bagian belakang hingga bahu. Dan ajaibnya, diriku tak mengalami keluhan itu ketika menggunakan ZenEar.

ASUS ZenEar memang punya kemiringan (katanya sih sekitar 70 derajat) yang membuatnya mampu “menggantung” di telinga dengan mantab, meskipun sebenarnya dia bukanlah tukang PHP yang suka nge-gantung-in hubungan tanpa kejelasan, seperti gebetan kamu itu. Efeknya, ia akan terasa sangat ringan dan nyaman ketika digunakan.

Oh iya, ternyata earphone yang satu ini tuh juga dilengkapi dengan microphone, dengan sebuah tombol multifungsi yang juga tersemat disana. Jadi kita bisa juga memanfaatkan ZenEar sebagai hands-free ketika sedang menelpon. Letak microphone nya pun kurasa sudah sangat baik, yakni sejajar dengan mulut. Sehingga kita gak perlu repot lagi untuk memegangi microphone waktu kita berbicara via telepon ketika menggunakan ZenEar.

Tombol yang ada, bisa kita gunakan untuk menerima telepon, mute call (tekan sekali) mengakhiri panggilan suara (tekan dan tahan agak lama), play dan pause musik yang kita putar (tekan sekali) ataupun berganti ke daftar musik selanjutnya (tekan dua kali dengan cepat). Bahkan. tombol ini bisa kita manfaatkan sebagai tombol shutter kamera loh! Dan jelas, ini bakal membantu banget untuk urusan fotografi, khususnya ketika kita menggunakan mode manual di kamera smartphone kita!

BACA JUGA : Review hasil kamera ASUS Zenfone Selfie

Kalau kamu tanya apakah ZenEar bisa digunakan untuk hape / gadget lain (selain ASUS) atau tidak, sejauh yang aku coba di hapeku yang lain sih gak bisa (tidak kompatibel). Tapi kata temen yang juga udah pake sih bisa. Mungkin perangkat tertentu aja kali ya? Entahlah..

Akhir Kata….

Dengan harga resmi di kisaran 140 ribuan (bisa berbeda di tiap lokasi), menurutku, ASUS ZenEar ini merupakan aksesoris utama yang pantas dan wajib dimiliki oleh para pengguna perangkat ASUS sebagai pendamping gadget nya. Bukan cuma bisa memenuhi kebutuhan di sisi hiburan aja, tetapi ia juga memiliki beberapa fungsi lain yang bisa bermanfaat buat keseharian kita. Ukurannya yang kecil, ringan, membuatnya sangat mudah untuk dibawa menemani si gadget kesayangan.

Tapi inget, jangan cuma gadget mu aja yang dicariin pasangan, kamu juga mesti nyari donk! Hihii 😛 Oke deh, sekian dulu untuk review kali ini. Kalau ada pertanyaan, boleh kok ninggalin komentar. Semoga bermanfaat 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here