Langit Musik : Bikin Hidup Lebih Bernada

Langit Musik : Bikin Hidup Lebih Bernada

283
1
SHARE

“Life was filled with wonder, i felt the warm wind blow. I must explore the boundaries, transcend the depth of winter snow..”

Sebuah potongan syair dari lagu berdurasi sekitar 23 menit dari Dream Theater yang berjudul “A change of seasons” ini adalah salah satu deretan syair yang menjadi pembuka dari sebuah lagu yang mengisahkan sebuah perjalanan panjang tentang hidup.

A change of seasonsA change of seasons, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia kurang lebih adalah “Pergantian musim” ini memang punya tempat tersendiri dihatiku #ehem. Untuk pertama kalinya meraih sebuah tempat yang tinggi, yang mungkin jadi sesuatu yang amat diidamkan oleh anak muda lain seumuranku, pada saat itu. Ya, aku benar-benar merasa luar biasa, namun aku ingin terus dan terus melangkah lebih jauh hingga batas yang tak ditentukan. Hingga, sebuah kesalahan membuatku jatuh di titik terbawah.

“But those days are gone now, just like a leaf from a tree. Blown away forever, into the cool autumn breeze. The snow has now fallen, and my sun not so bright. I struggle to hold on, with the last of my might..”

A change of seasons, untuk pertama kalinya juga aku harus menghadapi sebuah pergantian musim, yang memaksaku untuk mengerahkan segala yang kupunya, hanya untuk sekedar bertahan. Putus asa? Jelas. Sempat terpikir untuk menyerah, karena terlalu takut untuk menghadapi kenyataan. Tapi aku dengan sedikit kewarasan yang kupunya kemudian berpikir bahwa seharusnya jalanku masih panjang.

Ah, hidup ini ternyata begitu keras, dan aku baru menyadarinya saat itu. Aku jadi tersadar, bahwa semua hal besar, berawal dari sesuatu yang kecil. Dan ya, akupun jadi lebih bisa menghargai, mensyukuri apa yang kupunya, meski hal kecil sekalipun, sesuatu yang dahulu sering kali ku sia-siakan. Dan ya, akupun mencoba untuk bangkit karena aku tau, merenung dan menyesal takkan ada artinya tanpa sebuah aksi untuk bergerak dan mengubah keadaan.

“A seasons change, so can I! Hold on boy, no time to cry! Untie those strings, i’m climbing down. I won’t let them push me away!”

A change of seasons. Ya, lagu ini seakan menceritakan perjalanan hidupku sendiri, dimana aku selalu teringat kembali pada masa-masa sulit itu di tiap kali aku mendengarkannya. Bukan untuk mengingat kesedihannya, tapi agar aku tak mengulangi kesalahan yang sama lagi.

Musik Dalam Hidup

Aplikasi Langit MusikAku yakin, hampir tiap orang pasti punya musik atau lagu tertentu yang punya kesan tersendiri dalam hidupnya, seperti yang juga aku alami. Tak heran, karena saat ini, memang musik sudah menjadi semacam kebutuhan sebagai sarana hiburan yang mudah dinikmati, dimana saja dan kapan saja.

Tak hanya agar lebih bersemangat, tapi terkadang pula, musik dapat mewakili mood atau perasaan kita, entah dari alunan nada, hingga kekuatan pada lirik (syair) pada lagu tersebut. Somehow, mendengarkan musik yang sesuai dengan mood seakan mampu membawa pendengarnya untuk semakin larut dan menikmati perasaan tersebut.

Mendengarkan Musik Secara Legal

Setahun belakangan, aku mulai menyadari pentingnya untuk menggunakan konten legal. Akupun kemudian perlahan mulai meninggalkan software dan konten ilegal alias bajakan, mulai dari OS dan aplikasi yang terinstall di laptop, hingga konten musik yang dulu pernah aku kumpulkan.

Di smartphone yang aku gunakan pun juga sudah kubersihkan dari segala konten musik ilegal. Dan praktis, sejak itu aku tak lagi bisa mendengarkan lagu-lagu yang aku suka menggunakan smartphone ku. Untunglah, bulan lalu seorang temanku menyarankan untuk menggunakan aplikasi New Langit Musik, yang merupakan layanan streaming lagu secara legal hasil kerjasama Telkomsel dengan PT.MelOn Indonesia.

Awalnya sempat ragu untuk menginstall nya karena ada embel-embel “streaming”, yang mana dalam bayanganku pasti bakal menghabiskan banyak kuota. Tapi ternyata? Justru sebaliknya! Dan setelah mencobanya untuk pertama kali, akupun langsung menyukai aplikasi ini. Berikut adalah alasannya:

Kualitas Suara

Hal pertama yang kuperhatikan saat menggunakan apps ini adalah soal kualitas suaranya. Sebagai penikmat musik progresive rock dengan permainan instrumental yang kaya, seperti yang dibawakan oleh Dream Theater, kualitas suara memang menjadi faktor penting agar dapat lebih menghayati musik yang sedang dimainkan.

Syukurlah, Langit Musik dapat mengerti kebutuhan itu. Ia mampu memberikan detail keluaran suara yang menurutku sudah sangat cukup bagi penggemar musik instrumental atau musik keras. Dari sinilah kemudian aku mulai menjelajah lebih jauh untuk menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini.

Pilihan Lagu Cukup Lengkap & Pencarian Mudah

Setelah kualitas audio, hal terpenting kedua yang menurutku mesti diperhatikan adalah soal kelengkapan dari lagu. Kita dapat dengan mudah mencari judul lagu atau musisi favorit dalam kolom pencarian yang terdapat dibagian atas aplikasi. Langit musik bahkan punya beberapa menu yang memudahkan kita untuk mencari lagu.

Saat pertama kali membukanya, kita akan disuguhkan dengan menu Explore. Pada menu ini terdapat tab Browse seperti yang bisa kita lihat pada gambar slider diatas. Menu ini akan menampilkan berbagai pilihan lagu yang baru saja dirilis. Lalu ketika kita scroll layar kebawah, maka kita akan menemukan lebih banyak menu.

Diantaranya ada menu musik yang dikategorikan berdasarkan genre, atau bahkan mood. Tentunya, menu ini akan memudahkan kita dalam mendengarkan musik seperti apa yang kita inginkan. Dan tak perlu repot lagi untuk mencari-cari lagu yang tentu akan akan memakan waktu. Terdapat pula kumpulan lagu atau musisi yang dipilih khusus oleh sistem, berdasarkan musisi atau musik yang sering kita dengarkan.

Musisi Favorit

Saat sedang mendengarkan lagu, kita bisa mencari informasi lebih lanjut dari musisi yang membawakan lagu tersebut. Tak hanya melihat daftar lagu dan albumnya saja, tetapi terdapat pula menu yang menampilkan profil singkat dari musisi tersebut.

Tak ketinggalan, terdapat pula menu Similar Artist yang menampilkan deretan musisi yang punya genre musik serupa. Pilihan makin kaya, namun tetap sesuai dengan apa yang kita suka. Pengertian banget, ya? 🙂

#TagStation

menu_tagstation_langitmusik

Langit Musik juga semakin memudahkan kita untuk menemukan dan menjelajahi variasi musik berdasarkan kategori tertentu pada menu #TagStation.

Berbeda dengan yang terdapat pada menu Explore diatas tadi, menu #TagStation merupakan semacam menu playlist yang dibuatkan khusus oleh tim Langit Musik berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya, musik-musik rock yang pernah menjadi trend di tahun 90’an, lagu populer di awal 2000’an, hingga kumpulan lagu daerah pun juga ada di menu ini.

Sehingga, kita akan mendapatkan pengalaman mendengar musik yang lebih asik menggunakan aplikasi Langit Musik. Dan hadirnya variasi playlist macam ini jelas akan membuat kita semakin betah untuk berlama-lama menggunakan aplikasi streaming musik yang satu ini.

Info Musik Yang Sedang Populer

Untuk lebih memperkaya pilihan, Langit Musik juga menyediakan menu playlist yang menampilkan lagu-lagu terkini yang sedang populer. Menariknya, kita bisa memilih lokasi di menu ini, sehingga kita bisa mengetahui lagu apa saja yang sedang banyak di dengar pada area sekitar kita, atau pada wilayah tertentu lain yang kita pilih.

menu_trending_langitmusikBerbagai Pilihan Untuk Memudahkan Penggunaan

Ketika sedang mendengarkan sebuah lagu, aplikasi akan menampilkan menu sederhana seperti Play, Pause, Shuffle, Next atau Previous, serta menu Timeline di bagian tengah lingkaran.

Nah, saat kita membuka menu “More” yang bisa diakses dengan menyentuh icon di sebelah kanan atas layar, akan terdapat berbagai menu lain yang bisa kita temukan. Dalam menu ini, kita bisa menyimpan atau memasukkan lagu atau album ke dalam playlist, menyimpan lagu agar dapat didengarkan secara offline, hingga menampilkan daftar lagu lain yang terdapat pada album yang sama.

Yaps, pada aplikasi Langit Musik, kita bisa mendownload dan menyimpan lagu kesukaan kita. Sehingga, kita tidak harus selalu online untuk dapat menggunakannya. Sebuah kabar baik bagi kamu yang sering traveling, karena kamu dapat tetap menghemat daya baterai smartphone saat ingin mendengarkan musik selama perjalanan.

Playlist

Sudah puas menjelajah lagu yang kita suka? Sekarang saatnya melihat playlist yang kita simpan pada menu My Music. Menu ini akan menampilkan lagu-lagu apa saja yang baru saja kita dengarkan.

Disini, Langit Musik juga akan menampilkan playlist berdasarkan album yang kita simpan, atau single-single tertentu yang kita jadikan satu dalam sebuah playlist custom buatan kita sendiri. Pada menu ini juga kita akan menemukan menu Offline music, yang tak lain adalah lagu yang sebelumnya sudah kita download dan simpan pada perangkat agar dapat didengarkan ketika sedang offline.

Lirik (Syair) Lagu

Biasanya, kita akan merasa lebih bisa menghayati lagu yang sedang kita dengarkan jika kita juga sudah mengetahui lirik (syair) dari lagu yang bersangkutan. Tapi bagaimana jika lagu tersebut ternyata menggunakan bahasa asing atau masih terbilang baru? Tentunya kita akan sulit untuk menghafalnya, bukan?

Nah, dengan aplikasi Langit Musik, kita tak perlu repot lagi untuk mencari-cari syair atau lirik lagu secara terpisah. Karena, aplikasi ini secara otomatis akan menampilkan lirik dari lagu yang sedang kita putar. Dengan ini, tentu kita akan jadi lebih pede untuk mendengarkan lagu sambil “karaokean”. 😀

syair_lagu_langitmusik

Info Promosi Tentang Musik

Sebagai pelengkap, aplikasi Langit Musik juga menyediakan berbagai info pemberitahuan soal promosi yang berhubungan dengan musik, termasuk tiket konser, ataupun promosi yang lainnya.

menu_notificationBerlangganan Akun Premium

Secara default, kita akan dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis. Kita hanya perlu mendaftarkan nomor Telkomsel yang kita punya, dan kita pun dapat langsung mulai mendengarkan lagu melalui apps ini.

Namun, kita juga dapat memilih untuk berlangganan akun Premium agar kita dapat menikmati semua fitur yang ada pada aplikasi Langit Musik. Hemm, memangnya apa sih fitur pembeda antara akun gratis dengan akun Premium?

berlangganan_langitmusikSelain dapat bebas mendengarkan musik tanpa batasan skip lagu dan tanpa iklan, kita juga dapat menikmati fasilitas download lagu untuk bisa didengarkan secara offline. Tapi bukan itu saja loh. Intinya, kamu akan bisa menikmati semua fitur yang sudah kusebutkan sebelumnya jika kamu menggunakan akun Premium.

Kritik & Saran

Ada beberapa hal dalam aplikasi Langit Musik yang kurasa bisa lebih baik lagi. Yang pertama adalah dari fitur #TagStation. Konsepnya kurasa sudah bagus, tapi bakal lebih bagus kalau misalnya lagu yang diputar dalam playlist bisa mengacak / tidak berurutan, agar pendengar tidak mudah bosan.

Lalu akan lebih baik juga jika seandainya terdapat tombol play/pause pada notification bar atau pada lockscreen, sehingga pendengar tak perlu repot untuk membuka apps hanya untuk menghentikan lagu sementara.

Kesimpulan

Sebagai penikmat musik yang ingin tetap menghargai karya musisi dengan TIDAK menggunakan konten bajakan, tentu Langit Musik menjadi sebuah solusi bagiku. Biaya berlangganan yang tergolong murah (22.000 rupiah dibagi 30 hari = 734 rupiah per hari) atau bahkan gratis, adalah salah satu alasan kuat mengapa aku menyukai aplikasi ini. Selain tentu saja, kualitas suaranya yang nendang.

Lalu yang kedua adalah kumpulan lagunya yang tergolong cukup lengkap, serta berbagai menu yang memudahkan dan juga menambah variasi playlist yang bisa kita dengarkan sehari-hari. Dan menurutku, yang paling menarik dari aplikasi ini adalah soal kuota data yang ternyata tidak berkurang saat kita melakukan streaming lagu menggunakan jaringan Telkomsel. Plus, fitur untuk menyimpan lagi secara offline juga merupakan fitur yang amat membantu bagiku, khususnya agar lebih menghemat daya baterai dari smartphone yang kugunakan.

keunggulan_langitmusikKemudahan dalam menemukan lagu berdasarkan genre atau mood juga menjadi poin plus untuk aplikasi ini. Poin plus lain juga bakal dirasakan oleh kamu yang suka cepat bosan dengan lagu, karena dengan apps ini, kita bisa menyimpan banyak lagu (dalam playlist) tanpa perlu storage yang besar.

Apalagi apps ini berbasis cloud, yang artinya semua data playlist dalam akun yang kita punya akan tersimpan dalam server milik Langit Musik. Sehingga, jika suatu saat kita mengganti smartphone dengan yang baru, kita tak perlu repot lagi untuk mengatur playlist di perangkat yang baru.

Nah, dengan segala keunggulannya itu kurasa memang apps ini wajib dimiliki oleh kamu yang ngakunya pecinta musik agar kamu bisa mengekspresikan mood dan juga emosimu sambil menikmati musik, secara legal tentunya. Yuk bikin hidupmu lebih bernada dengan aplikasi Langit Musik! Jadi, musik apa yang sedang ingin kamu dengarkan hari ini?

Install Sekarang

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger

1 COMMENT

LEAVE A REPLY