Home Liburan Ingin Coba Merasakan Solo Traveling, ke Belitung Asik Kali Ya?

Ingin Coba Merasakan Solo Traveling, ke Belitung Asik Kali Ya?

857
1

Ingin Coba Merasakan Solo Traveling, ke Belitung Asik Kali Ya? – Jujur saja, sebelumnya aku belum pernah melakukan yang namanya solo traveling alias jalan-jalan seorang diri, karena biasanya memang aku belum pernah menjadi inisiator untuk pergi traveling ke tempat-tempat tertentu.

Jadi kalau misal aku traveling tuh kalau bukan karena ajakan teman, yaa karena ada undangan. Entah itu undangan semacam famtrip, ataupun undangan event di luar daerah yang kemudian dilanjutkan dengan acara keluyuran bersama.

Asik memang, tapi entah mengapa aku selalu merasa ada sesuatu yang kurang, seperti ada yang kurang sreg ketika bepergian bersama teman. Semacam kurang terpuaskan gitu lah, bahkan aku juga pernah merasa beberapa trip yang aku lakukan bersama-sama itu terasa agak membosankan. Sehingga sangat ingin rasanya aku melakukan perjalananku sendiri.

BACA JUGA : Traveling Terasa Membosankan? Mungkin Ada Yang Salah Dengan Ini!

Sebenarnya mau sih, ngajak satu atau dua teman biar nggak berasa sepi banget. Namun karena aku merasa belum menemukan travel mate yang benar-benar cocok, maka mungkin memang ada baiknya aku jalan-jalan sendirian saja. Daripada ngerasa ada yang mengganjal lagi, kan?

Agak bingung sebenarnya untuk merencanakan liburan seorang diri atau solo traveling ini karena memang belum berpengalaman. Bahkan untuk menentukan destinasi yang ingin dituju saja, rasanya sulit sekali. Ah, tapi aku ingat pernah ada seorang teman yang bilang bahwa ia ingin sekali pergi ke Belitung. Mungkin, kesana aja kali ya?

Kebetulan, pantai adalah salah satu tempat favoritku untuk berlama-lama agar bisa menenangkan diri. Dan setauku, Belitung punya cukup banyak tempat wisata pantai seperti misalnya Pantai Punai atau Pantai Tanjung Tinggi. Jadi rasanya, cocok lah yaa untuk aku datangi sendirian.

Sumber gambar : Wikipedia

Perencanaan

Persiapan atau perencanaan untuk ini sih sederhana aja ya, paling cuma soal memesan tiket sedini mungkin supaya nggak kehabisan sekaligus juga supaya mendapat harga yang lebih murah (tetep dong yaa). Iya, sejauh ini memang banyak benernya sih. Makanya nggak heran kalo hal itu jadi tips andalan untuk berhemat ketika traveling.

Nah sekarang masuk ke bagian paling rumit sekaligus yang paling memakan waktu, yaitu soal alokasi budget untuk akomodasi. Budget yang kusediakan tidaklah banyak, sehingga aku sudah bisa membayangkan bagaimana nanti harus memutar otak supaya budget nya cukup untuk pesawat dan penginapan sekaligus berharap bisa mendapat fasilitas sebaik mungkin dengan budget yang ada.

Aku membuka beberapa situs dengan maksud untuk mencari tiket pesawat serta booking hotel di Belitung. Tentu aku tak lupa menyiapkan kalkulator untuk menghitung apakah harga tiket pesawat dan juga hotel yang aku pilih bisa masuk dalam budget ku atau tidak.

Kemudian saat membuka situs Traveloka, akupun tergoda untuk mencoba fitur paket booking tiket pesawat + hotel yang ada disana.

Paket booking tiket pesawat dan hotel travelokaMenu yang ditampilkan ternyata tidak rumit, kita hanya perlu memasukkan tanggal keberangkatan, kepulangan, serta berapa orang yang akan melakukan perjalanan. Dalam trip ini aku hanya berencana untuk pergi selama 2 malam saja.

Agak singkat sih memang, dan mungkin aku hanya akan mengunjungi dua atau tiga tempat saja dalam sehari. Karena aku bukan tipe orang yang suka datang ke lokasi wisata untuk hanya melihat sejenak, berfoto, lalu pergi lagi.

Awalnya agak sedikit bingung sih ya, karena sistem di Traveloka secara otomatis akan menampilkan pilihan paket tiket pesawat plus hotel untuk tanggal tersebut. Dan setelah sedikit lebih memperhatikan halaman yang ditampilkan, akupun kemudian mencoba beberapa fitur yang ada.

Ternyata, kita bisa menambahkan beberapa filter untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Misalnya, menentukan maskapai apa yang kita inginkan, fasilitas hotel, hingga menentukan budget untuk paket tersebut.

Mencari tiket pesawat dan hotel sekaligusMenurutku, fitur ini sangat membantu mempermudah sekaligus mempersingkat waktu pencarian, karena sistem mereka bakal langsung menampilkan list paket yang sesuai dengan fasilitas dan budget yang kita tentukan. Bebas dari ribet soal itung-itungan budget.

Jika sekiranya kita menemukan paket dengan harga yang cocok namun ingin mengganti beberapa hal (misalnya jam keberangkatan), kita pun bisa dengan mudah melakukannya dengan hanya mengklik fitur change flight atau change room, lengkap dengan selisih harganya.

By the way, aku menemukan sesuatu yang menarik ketika sudah selesai mencari dan akan melakukan pembayaran. Kalau soal metode pembayaran yang beragam sih kurasa semua orang sudah tau lah ya, mulai dari transfer bank, CC, hingga bayar di Indomaret, Alfamart atau Alfamidi pun bisa.

Namun disini aku menemukan hal yang lebih menarik dari itu, yakni soal total harga yang harus dibayarkan dalam paket pesawat + hotel tersebut, ternyata lebih murah dibandingkan dengan hitung-hitunganku di awal tadi saat mencari tiket plus booking hotel secara terpisah.

Hampir dua ratus ribu selisihnya. Tentu selisih harganya ini bakal berbeda-beda, tergantung promo yang ada dalam paket. Kalau merujuk dari keterangan yang ada di situsnya, hematnya bisa sampai 20%, tanpa harus pakai kode promo apapun.

Yaa walaupun “cuma” segitu sih menurutku lumayan juga lah ya. Karena kita masih bisa memanfaatkan selisihnya sebagai budget tambahan ketika berada di lokasi, entah untuk kulineran, atau mungkin sewa kendaraan. Dan aku rasa hal ini perlu banget aku share disini karena kedepannya, ini bisa menjadi tips tambahan untuk lebih berhemat dalam melakukan trip.

Akhir Kata

Untuk destinasi mana saja yang nantinya akan ku kunjungi, mungkin nanti aku bakal meminta referensi dari teman-teman yang sudah pernah datang kesana. Toh jadwal keberangkatannya masih lama. Lagipula kan ini aku hanya berencana melakukan trip sendirian. Kalaupun harus berganti jadwal di last minute pun gak masalah. Bebas lah pokoknya.

Aku juga ingin coba menemukan tempat-tempat menarik selain pantai yang ada disana. Karena menurut Wikipedia, luas wilayah pulau ini tuh hampir seluas Pulau Bali. Jadi ya sepertinya agak mustahil kalau nggak ada tempat menarik selain pantai.

Kuharap nggak ada rintangan yang bakal menghalangiku untuk datang kesana. Oiya, kalau misalnya kamu juga sedang merencanakan sebuah trip, kurasa kamu juga bisa coba paket booking hotel + tiket pesawat seperti yang kusebutkan tadi agar bisa lebih berhemat dan mudah dalam mengalokasikan budget. Langsung aja cek paket pesawat hotel traveloka.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here