Home Ilmu Dasar Kenapa Kita Harus Mematikan Hape Saat Naik Pesawat?

Kenapa Kita Harus Mematikan Hape Saat Naik Pesawat?

1035
0
SHARE

Kenapa Kita Harus Mematikan Hape Saat Naik Pesawat? – Gatau kenapa tadi waktu lagi nyapu dedaunan tiba-tiba aku kepikiran untuk buat bikin posting ini. Tadinya sih aku galau karena undangan fisik untuk hadir di acara ASUS ZenFestival yang bakal digelar di Jakarta belum juga dateng, padahal 2 hari lagi aku sudah harus terbang ke Jakarta buat hadir kesana. Terus tiba-tiba aku teringat kejadian waktu naik pesawat hampir setahun lalu, ketika mas-mas pengusaha muda yang duduk disebelahku bicara panjang lebar nyindir mbak-mbak yang ada di deretan penumpang sebelah yang masih asik mainan hape buat bbm-an. Padahal saat itu pesawat udah hampir siap keluar parkiran.

BACA JUGA : Efek buruk terlalu asik main gadget

Iya, mbak-mbak yang pake pakaian kurang bahan itu memang sedari awal duduk di kursi pesawat sudah mengautis dengan gadget yang dibawanya dan tampak mengabaikan instruksi untuk mematikan handphone di pesawat.

“Nggak mikir apa ya, padahal aturan untuk mematikan hape di dalam pesawat itu untuk keselamatan bersama. Kalo terjadi apa-apa, kita semua yang kena! Mending kalo dia (si mbak ini) doank yang mati sih gapapa, saya ikhlas. Tapi ini di pesawat, kalo terjadi apa-apa kita semua yang kena! Nggak usah ngerasa sok penting, nggak usah ngerasa sok kaya, emang dipikir dia aja yang pake hape bagus? (kebetulan mbak ini pake hape logo apel kroak) Saya juga pake, tapi hape tetep saya matikan demi keselamatan bersama!” (sambil megang hape berlogo apel kroak juga, tapi dengan seri yang lebih baru)

Kira-kira seperti itu pidato mas-mas pengusaha muda itu. Hihih, lucu sebenernya liat kelakuannya, tapi kata-kata sindiran yang dilontarkan mas-mas ini emang bener! Pesawat udah mulai dimundurkan, mbak-mbak itu nampak masih beberapa kali ngecek hape di tasnya dan ngebales pesan yang masuk. Nggak lama kemudian, pesawat seperti mengalami gangguan, dan pilot mengumumkan kalo memang ada gangguan elektronik. Jadilah mas-mas disebelahku ini makin heboh dengan ocehannya.

“Nah, tuh, kan? Ini belum apa-apa udah kaya gini, gimana nanti coba? Untung aja gangguannya pas masih di darat, kalo pas kita lepas landas gimana? Apa gak mati kita semua?”

Pesawat dengan rute Denpasar – Jakarta itu pun akhirnya harus delay selama kira-kira satu jam karena harus di cek. Dan hampir selama itu juga mas-mas itu ngoceh soal “keamanan di pesawat”. Sepertinya ocehan mas ini mulai di dengarkan oleh si mbak itu, dan dia pun nampak menyimpan baik-baik hapenya tersebut di dalam tas sebelum 15 menit kemudian pesawat lepas landas.

Sumber gambar : XtremeWalls

Emang sih, masalah elektronik yang terjadi di pesawat waktu itu aku rasa bukan karena mbak-mbak tadi, tapi memang dampak yang ditimbulkan oleh hape yang masih aktif di pesawat bisa sangat besar loh! Sehingga jangan heran kalo kita bakal diminta untuk mematikan ponsel waktu sedang berada di kabin pesawat. Emang kenapa sih kita harus mematikan hape waktu naik pesawat?

Kenapa harus matikan hape di pesawatJadi kita semua pasti tau donk kalo hape yang kita pake itu pakai kartu seluler untuk bisa terknoneksi, baik via telepon, SMS maupun internet. Nah untuk dapat terkoneksi, kita pasti juga tau kalo hape kita bakal memancarkan dan menerima gelombang (sinyal) tertentu, iya kan? Nah pancaran gelombang itulah yang membahayakan.

Pesawat itu sebuah alat transportasi yang amat cepat, dan dibutuhkan ketepatan dan ketelitian untuk dapat beroperasi dengan baik dan aman. Menurut sumber yang aku baca, di dalam pesawat itu punya sensor-sensor serta alat navigasi plus alat komunikasi yang amat sensitif terhadap gelombang radio, khususnya gelombang yang dipancarkan oleh hape karena katanya cukup kuat untuk dapat mengganggu beberapa komponen tadi. Terus efeknya apa?

Misal deh untuk alat navigasi seperti kompas atau alat penentu koordinat lainnya. Kalo misalnya alat ini salah memberikan navigasi sedikit aja, kita bisa nyasar jauh! Mending kek ya kalo cuma nyasar, kalo yang terjadi lebih buruk dari itu, gimana? Inget, gangguan elektronik sedikit aja yang terjadi di pesawat, efeknya bisa fatal karena pesawat beroperasi di udara! Kalo di darat sih mungkin cuma ndlosor (kepeleset), lah kalo di udara? Bukan ndlosor lagi, tapi bisa nyungsep!

Dan kamu harus tau juga kalo pilot itu harus rajin-rajin kontekan atau komunikasi dengan pihak pengawas penerbangan supaya bisa mengambil tindakan yang tepat, apakah boleh mendarat atau belum, atau berbagai hal lain yang menyangkut lalu lintas penerbangan supaya gak terjadi tabrakan. Kalo misalnya komunikasi ini terganggu, yaa kamu bayangin sendiri aja. Yang harusnya belum boleh masuk jalur pacu (buat lepas landas) eh udah nyelonong duluan gegara salah menanggapi kode-kode yang dikasih gebetan pihak menara pengawas.

Pas udah masuk jalur pacu, eh tau-tau ada pesawat mau mendarat. Terus.. terus…. Ah sudahlah, ngeri bayanginnya! Udah banyak kok contoh-contoh kecelakaan pesawat yang disebabkan karena hal yang dianggap sepele ini! Beberapa bakal aku quote ya :

1. Pesawat Crossair nomor penerbangan LX 498 selepas landas dari Bandara Zurich, Swiss, mengalami gangguan kemudi, menukik dan jatuh menewaskan 10 penumpang.

2. Pesawat Slovenia Air menuju Sarajevo mendarat darurat, karena HP aktif di bagasi mengganggu navigasi (alarm di kokpit).

3. Pesawat 747 Qantas saat akan mendarat (final approach) di Bandara Heathrow London, tiba-tiba miring dan mendaki lagi setinggi 700 kaki, karena 2 CD player, electric game pada posisi aktif.

Sumber : Suara merdeka

Tuh, bukan cuma hape aja, tapi perangkat elektronik lain juga bisa mengganggu! Jadi memang hal sepele ini gak boleh dianggep remeh ya gaes. Jangan egois, cuma gara-gara BBM-an terus supaya gak diputusin pacar, kalian membahayakan nyawa ratusan orang yang jadi penumpang di pesawat.

MENDING KEK KALO KAMU DOANK YANG MATI SIH GAPAPA, LAH INI? RATUSAN NYAWA MAN!

Matiin hape selama 2 jam doank apa susahnya sih? Demi keselamatanmu juga loh. Minimal di switch ke Airplane Mode lah, supaya hapemu gak memancarkan gelombang radio. Tapi tetep, lebih baik lagi kalo kamu mau mematikannya. Dan kalo misalnya kamu nemu orang yang bandel main hape di pesawat, kamu tegur aja, gak usah sungkan. Karena keselamatanmu juga bisa terancam gara-gara itu! Laporin ke pramugarinya kalo perlu.

Dan kamu tau gak, aku baca di Merdeka dot kom, katanya mereka yang melanggar hal ini (menyalakan hape di pesawat) itu bisa dihukum penjara atau denda 200 juta rupiah loh! Jadi jangan macem-macem!

Akhir kata . . .

Jadi sekarang udah tau kan kenapa kita harus mematikan hape waktu naik pesawat? Jangan coba-coba usil deh dengan membandel, karena itu sama aja kamu bermain-main dengan nyawa ratusan penumpang. Mau celaka gak usah ngajak-ngajak! Oke, sekian dulu deh untuk posting kali ini. Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua 🙂

Sampai jumpa di postingan berikutnya dari Masbocah 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here