Home Ilmu Dasar Cara Pesan Tiket Pesawat Di Traveloka

Cara Pesan Tiket Pesawat Di Traveloka

2863
1
SHARE

Cara Pesan Tiket Pesawat Di Traveloka – Sebenernya ini bukan pertama kalinya aku pesen tiket pesawat di Traveloka dot kom, tapi karena beberapa hari lalu diriku ada urusan mendadak untuk pergi keluar kota, plus waktu itu gak ada bahan buat posting, maka jadilah langsung kepikiran untuk bikin sotorial *tutorial, massss* untuk beli tiket pesawat di website tersebut.

Aku skrinsot dah tuh langka-langkah buat belinya, mulai dari awal sampai akhir, dan semuanya bakal aku tulis di posting ini buat kamu yang mungkin butuh pencerahan dan bingung buat belinya. Langsung ke TKP aja kali yaa, biar gak kemaleman nanti jadinya. Soalnya diriku kan mau malem mingguan donk. Iya, ama guling…

NOTE : Mohon jangan malas membaca, yaa! Kalo ada pertanyaan, colek aja miminnya..

1. Langkah pertama, yang pasti kamu mesti buka webnya Traveloka.com donk yaa, jangan malah buka pintu hati buat mantan loh, mentang-mentang jomblo terus malem minggu jadi malah kek gitu. Oke oke, ini serius! Sekarang perhatiin gambar dibawah ini, jangan perhatiin aku mulu, nanti kamu naksir loh…

Di halaman awal, kamu bakal nemuin tampilan seperti gambar diatas. Di sebelah kiri, adalah pilihan untuk kota asal dan kota tujuan, silahkan diisi sesuai dengan keinginanmu yaa. Tenang aja, gausah takut salah. Kalo salah ngisi kota tujuan, palingan kamu cuma nyasar doank kok.

Terus di kolom kedua adalah waktu keberangkatan yang kamu inginkan. Isi aja tanggal kapan kira-kira kamu bakal berangkat. Nah disini, kamu juga bisa milih apakah kamu bakal beli tiket untuk berangkat aja, atau beli tiket sekaligus buat bolak-bolak.

Nah sekarang, tentuin deh jumlah penumpang yang bakal naik pesawat di kolom ketiga. Disini karena aku jomblo, maka aku perginya sendirian aja, jadi pesen tiketnya buat 1 orang aja. Oia, di sebelah kotak merah itu ada pilihan untuk membeli tiket buat anak kecil dan adek bayi juga loh. Pokoknya kamu isi aja sesuai kebutuhanmu. Jangan lupa untuk di cek ulang yaa. Udah? Klik Cari tiket!

2. Setelah itu kamu perlu menunggu sebentar hingga web Traveloka menampilkan semua jadwal penerbangan yang tersedia di hari yang kamu inginkan, seperti pada gambar diatas. Kurang jelas? Tenang, nanti ada penjelasan lanjutan kok. Kalo kamu ngerasa daftar yang ditampilkan itu terlalu banyak dan membingungkan, kamu bisa pake fitur filter loh, jadi kamu bisa memilih untuk menampilkan jadwal penerbangan berdasarkan harga yang kamu inginkan, maskapai mana yang ingin kamu gunakan, atau waktu keberangkatan.

Tapi sebelum kamu putuskan untuk membeli, ada baiknya kamu memahami dulu keterangan-keterangan yang ada pada “paket” penerbangan yang akan kamu pilih. Jadi dalam satu baris itu kan ada keterangan logo maskapai, waktu harga dan lainnya. Yang pertama adalah soal waktu nih, soalnya ini adalah bagian yang paling penting.

Di sebelah kanan logo maskapai, terdapat keterangan waktu seperti yang terlihat pada gambar diatas. Keterangan waktu di sebelah kiri adalah jam keberangkatan, sedangkan yang di sebelah kanan adalah jadwal pesawat akan mendarat di tempat tujuan. Untuk jadwal mendarat, waktunya di sesuaikan dengan waktu lokal yaa. Dalam contoh, waktu keberangkatan dari Bali menggunakan WITA, sedangkan waktu mendarat di Jakarta dalam WIB.

Nah yang perlu kamu tau adalah kamu wajib untuk tiba di bandara dan melakukan check in di counter maskapai satu jam sebelum jadwal keberangkatan, tujuannya adalah untuk meminimalisir resiko ketinggalan pesawat. Jadi sebaiknya jangan pilih jadwal penerbangan yang sekiranya terlalu “mepet” sama kesibukanmu yaa. Terus di sebelah kanan nya ada keterangan kek gini nih:

Itu adalah keterangan bahwa penerbangan yang kamu pilih sudah termasuk bagasi seberat 15 kilogram, plus pajak bandara alias Airport Tax. Jadi kalo misalnya kamu mau bawa barang dengan berat 15 kilo kebawah yang ingin kamu titip atau letakkan di bagasi, kamu gak kena biaya tambahan lagi. Oke, sekarang lanjut untuk keterangan berikutnya:

Disana kan ada tuh kata “langsung” yang ku garis bawahi, itu artinya adalah penerbangan yang kamu pilih akan langsung menuju ke tempat tujuan, tanpa transit atau mampir-mampir lagi ke bandara lain. Karena terkadang, untuk penerbangan jarak jauh, kita mesti transit-transit dulu di kota sebelumnya, untuk oper atau pindah pesawat gitu.

Terus diatas kata langsung itu adalah keterangan lamanya waktu penerbangan. Sudah? Setelah cocok dengan semuanya termasuk juga soal harganya, kamu langsung aja klik Pesan Sekarang! Eit, perlu di ingat yaa, harga yang tertera sekarang bisa aja berubah-ubah. Jadi kalo misal kamu udah cocok dengan harganya, langsung samber aja dah. Soalnya kalo misal kamu ngecek nya sekarang tapi belinya besok, harganya bisa nggak sama.

3. Sekarang aku anggap kamu sebagai teman aja ya, soalnya kamu terlalu baik buat aku sudah memutuskan untuk klik “Pesan” tiket yang kamu pilih. Sekarang, kamu masukkan data pemesan tiket seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Gak minta data macem-macem kok, kamu cuma diminta untuk mengisi nama lengkap (harus nama asli dan sesuai katepe yaa), nomer hape, sama alamat email yang valid. Inget ya, semua datanya harus valid, karena nanti tiket yang kita pesen bakal dikirim ke alamat email yang kita masukkan itu. Kalo udah, klik lanjutkan.

Nanti kalo ada mbak-mbak yang nongol buat nanya “Apakah email anda sudah benar?”, klik aja “Ya, email saya benar”. Sekarang kamu bakal diminta untuk mengisi data dari para penumpang yang bakal menggunakan tiket tersebut. Ini penting loh, karena tiket yang kamu pesen nantinya cuma bisa dipakai oleh orang yang bersangkutan aja, gak bisa di pindah tangan.

Isi yang lengkap yaa, mulai dari Titel (Tuan/Nyonya), nama lengkap, tanggal lahir, hingga kewarganegaraan. Dibawahnya sih nanti bakal ada pilihan untuk asuransi, itu boleh dicentang, boleh juga nggak. Udah? Oke kita lanjut..

Setelah itu, bakal muncul rincian detail penerbangan, mulai dari jadwal keberangkatan, maskapai yang dipilih, daftar nama penumpang, hingga rincian total harga dari tiket yang kamu pesen tadi. Silahkan di cek lagi, apakah sudah sesuai atau belum. Kalo udah, lanjut ke langkah berikutnya yaa.

4. Sekarang saatnya pembayaran! Nah disini, kamu bisa milih nih, apakah akan membayar via transfer, kartu kredit, atau pilihan pembayaran lainnya.

Kalo aku sih biasa pake transfer aja. Nah kalo misal kamu juga milih metode pembayaran via transfer, di bagian bawahnya kamu bisa pilih mau transfer ke rekening mana yang dimiliki oleh pihak Traveloka. Udah? Scroll kebawah lagi.

Nah dibawah pilihan rekening tadi, ada kolom untuk menggunakan kode kupon Traveloka (kalau kamu punya). Biasanya sih kode kupon macem ini tuh untuk klaim promo potongan harga. Kalo gak punya, yaa gak usah di isi. Lanjut, cek bagian Rincian Harga di sebelah kanannya.

Ini penting juga nih! Sebelum transfer, kamu mesti memperhatikan nominal biaya yang harus kamu transfer nantinya. Jadi kamu HARUS transfer dengan angka yang sama persis dengan angka yang tertera disana. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses verifikasi pembayaran, biar prosesnya lancar gitu. Oke, lanjut!

5. Nanti bakal ada keterangan Syarat dan Ketentuan transfer, dibaca dulu aja biar nanti gak salah paham. Kalo udah selesai, klik Saya setuju. Terus bakal muncul halaman panduan transfer, lengkap dengan no rekening bank yang dimiliki oleh Traveloka. Ati-ati yaa, pastikan no rekening dan nama penerima sesuai dengan yang ditampilkan disana. Jangan sampai salah transfer! Tapi kalo salah transfer ke rekening ku, gapapa sih #eh

Oke, sekarang kamu boleh panik. Kenapa? Karena waktu untuk transfer nya tuh terbatas loh! Coba deh cek di sebelah kanan halamannya (kalo kamu pake PC/Laptop). Jadi sebaiknya kamu langsung transfer deh, soalnya kalo lewat dari batas waktu itu, kamu harus cari ulang tiketnya, dan harganya belum tentu sama seperti yang tadi.

Inget loh, kamu mesti transfer dengan nominal yang sama persis dengan yang tertera disana. Terus kalo udah transfer, struk bukti transfernya jangan dibuang yaa, buat jaga-jaga aja. Nah biasanya kalo kamu transfer sesuai dengan prosedur, tiket akan langsung dikirim ke email yang kamu cantumkan tadi. Tiket bakal disertakan dalam email dalam file PDF yang bisa kamu download.

Beres deh, gampang kan! Nah nanti, kamu gak perlu repot-repot nge-print tiketnya, karena kamu bisa langsung tunjukkan isi file PDF yang kamu terima tadi ke petugas di bandara. Lebih gampang sih tunjukinnya pake tablet aja, biar petugasnya gampang buat baca isinya.

BACA JUGA : Pengalaman menggunakan tablet ASUS Zenpad 7.0 Z370CG

Tapi kalo misal kamu pengen print juga gapapa sih, buat jaga-jaga. Tapi gimana kalo misal tiketnya belum dikirim ke email mu? Disinilah struk bukti transfer tadi bakal berperan penting. Kamu bisa konfirmasi pembayaran yang kamu lakukan secara manual dengan mengirimkan bukti transfer (dalam bentuk foto) di web Traveloka.

Biasanya sih kalo tiket gak langsung dikirim tuh kalo kamu tidak menggunakan rekening bank yang sama dengan rekening tujuan yang dimiliki oleh Traveloka. Atau kalo dirasa terlalu lama, kamu bisa gunakan fitur chat supaya dibantu untuk follow up.

Huft, akhirnya selesai juga nih! Gak sulit, kan? Okedeh, kurasa cukup untuk posting kali ini. Sampai jumpa di posting berikutnya yaa, dan semoga bermanfaat! – Masbocah

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here