Home Kuliner Warung Ayam Betutu Bu Agung Ulan, Kuliner Khas Bali nan Halal

Warung Ayam Betutu Bu Agung Ulan, Kuliner Khas Bali nan Halal

3467
0
SHARE

Warung Ayam Betutu Bu Agung Ulan, Kuliner Khas Bali nan Halal“Di Bali ada makanan halal nggak sih?” pertanyaan itu seakan jadi PR buatku ketika beberapa temanku ingin berkunjung ke Pulau Dewata, beberapa waktu yang lalu. Makanan halal? Ya jelas ada donk, lha wong disini kan juga lumayan banyak yang muslim! Tapi…

Aku kembali dibuat mikir ketika Eka, teman dari Bebeb yang juga datang untuk liburan di Bali pada akhir Agustus 2016 lalu bertanya begini:

Kalo makanan khas di Bali ada nggak yang halal?

“Waduh, kalo makanan khas sih… Sepertinya cuma ayam aja deh, tapi untuk halal atau nggak nya aku nggak yakin 😐 “

Pernyataanku tersebut kemudian memunculan kekhawatiran tersendiri bagi Eka dan Bebeb yang saat itu sudah terlanjur memesan tiket ke Bali. Yaa maklum, di Bali kan mayoritasnya bukan muslim, jadi mungkin agak sulit untuk menemukan kuliner khas Bali yang halal. Namun setelah kuingat kembali…

“Oiya, ada kok, ada!”

Ya, aku langsung teringat pada sebuah tempat makan sederhana yang berada di dekat tempatku tinggal, yakni Warung Bu Agung Ulan yang menyajikan makanan khas Bali berupa Ayam Betutu. Nah sesuai janjiku pada posting sebelumnya yang berjudul 3 Hari Ngebolang di Bali Bersama “Bebeb Yang Tertunda”, kali ini aku akan membuat sedikit bahasan khusus soal Warung Ayam Betutu Bu Agung Ulan yang sempat kami kunjungi bersama.

Warung ayam betutu halal di DenpasarTak hanya berkunjung bersama Bebeb dan temannya, Eka, tapi aku juga sempat membawa teman-teman blogger yang kebetulan juga sedang mampir ke Bali untuk menghadiri acara ASUS Zenvolution yakni Bang Bai (bairuindra.com) dari Aceh, Mas Sandi (sandiiswahyudi.com) dari Malang, dan juga Mas Yadi (triadicl.com) dari Makassar untuk makan siang bersama disini.

Jelas donk, kita mampir kesini tuh untuk mencicipi menu utama yang ada yakni Ayam Betutu. Oiya, sebenarnya di tempat makan ini menyediakan beberapa varian menu Ayam Betutu, yakni Ayam Betutu Bakar atau Goreng, namun bagi yang pertama kali makan disini mungkin akan lebih memilih untuk memesan Ayam Betutu versi “original” untuk menghilangkan rasa penasaran.

Ayam betutu halal di Denpasar BaliDalam penyajiannya, menu ini disajikan bersama nasi, sedikit sayur daun singkong plus kacang goreng, sambal matah dan sambal goreng, serta potongan ayam betutu yang dipisahkan bersama dengan kuah nya.

Bumbu kuah dengan rasa cukup kuat dan sedikit agak spicy itu meresap kedalam daging ayam yang memiliki tekstur lembut, dan akan menyatu sempurna dalam mulut ketika dimakan bersama dengan nasi pulen yang juga disajikannya. Apalagi kalau dimakan bersama dengan sambal matah nya, rasa pedasnya seakan memperkuat rasa bumbu yang menyatu bersama nasi dan daging ayamnya.

Tenang, sambalnya ini nggak terlalu pedas kok, standar level 3 (dari 10) sih kalau menurutku, jadi nggak sampai bikin kita berlinang air mata. Kecuali, kamu bener-bener nggak doyan pedas mungkin bakal beda ceritanya. Menu dengan harga 19 ribuan ini (sejak tulisan ini di publish, Oktober 2016) beneran bikin kenyang deh, dan rasanya tuh rugi banget kalau kuah bumbunya sampai nggak habis 😀

Oiya, kita juga bisa memilih untuk pesan betutu ayam kampung atau betutu bebek loh, cuman harganya agak lebih mahal. Mau pesan ekoran (utuh) juga bisa. Untuk lengkapnya, mending baca langsung aja deh menu yang disediakan :

Daftar harga menu ayam betutu bu agung ulanLokasi dari Warung Ayam Betutu Bu Agung Ulan ini berada di sekitaran wilayah Panjer, tepatnya di Jalan Tukad Pakerisan no 99L, tepat di depan STIKES Bali. Berikut adalah peta lokasinya.

Tempat parkirnya pun bisa dibilang cukup memadai, kira-kira bisa memuat maksimal 2 mobil atau 1 mobil ditambah beberapa sepeda motor. Oiya, kalau kamu berencana untuk mampir kesini dengan menggunakan mobil dari arah utara (arah kota denpasar, jalan Sudirman, atau jalan Waturenggong), kusarankan untuk menggunakan rute dibawah ini agar kamu tidak memutar terlalu jauh karena terdapat satu spot jalan yang hanya boleh dilalui oleh mobil dalam satu arah.

Jalan menuju warung ayam betutu muslimSeperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, kita jadikan SMAN 2 (Jalan Sudirman) sebagai patokan. Setelah masuk ke Jl Waturenggong, nanti setelah kamu melewati tikungan, kamu akan melihat sebuah pertigaan yang cukup besar di sebelah kanan jalan (ciri: ditengahnya terdapat semacam pembatas).

Beloklah ke kanan untuk masuk ke Jl Tukad Irawadi. Ikuti terus jalannya, hingga kamu menemukan sebuah jembatan pendek di sebelah kiri jalan untuk menyebrangi sungai kecil yang ada di pinggir jalannya itu. Beloklah ke arah kiri, lalu ikuti jalan hingga mentok, beloklah ke kanan dan ikuti jalan kembali hingga mentok, belok ke kanan lagi untuk masuk Jl Tukad Pakerisan.

Nah setelah itu, jalan lagi deh beberapa ratus meter, dan ikuti saja petunjuk pada google maps yang ku sertakan diatas. Tempatnya ada di sebelah kiri jalan. Kalau kamu datang dari arah selatan malah lebih mudah, tinggal ikuti aja jalan utamanya.

Oiya, tempat makan ini buka mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Jadi kamu bisa mampir kesini untuk makan siang setelah mengunjungi Monumen Bajra Sandhi (Lapangan Renon), Pantai Sanur dan sekitarnya, atau setelah berbelanja oleh-oleh di Erlangga atau Krisna karena lokasinya yang tak terlalu jauh dari tempat-tempat yang ku sebutkan tadi.

Jadi, kalau misal kamu berencana untuk mampir ke Bali dan ingin mencicipi kuliner khas Bali yang halal, maka tempat ini wajib kamu kunjungi! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here