Home Contest Nyari Smartphone Terjangkau Yang Kaya Fitur? Intip ASUS Zenfone 2 Laser Deh!

Nyari Smartphone Terjangkau Yang Kaya Fitur? Intip ASUS Zenfone 2 Laser Deh!

0
SHARE

Nyari Smartphone Terjangkau Yang Kaya Fitur? Intip ASUS Zenfone 2 Laser Deh!“Jo, hape yang bagus harga sekitar 2 juta kebawah kira-kira apa ya? Aku pengen beli hape nih” tanya Eko, penghuni kamar kos sebelah yang sudah menjomblo selama bertahun-tahun. Dia ini memang sering kali gonta-ganti hape dan dia mengaku berkali-kali pula ia merasa kurang cocok dengan perangkat yang sudah dibelinya tersebut. Bosen sama tampilannya lah, kurang sreg sama kameranya lah, dan yang terakhir ini dia mengaku bahwa kamera depan dari perangkatnya itu tidak cukup apik untuk berfoto selfie.

Agak bingung juga untuk menjawab apa ketika ia menanyakan hal itu. Bukan apa-apa, saat itu ia tidak menyebutkan kriteria khusus selain harga dan “harus bagus”, udah, gitu aja. Duh mas, aku kan gak ngerti kriteria “bagus” menurut kamu itu seperti apa? Soalnya selera dan kebutuhan orang pasti berbeda-beda, yakan? Sebenarnya dia bukan yang pertama menanyakan hal itu padaku, karena cukup banyak juga pembaca yang menanyakan soal “hape murah tapi bagus” di blog ku yang ini. Yakan adek jadi pusing, Bang 🙁

Beberapa hari berlalu, aku masih belum bisa memberinya saran soal smartphone yang dia inginkan. Kebetulan semalam aku punya waktu luang dan akupun iseng untuk bertanya pada mbah Google soal smartphone Android yang sekiranya sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh tetanggaku yang juga sedang mencari pasangan hidup tersebut. Cukup banyak pilihan perangkat yang berada di kisaran harga ini, hingga kemudian aku menemukan ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KG yang cukup menarik perhatianku.

“Wow, Zenfone 2…… Laser? Ada lasernya? Kira-kira buat apa ya?” #MikirKeras

Hemm sepertinya aku harus mengorek informasi lebih dalam mengenai perangkat smartphone dari ASUS ini, karena aku pikir ini bisa menjadi smartphone yang bakal ku rekomendasikan untuk Eko dan pembaca blog ku nanti. ASUS memang sudah sangat dikenal sebagai salah satu raksasa komputer dunia, dan oleh para pecinta gadget, brand ini juga dikenal memiliki produk smartphone dengan fitur lengkap namun memiliki banderol harga yang relatif terjangkau. Dari segi harga sih sesuai, yakni sedikit dibawah 2 juta. Tapi soal fitur yang dibawanya, gimana ya? Apakah mampu menjadi penantang utama di pasar smartphone terjangkau?

ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KG

Dari segi desain sih sepintas mirip dengan Zenfone 2 karena memang mereka masih “bersaudara”, hanya saja ada sedikit perbedaan dari segi ukuran dan juga perbedaan peletakan lampu LED flash di bagian belakangnya. Casingnya juga unik, ada pilihan casing yang memiliki pattern menyerupai logam, sedangkan di bagian depan smartphone 5 inch ini punya tampilan yang lumayan cakep berkat bezel (bingkai) nya yang cukup tipis, dengan rasio layar terhadap body sebesar 70%.

Rasio ini jelas bakal membuat ukuran fisik dari Zenfone 2 Laser terasa lebih ringkas meskipun mengusung layar yang lumayan besar. Masih soal body nih, ponsel pintar ini punya desain bagian belakang yang melengkung dengan sisi tertipis cuma 3.5 mm aja loh! Desain melengkung ini jelas bakal bikin nyaman di genggaman dan mampu memberikan pengalaman menggenggam (grip) yang lebih baik.

Terus peletakan tombol di bagian belakangnya itu bakal memudahkan kita untuk mengatur volume ketika mendengarkan musik dalam keadaan layar menghadap kebawah, jadi kita tinggal pencet tombolnya aja tanpa perlu repot memegangi atau mengambil hape tersebut.

Overall, aku rasa fisik dari smartphone besutan ASUS ini bakal disukai oleh tetanggaku itu. Tapi tetep, masih banyak hal lain lagi yang patut jadi pertimbangan, termasuk dari segi performa. Menurut sumber yang aku baca, smartphone 5 inch yang layarnya sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4 ini dibekali dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 yang memiliki prosesor Quad-core 1.2 GHz 64-bit, GPU Adreno 306 450 MHz, dukungan RAM 2 GB LPDDR3 dan juga berjalan dengan sistem operasi Android v5.0 Lollipop versi 64-bit.

Jelas, spesifikasi yang dibawanya itu bakal cukup banget untuk keseharian. Untuk chatting dan juga socmed seharusnya bukan jadi sebuah masalah bagi ponsel pintar ini, bahkan kita bisa berpindah dari satu apps ke apps yang lain dengan lancar berkat dukungan prosesor Quad-core dan kapasitas RAM yang dimilikinya. Untuk diajak main game juga sepertinya siap! Apalagi ia sudah mengusung OS Android Lollipop, dukungan apps terbaru pun makin berlimpah.

ZenUI

Sebenernya sih ini hal yang sering dianggap sepele, tapi disadari atau nggak, soal UI ini justru jadi salah satu hal yang paling penting. Performa oke tapi tampilan ngebosenin kan pasti juga bakal bikin gak betah? Seperti yang juga dialami oleh Eko. Jadi seperti halnya perangkat smartphone ASUS lainnya, Zenfone 2 Laser juga dibekali dengan ZenUI. Tapi bentar, ZenUI itu apa sih?

ZenUI adalah kostumasi tampilan yang dimiliki oleh perangkat ASUS, yang mana ia bakal menyajikan tampilan yang simple namun elegan. Bukan cuma tampilan aja, tapi ASUS juga menyematkan berbagai fitur tambahan yang bakal memperkaya menu yang dimiliki sekaligus juga untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas melalui smartphone, seperti misalnya beberapa fitur untuk mencatat, fitur kostumasi tampilan, fitur sharing, fitur shortcut, dan bahkan fitur untuk perawatan bagi perangkat itu sendiri. Wah lengkap ya?! Kita bahas satu persatu yuk!

1. Fitur Mencatat

Salah satu fitur yang berguna untuk urusan produktivitas ini terdiri dari beberapa aplikasi termasuk SuperNote, Do It Later, dan QuickMemo. Jelas, ketiga apps bawaan ini bakal ngebantu banget khususnya untuk orang yang banyak ide tapi pelupa seperti aku. Contohnya aja SuperNote, dengan apps ini kita bisa membuat berbagai macam catatan, mulai dari catatan sederhana dalam bentuk teks, catatan gambar, ceklis, memo, hingga catatan pengingat jadwal. Iya, pilihan template nya ada banyak!

Atau mungkin kamu juga bisa pakai Do It Later, yang mana apps ini bisa kita manfaatkan sebagai pengingat berbagai hal, misalnya mengingatkan untuk membalas email / pesan teks, menyimpan link website, atau konten apapun yang ingin kamu simpan untuk dilihat atau dikerjakan lain waktu. Asal jangan dipakai buat nyimpen kenangan sama mantan yaa.. Hihi 😛

Terus ada QuickMemo, sebuah aplikasi untuk menuliskan sebuah memo singkat sebagai pengingat. Istimewanya, memo dari apps ini bisa ditampilkan di semua halaman secara floating loh! Seperti contoh gambar dibawah ini. Kita juga bisa me-minimize memo tersebut jika dirasa agak menghalangi pandangan. Asik gak tuh?

2. Kostumasi Tampilan & Keamanan

Bukan cuma ganti wallpaper aja, tapi ZenUI yang dipakai oleh smartphone ini memungkinkan kita untuk mengganti tema yang bakal mengubah icon-icon yang ada serta mengubah tema warna dari beberapa menu. Bahkan kita juga bisa mengganti font di launcher, scroll animation, serta folder style.

ZenUI juga punya beberapa fitur keamanan seperti lock apps, yakni fitur yang akan mengunci aplikasi untuk menjauhkannya dari tangan-tangan usil. Ada juga fitur Kids Mode, yang mana fitur ini bisa digunakan untuk membatasi waktu bermain anak serta membatasi pilihan aplikasi apa saja yang boleh dimainkan.

3. Fitur Sharing

Ini juga salah satu fitur canggih yang dimiliki ASUS Zenfone 2 Laser. Kita bisa berkirim file antar perangkat dengan kecepatan yang luar biasa dengan Share Link, melihat, membaca dan menggunakan fitur di smartphone kita melalui layar laptop dengan PC Link, atau menjadikan smartphone sebagai remote (mouse & keyboard) dengan Remote Link. Tuh, cakep gak?

4. Fitur Untuk Perawatan

Jadi kamu gak perlu lagi install aplikasi aneh-aneh biar hapemu gak lemot, karena di perangkat ini sudah ada fitur yang bakal membantu menjaga performa, yaitu Auto-start Manager dan juga Backup. Auto-start Manager berguna untuk mengatur aplikasi mana saja yang diperbolehkan untuk melakukan autorun dan mana yang tidak, sehingga penggunaan RAM jadi lebih efisien serta kerja prosesor jadi lebih ringan yang kemudian bakal berpengaruh pada performa dan daya tahan baterai. Sedangkan fitur Backup sepertinya sudah jelas, yakni untuk mencadangkan data sehingga kita bisa mengembalikannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

5. Fitur Shortcut

Yang diatas masih kurang greget? Ada lagi nih fitur ZenMotion. Dengan fitur ini, kita bisa mengaktifkan apps tertentu dengan menggambar pola di layar smartphone ketika layar sedang mati. Misalnya ketika membentuk pola huruf “C” pada layar yang dimatikan, maka perangkat akan langsung mengaktifkan fitur kamera. Asiknya lagi, ZenMotion juga memungkinkan kita untuk mematikan atau menyalakan layar dengan mengetuk layar sebanyak 2x, jadi gak perlu pake tombol power. Praktis kan?

Kamera

Ngomongin soal kamera, fitur yang satu ini tuh emang jadi salah satu pertimbangan utama bagi para calon pembeli, khususnya yang memang doyan fotografi. Kebetulan, fitur kamera adalah fitur andalan dari ASUS Zenfone 2 Laser. Kamera 8 megapixel dengan teknologi PixelMaster 2.0 ini memiliki aperture yang lebar yakni f/2.0. Aperture yang besar ini pastinya bakal sangat membantu khususnya ketika memotret dalam keadaan minim cahaya, plus membuat efek blur atau Depth of Field jadi makin dramatis ketika digunakan untuk memotret objek dengan jarak dekat.

Nah disini juga ada fitur “laser” yang ternyata bakal membantu untuk urusan fotografi. Jadi smartphone ini punya sensor Laser AutoFocus. Bukan laser untuk tembak-tembakan seperti di film-film loh yaa, tapi laser ini gunanya untuk mendeteksi jarak dari objek yang kita bidik, sehingga kamera dapat melakukan fokus lebih cepat bahkan pada saat dalam keadaan minim cahaya. Jadi dengan bantuan sensor ini, kamera bakal bisa melakukan fokus dalam waktu 0.2 detik aja loh!

Itu belum semuanya, karena Zenfone 2 Laser juga punya beberapa fitur kamera lain seperti misalnya Manual Mode. Iya, manual mode, kamu yang doyan fotografi pasti bakal demen sama fitur yang satu ini. Jadi kamu bukan cuma bisa setting EV (Exposure Value) aja, tapi juga memungkinkan untuk setting ISO, shutter speed, white balance, dan bahkan setting fokus manual. Kita jadi bisa mengambil foto yang lebih kreatif seperti misalnya mengambil foto dengan efek light trail seperti ini:

Bukan cuma itu aja, hape ini juga punya fitur Super Resolution yang bakal menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah foto dengan resolusi hingga 32 megapixel! Plus mode Low light yang mampu menangkap gambar 4x lebih cerah namun minim noise dengan menggabungkan 4 buah pixel untuk dapat menangkap cahaya yang lebih banyak serta fitur Super HDR yang akan menyesuaikan dan menyeimbangkan exposure pada satu foto dengan menggabungkan beberapa foto seperti pada contoh gambar dibawah ini:

Eh tapi kamera depan gimana? Tenang, kamu juga pasti bakal demen dengan kamera depan 5 megapixel dari ASUS Zenfone 2 Laser. Kenapa? Karena selain punya resolusi besar, kamera ini juga punya fitur Beautification yang bakal membuat wajahmu nampak lebih oke ketika sedang berfoto selfie. Kamera depan ini juga bisa dipake untuk selfie panorama loh, jadi bisa selfie rame-rame dengan tetap dapat mengambil gambar pemandangan dibelakangnya. Asik kan?

Layar

Setelah ambil foto, pastinya bakal langsung dilihat di layar donk? Nah untuk menjamin kualitas layar, ASUS menggunakan teknologi TruVivid. Teknologi ini menerapkan desain layar yang sedikit berbeda dengan desain layar konvensional yang memiliki 4 lapis menjadi hanya 2 lapisan saja sehingga dapat menghasilkan tampilan yang lebih jernih. Lapisan panel sensor sentuh dan kaca pelindung dijadikan satu serta menghilangkan ruang udara, sehingga layar akan nampak lebih dekat dengan permukaan.

Layar IPS beresolusi HD dengan kerapatan 294 pixel per inch ini juga memiliki viewing angle yang luas loh, yakni hingga 178 derajat, jadi melihat konten di dalam layar terasa makin bebas! Selain itu kita juga menyesuaikan temperatur warna sesuai dengan keinginan kita menggunakan fitur Splendid, lalu ada juga fitur BlueLight Filter (Reading Mode) yang akan mengurangi cahaya biru agar mata tidak mudah lelah ketika memandangi layar dalam waktu yang lama. Duh pengertian banget ya?

Audio

Soal audio, Zenfone 2 Laser juga punya teknologi pintar bernama SonicMaster. Jadi dengan teknologi ini, si perangkat bakal mampu menyajikan kualitas suara yang jernih, baik ketika menggunakan earphone/headphone ataupun speaker, serta dukungan AudioWizard yang bakal membantu menyesuaikan kebutuhan misalnya untuk movie mode, music mode, gaming mode, ataupun speech mode.

Tuh gimana, lengkap banget kan? Yup, sepertinya ASUS Zenfone 2 Laser ini memang pantas untuk direkomendasikan bagi mereka yang menginginkan perangkat smartphone yang kaya fitur namun dengan banderol harga yang terjangkau, jadi aku gak perlu bingung lagi untuk menjawab pertanyaan pembaca yang bertanya soal “hape murah tapi bagus”. Dan sepertinya Eko tidak perlu bingung lagi untuk memilih pasangan hidupnya smartphone dengan kriteria dan juga budget yang dia punya, karena Zenfone 2 Laser sepertinya bakal memenuhi kriteria tersebut dan bisa menjadi pilihan buat dia. Atau mungkin buat kamu juga bisa kok..

Akhir Kata . . .

Jadi memang persaingan pasar smartphone dengan harga terjangkau tuh makin ketat, terbukti dari banyaknya produk yang beredar. Di satu sisi ini bagus karena memungkinkan kita sebagai konsumen untuk lebih leluasa dalam memilih, tapi di sisi lain justru banyaknya produk yang beredar tersebut membuat beberapa konsumen menjadi bingung untuk memilih. Hadirnya ASUS Zenfone 2 Laser ZE500KG di Indonesia juga turut meramaikan pasar tersebut sekaligus juga menjadi penantang utama di pasar smartphone terjangkau. Banyak fitur, irit ongkos. Siapa yang gak demen coba?

Oke, aku rasa sekian dulu deh untuk tulisan kali ini, semoga bisa bermanfaat buat kalian para pembaca. Oia, kalo misalnya kamu masih penasaran sama hape ini, mampir aja ke website resmi ASUS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here