Home Random Tak Usah Berandai-Andai

Tak Usah Berandai-Andai

0
SHARE

“Seandainya aku punya ini, pasti aku bakal begini”. “Seandainya aku punya itu, pasti aku akan begitu”. “Seandainya ini sudah seperti ini, aku akan melakukan ini dan itu”.

Yaah, aku yakin kita pasti pernah berandai-andai seperti itu, meskipun mungkin tingkat keseringannya berbeda. Aku adalah termasuk orang yang cukup sering berandai-andai seperti demikian, dan jujur, itu sangat mengganggu pikiranku.

Merencanakan sesuatu yang belum jelas kepastiannya, bahkan hingga sangat detail. Tapi apa? Yang “diharapkan” ternyata tak terjadi, sehingga angan hanya tinggal lah angan. Padahal aku sering mengingatkan pada diri sendiri “nggak usah kebanyakan mengkhayal, nanti kalo nggak kesampaian tuh sakit banget loh!”.

Yaa kadang itu cukup efektif untuk menyadarkanku akan kerasnya kehidupan nyata. Tapi yaa nantinya bakal muncul lagi tuh. Hahahahah.. Aku memang cukup sering dikecewakan oleh harapanku sendiri. Nggak, nggak ada yang harus disalahkan, memang akunya aja yang terlalu berharap.

Iya, udah bosen juga dikecewakan sama harapan sendiri. Jadi yaa sekarang aku berusaha instrospeksi diri. Aku coba untuk nggak berharap banyak terhadap apa yang aku lakukan. Kalau ingin sesuatu, aku bakal mengusahakannya. Iya, banyakin usaha, kurangin ngarep!

Kerjakan apa yang seharusnya dikerjakan, dengan tulus, total, dan untuk hasilnya pasrahkan saja. Karena kalau kita berharap pada hasil, yang ada malahan kita bakal nggak melakukan apa-apa lagi karena sibuk nungguin hasil yang belum tentu sesuai dengan harapan kita.

Jadi sekarang ini yaa aku coba sekuat mungkin untuk fokus, fokus, dan fokus! Tak peduli hasilnya bagaimana, yang pasti aku bakal melakukan yang terbaik. Kalaupun hasilnya bagus, itu bonus. Tapi kalau hasilnya jelek, berarti aku harus belajar lagi. Sesimpel itu aja sih. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here