S6 Edge, Galaxy Terindah Yang Bisa Kita Genggam

S6 Edge, Galaxy Terindah Yang Bisa Kita Genggam

1
SHARE

S6 Edge, Galaxy Terindah Yang Bisa Kita Genggam – Apa sih yang kamu bayangin kalo kita ngomongin soal galaxy? Satu sistem masif yang terikat oleh gaya gravitasi dan terdiri atas jutaan bintang dengan segala isinya? Hemm itu sih kata wikipedia. Iya, galaxy itu memang identik dengan hal-hal yang berbau sains seperti itu. Bentuk dari galaxy itu sendiri digambarkan sangat megah dan indah karena memang ia memiliki ukuran yang luar biasa besar.

Sayangnya kita gak bisa melihat bentuk dari galaxy secara keseluruhan karena kita sendiri ada di satu sistem tata surya (bintang) kecil yang merupakan salah satu dari jutaan bintang yang membentuk satu galaxy. Kalaupun mau lihat galaxy “tetangga”, kita harus menggunakan semacam teleskop raksasa karena jaraknya yang teramat sangat jauh. Jadi kita gak bisa melihat keindahan galaxy secara kasat mata deh. Tapi..

Itu sih dulu..

Kalo sekarang, kita bisa dengan mudah menemukan dan melihat indahnya galaxy di bumi tanpa bantuan teleskop. Bahkan kita bisa menggenggamnya loh! Waah galaxy apaan tuh? Hehe, masa kamu gak tau? Itu loh, galaxy yang aku maksud itu produk smartphone Android dari Samsung yang terkenal itu. Jadi sejak popularitas smartphone mulai meningkat, Galaxy dari Samsung ini sudah muncul dan banyak digunakan oleh konsumen di seluruh dunia. Hemm kok jadi ngomongin hape sih?

Ya memang, di posting ini aku emang pengen ngebahas soal smartphone galaxy, bukan galaxy yang berhubungan dengan sains itu soalnya aku kan gak terlalu paham sama sains. Kenapa aku mendadak pengen ngebahas soal ini? Soalnya ada beberapa produk terbaru dari Samsung di jajaran produk Galaxy series nya yang menarik perhatianku yaitu Galaxy S6 dan S6 Edge. Jadi kedua smartphone canggih ini merupakan produk andalan dari Samsung yang saat ini juga sudah beredar di Indonesia, dan mereka ini masuk dalam daftar gadget incaranku.

Sekedar info nih ya gaes, Galaxy seri S merupakan jajaran produk kelas premium dari Samsung. Sejak generasi pertama, seri S ini adalah smartphone dengan spesifikasi tertinggi yang dimiliki Samsung dan sekaligus juga menjadi smartphone dengan fitur paling lengkap. Nah di generasinya yang ke 6 ini mereka melakukan perombakan besar khususnya dari sisi desain dibanding dengan generasi sebelumnya. Desain yang benar-benar baru ini dipadukan dengan fitur-fitur ciamik sehingga memunculkan satu kesan istimewa yang sukses bikin aku naksir.

Emang apa sih istimewanya kedua hape itu sampe bisa menarik perhatianku yang sudah lama memutuskan untuk tetap menjomblo sampai saat ini? Bukan tanpa alasan donk pastinya, ada beberapa hal yang bikin aku kesengsem at the first sight (demen pada pandangan pertama) pada si kembar tapi beda ini. Hayoo pasti pada penasaran kan? Iya aku tau kok kalo kalian tuh kepo, makanya disini aku mau berbaik hati buat kasih tau ke kalian biar gak penasaran lagi. Dan hal pertama yang menarik perhatianku adalah..

Design

Dari awal ngeliat desain dari si kembar ini, aku udah yakin kalo kedua smartphone andalan raksasa elektronik asal Korea Selatan ini bukanlah hape biasa. Ya emang sih dari awal kan aku udah bilang kalo duo Galaxy S series generasi ke 6 ini adalah smartphone kelas premium. Tapi ada yang beda dari generasi yang ini dibandingkan dengan generasi sebelum-sebelumnya. Material fisik yang digunakan lebih mewah dengan paduan logam aluminium dan kaca di kedua sisinya.

Eits itu bukan kaca biasa loh! Kedua sisi dari smartphone kembar tapi beda ini dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4! Iya, gak cuma di bagian layar aja, tapi di belakangnya juga! Jadi keliatan kinclong-kinclong gimanaaa gitu. Bahkan si Galaxy S6 Edge punya desain yang lebih oke lagi nih. Di bagian edge atau tepi layarnya dibuat melengkung, jadi kalo diliat dari beberapa sudut seakan-akan si smartphone ini terlihat tanpa batas pinggiran alias borderless gitu.

Desainnya yang antimainstream alias unik itu menjadikan smartphone ini punya ciri khas tersendiri, dan sepertinya memang aku lebih naksir sama si Galaxy S6 Edge ini deh. Desain yang unik plus dipadukan dengan material premium sekaligus juga membuat Galaxy S6 Edge terkesan mewah pake banget. Hape paling cakep yang pernah aku liat, pokoknya the next level of smartphone design lah. Makanya jangan heran kalo aku sampe kesengsem at the first sight sama hape ini.

Spesifikasi

Sebagai pakar jomblomatika yang sudah 3 tahun berkecimpung di dunia perjombloan aku sering bilang seperti ini ke mereka-mereka yang butuh pencerahan soal jodoh :

Kalo milih jodoh atau pasangan itu jangan cuma liat dari fisiknya aja, nak..

Iya, percuma donk kalo fisiknya cakep tapi ternyata jauh di dalam dirinya ternyata nggak secakep tampangnya? Nah hal yang serupa juga aku terapkan tuh dalam beberapa hal lain termasuk untuk urusan milih smartphone. Iya, gak melulu soal nyari jodoh aja yang harus perhatiin bibit, bebet dan bobotnya, tapi soal milih hape juga gak boleh sembarangan! Soalnya kan jaman sekarang itu kan smartphone udah menjadi seperti temen deket kita yang kemana-mana selalu bareng. Misalnya diajak kerja bareng, diajak jalan bareng, diajak nulis blog bareng, diajak poto bareng, sampe bobok pun bareng. Tuh romantis gak? Pokoknya yang nemenin aktivitas keseharian kita deh!

Nah untuk itu pastinya kita butuh sebuah smartphone yang handal donk buat nemenin aktivitas kita seharian itu. Percuma kan kalo fisiknya cakep tapi ternyata gak bisa apa-apa? Artinya jeroan alias spesifikasi dari sebuah smartphone juga harus diperhatikan sebagai bahan pertimbangan. Dan udah bukan rahasia lagi kalo Galaxy S6 & S6 Edge punya spesifikasi gahar yang cukup tangguh untuk menemani keseharian kita. Prosesornya aja pake Exynos 7420 Octa 64-bit, dengan rincian Quad-core 2.1 GHz + Quad-core 1.5 GHz, terus didukung sama RAM berkapasitas 3 GB, dan udah pake OS Android versi 5.0.2 Lollipop. Tuh kurang apa coba?

Sekedar info nih ya, Exynos 7420 itu merupakan salah satu prosesor tercepat yang dipakai oleh smartphone saat ini. Apalagi RAM nya udah 3 GB, lebih dari cukup tuh buat buka apps berat atau untuk multitasking. Main game berat di hape ini pun rasa-rasanya gak bakal jadi masalah. Apalagi layar 5.1 inch nya itu tajem banget. Bayangin aja, layar Super AMOLED yang dipakai pada duo Galaxy S6 ini punya resolusi 2560 x 1440 pixel! Artinya di tiap inchi dari layar ini punya kepadatan hingga 577 pixel! Gila kebayang gak tuh tajemnya kaya gimana? Pake ngiris bawang bisa kali ya?

Perpaduan antara spesifikasi yang diusung oleh mereka ini bukan cuma bagus buat performa aja, tapi juga dari sisi multimedia pun pastinya bakal jadi makin puas deh. Layar berjenis Super AMOLED ini kan juga udah terkenal banget karena mampu menampilkan warna yang baik, khususnya untuk tampilan warna hitam yang bener-bener gelap. Udah gitu layar super tajem ini gak cuma bagus diliat di dalam ruangan loh, tapi juga masih bisa diliat di bawah sinar matahari langsung. Gak percaya? Nih buktinya

Tuh masih keliatan jelas kan? Oia ngomong-ngomong soal multimedia, ada satu fitur lain nih yang bikin aku ngebet buat nge-gebet hape ini.

Kamera

Jaman sekarang ini siapa sih yang gak pernah poto-poto pake kamera hapenya? Aku yakin kamu yang lagi baca tulisan ini pun pasti sering banget pake fitur yang biasa disematkan di perangkat smartphone ini entah untuk sekedar potoin muka alias selfie, potoin makanan, poto pemandangan, potoin gebetan atau mungkin potoin pacar orang. Eh kalo yang terakhir itu jangan yaa, bahaya kalo ketauan pacarnya. Tapi, kalo gak ketauan gapapa sih #eh.

Ehehe, sudahlah abaikan saja. Kebetulan aku juga salah satu orang yang demen foto-foto nih. Tapi nggak termasuk potoin pacar orang loh ya! Bukan cuma buat koleksi pribadi atau di posting di Instagram atau Facebook aja, tapi kadang juga buat bahan untuk melengkapi artikel di beberapa blog ku yang lain. Aku suka pake kamera smartphone karena simpel, apalagi kadang kan ada tuh momen-momen tak terduga yang sayang banget kalo gak diabadikan sementara kitanya gak bawa kamera. Nah jadilah kamera smartphone diandalkan buat keadaan seperti itu.

Yang menarik, si duo Galaxy S6 ini mampu membuka aplikasi kamera hanya dalam waktu 0.7 detik aja loh! Jadi bisa banget donk buat dijadikan andalan, soalnya kan kadang ada tuh momen-momen yang gak terduga dan berlangsung cepat. Gak mungkin donk kita minta buat ngulang momen itu supaya kita bisa potoin? Iya kalo bisa diulang, kalo nggak? Yang ada ya kameranya harus bisa cepet standby supaya bisa ambil gambar dan gak kehilangan momen itu. Kadang kita juga ribet buat cari aplikasi kamera ketika kita lagi asik chatting misalnya, sedangkan ada momen menarik yang terjadi dan menunggu untuk diabadikan.

Pasti nyesel banget kan kalo sampe ketinggalan momen itu gara-gara kelamaan harus nutup aplikasi buat buka dan jalanin fitur kamera? Nah kalo pake Galaxy S6 yang kaya gitu gak berlaku lagi tuh karena kita bisa dengan mudah mengaktifkan fitur kamera dari halaman manapun hanya dengan menekan tombol home sebanyak 2x. Tinggal klik-klik, jepret! Dan foto pun sudah bisa kita simpan. Hihi asik kan? Eits tapi bukan berhenti disitu aja loh! Menurut beberapa sumber yang aku baca, Galaxy S6 series ini memiliki kamera yang merupakan salah satu kamera ponsel terbaik yang ada di pasaran.

Kalo diliat dari spesifikasi kamera yang dimiliki sih kayanya gak berlebihan ya. Resolusi 16 megapixel (5312 x 2988 pixel), ukuran sensor 1/3 inch, ukuran per pixel 1.12 µm, terus aperture ƒ/1.9 plus 2-axis Optical Image Stabilization (OIS) rasanya memang udah mumpuni banget untuk kamera dalam sebuah ponsel. Kebetulan aku suka banget sama foto jarak dekat (makro). Mode fotografi seperti ini sangat terbantu dengan bukaan lensa alias aperture yang lebar, seperti yang dimiliki oleh S6 series yakni ƒ/1.9. Aperture yang lebar itu akan membuat efek blur dari background foto yang kita ambil menjadi semakin kuat. Jadi terkesan lebih gimanaa gitu, ada greget-greget nya gitu. Nih contohnya

Tuh, foto jarak dekat jadi makin keren kan? Selain itu bukaan lensa yang lebar pastinya bakal memungkinkan sensor untuk menangkap cahaya yang lebih banyak, sehingga akan mampu menghasilkan gambar yang lebih terang ketika mengambil foto dalam keadaan minim pencahayaan. Yang hobi fotografi pasti paham deh soal ini, yakan?!

Fitur

Yang ini pastinya gak kalah penting dari semua yang udah aku sebut diatas. Iya, kurang lengkap rasanya kalo punya smartphone dengan spesifikasi gahar tapi fiturnya minim. Berasa seperti makan lalapan dicocolin sambel tapi sambelnya gak pake cabe. Duh jadi laper kan, padahal belom makan 😐 Ah sudahlah abaikan saja perumpamaan barusan, kita lanjut ke topik yaa. Jadi fitur apa aja sih yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S6 series ini?

1. Samsung Pay

Sejak Galaxy S series memasuki generasi ke-5, nampaknya Samsung memang sudah berfokus untuk memberikan fitur keamanan yang lebih baik pada sebuah smartphone. Salah satunya adalah dengan dihadirkannya sensor sidik jari. Di Galaxy S6 ini kita bisa memanfaatkan sensor sidik jari yang dimilikinya tersebut untuk menjalankan fitur Samsung Pay. Fitur ini berguna banget buat kamu yang suka belanja menggunakan kartu kredit karena kamu bisa memanfaatkan smartphone cakep ini untuk melakukan pembayaran.

Caranya? Kita tinggal melakukan setting untuk menambahkan kartu yang kita gunakan pada smartphone ini. Lalu saat akan melakukan pembayaran, kita tinggal membuka aplikasi Samsung Pay, memilih kartu, menempelkan jari pada sensor sidik jari sebagai konfirmasi (untuk mengkonfirmasi bahwa si pengguna kartu adalah benar-benar sang pemilik, untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang lain) lalu tinggal ditempelkan seperti gambar diatas itu deh. Simple kan? Selain lebih simple, pastinya cara ini juga lebih aman donk ketimbang kita harus menggunakan kartu fisik.

2. Quick charge

Ini nih salah satu fitur penting buat kamu yang gak bisa lepas dari gadget. Bayangin aja kalo misal kamu harus pergi 15 menit lagi, tapi baterai gadget mu udah sekarat. Kalo hapenya harus ditinggal karena harus di charge pasti rasanya ada yang kurang kan? Nah untungnya Galaxy S6 ini sudah mendukung pengisian daya yang cepat. Kamu bisa manfaatin waktu 10 menit untuk charging, dan Galaxy mu bisa digunakan kembali dengan waktu penggunaan hingga 4 jam! Nah kalo udah begitu kan jadi gak galau lagi karena harus ninggalin hape buat di cas.

3. Wireless Charge

Ngomong-ngomong soal charging, si hape cakep ini juga bisa di cas dengan metode wireless charging loh! Jadi kita gak perlu tuh yang namanya nyolokin kabel ke hape karena kita bisa melakukan isi ulang daya hanya dengan meletakkannya diatas charger khusus untuk wireless charging. Makin praktis aja kan? Bukan cuma praktis, socket microUSB di hape pun jadi lebih awet donk!

4. Fitur lainnya

Selain fitur-fitur keren diatas, ada beberapa fitur lain nih yang gak kalah oke. Misalnya aja fitur theme, heart-rate sensor dan juga multi window. Dan khusus untuk Galaxy S6 Edge yang aku incer itu, ada beberapa fitur tambahan lain yang bisa kita manfaatkan dari layarnya yang melengkung. Kita bisa mengaktifkan beberapa fitur unik di menu Edge Screen, yang beberapa diantaranya adalah :

People Edge. Di menu ini kita bisa memilih 5 daftar kontak favorit yang bakal punya notifikasi khusus ketika mereka menghubungi kamu. Terserah, kamu bisa isi kelima daftar ini dengan orang-orang terdekatmu misalnya si bos, temen kantor, calon mertua, atau mungkin ortu kamu.

Tiap kontak ini punya warna notifikasi yang berbeda-beda ketika mereka menghubungimu. Jadi misalnya nih kamu setting kontak dari si bos dengan warna ijo, dan calon mertua dengan warna merah. Suatu ketika kamu lagi meeting dan kamu meletakkan hapemu dengan posisi layar menghadap kebawah (untuk mengaktifkan mode silent secara otomatis). Kalo misalnya tiba-tiba layar melengkung itu nyala dengan warna ijo seperti pada gambar dibawah, maka itu berarti si bos lagi berusaha nelpon kamu.

Bolehlah kamu angkat meskipun lagi meeting, siapa tau si bos mau ngabarin kalo bentar lagi kamu mau dikasih kenaikan gaji. Tapi kalo layar itu menyala dengan warna merah, itu berarti calon mertuamu yang lagi nelpon. Nah karena kamu lagi meeting, kamu bisa kok me-reject telpon dari calon mertuamu itu dengan meletakkan jarimu diatas Heart-rate sensor. Nggak usah khawatir, calon mertuamu gak bakal tersinggung kok. Karena dengan cara itu smartphone mu bakal langsung ngirim pesan ke yang bersangkutan kalo kamu lagi sibuk atau apalah, tergantung settingan mu. Tapi sebelumnya kamu harus mengaktifkan fitur Quick reply loh yaa.

Keren? Itu belum semuanya loh! Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Information stream dengan memanfaatkan layar melengkung itu untuk menampilkan informasi-informasi terkini ketika layar utama sedang tidak aktif. Misalnya informasi cuaca, informasi waktu (jam) notifikasi dari aplikasi atau mungkin informasi update judul headline terbaru dari situs-situs favoritmu. Jadi kita gak perlu repot-repot buat bolak-balik buka situs favorit kita untuk mendapatkan berita terbaru.

Kece gak tuh? Kalo mau lebih kece lagi, kita juga bisa pasang aksesori tambahan berupa clear view cover yang akan melindungi si Galaxy S6 Edge mu namun tetap bisa melihat isi layar dan juga meresponnya tanpa harus repot-repot membuka penutup covernya.

Tuh liat, tampilannya pun jadi makin kece kan? Yakin deh kamu juga pasti naksir sama si cakep ini. Yakan, yakan? Udah ngaku aja, gausah malu-maluin gitu.

Gimana menurutmu, gak salah kan kalo aku sampe kesengsem sama smartphone Galaxy S6 series ini? Bener-bener sebuah inovasi di dunia gadget lah pokoknya. Bukan cuma inovasi dari segi desain aja, tapi juga fitur plus aksesorisnya pun bener-bener merupakan sesuatu yang baru di ranah smartphone. Gak salah memang kalo smartphone ini mengusung jargon Next is now, dan menurutku ini adalah sebuah smartphone prototype yang jadi nyata.

Perpaduan antara keindahan desain, detail dan material premium, fitur yang amat kaya serta kekuatan (kemampuan) yang berada di tingkat yang paling tinggi memang sangat cocok untuk merepresentasikan sebuah Galaxy yang megah, indah dan penuh energi. Maka nggak berlebihan rasanya kalau aku menyebut Galaxy S6 khususnya dengan varian Edge merupakan Galaxy terindah yang bisa kita genggam. Dan nggak heran juga kalo hape ini dinobatkan sebagai salah satu ponsel terbaik yang pernah ada.

Kalo kamu penasaran sama si cakep ini kamu boleh tuh tanya-tanya ke akun socmednya Samsung di Facebook atau Twitter. Terus kamu gak mau beliin buat aku gitu? Satu aja gapapa kok, aku ikhlas. Bener deh, gak boong.

Image credit : GSM Arena, Samsung

1 COMMENT

  1. E foarte bine, Rose. Am luat note mari si cred ca o sa intru in clasa de stiinte. A fost ciudat, cu subiectul corsonvertat si a trebuit sa depun contestatie la romana. Iti spun notele finale luni :)P.S: Si eu sunt la fel cu salvarea planetei. Sper sa se trezeasca odata aiuritii care cred ca Terra e cosul lor de gunoi.

LEAVE A REPLY