Home Contest Cara Mengatasi Anak Susah Makan? Coba Pakai Laperma Yuk!

Cara Mengatasi Anak Susah Makan? Coba Pakai Laperma Yuk!

1
SHARE

Cara Mengatasi Anak Susah Makan? Coba Pakai Laperma Yuk! – Salah satu kekhawatiran terbesar bagi para Ibu adalah ketika sang buah hati enggan untuk diberikan makan. Ya, masalah ini seakan menjadi momok yang menakutkan bagi sang Bunda, apalagi jika mengingat bahwa si anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup karena masih dalam masa pertumbuhan. Ada berbagai alasan mengapa anak susah makan, dan biasanya penyebabnya bisa sangat beragam.

Anak susah makanSebagian mungkin memang tak benar-benar merasa lapar, yang penyebabnya biasanya adalah karena terlalu asyik bermain sehingga mereka lupa untuk makan. Apalagi bagi anak usia balita, yang biasanya masih belum terlalu paham soal jam makan. Lalu sebagian lain bisa saja merasa tak nafsu makan, sehingga merasa enggan dan sering kali menolak ketika sang Bunda mengajaknya untuk makan.

Berdasarkan apa yang saya perhatikan, setidaknya ada dua faktor utama yang bisa menjadi penyebab mengapa si anak merasa tak nafsu makan, yang diantaranya adalah :

1. Terlalu Sering Diberi Makanan Manis

Terlalu sering memberikannya makanan ringan dengan rasa yang kuat bisa saja menjadi penyebab mengapa si anak enggan ketika diajak makan. Hal itu karena si anak merasa sudah terbiasa dengan makanan dengan rasa yang kuat, khususnya yang manis, sehingga anak merasa bahwa makanan lain nampak kurang menarik atau menggugah selera untuk dimakan.

Penyebab anak susah makanApalagi jika ternyata camilan yang dimakan itu jumlahnya tidak sedikit, bisa jadi anak akan merasa perutnya sudah terlalu penuh untuk diisi dengan makanan utama. Padahal, makanan ringan yang ia konsumsi itu tak memiliki cukup nutrisi yang berguna untuk tumbuh kembangnya, sehingga nantinya hal ini akan menjadi masalah tersendiri.

2. Kesalahan Saat Pemberian Makan Pada Usia Dini

Selain memberikan makanan manis yang berlebihan, faktor lain yang menyebabkan si kecil menjadi susah makan atau terlalu pilih-pilih makanan adalah karena kesalahan saat pemberian makanan pada usia dini.

Saya sendiri pernah menemui beberapa anak kecil yang ternyata hanya mau makan dengan satu jenis makanan saja, dan biasanya makanan yang dipilih adalah makanan “fast food” seperti ayam goreng crispy, atau junk food lainnya. Sementara tak jarang pula saya mendapati bahwa si anak hanya mau memakan mie instant.

Usut punya usut, ternyata memang di awal pengenalan makanan (usia balita) sang bunda tidak jarang untuk memberikan makanan yang sudah disebutkan diatas tadi. Dan sama seperti kasus yang pertama, dengan demikian si anak akan lebih tertarik dengan makanan tadi karena mereka mempunyai rasa yang kuat, sehingga si anak takkan berselera untuk memakan makanan lain kecuali yang mempunyai rasa yang kuat juga.

Tips Untuk Mencegah Anak Susah Makan

Maka, sangat disarankan bagi Bunda untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sudah disebutkan diatas itu untuk mencegah kemungkinan yang tak diinginkan itu. Cobalah untuk memberikan makanan yang bervariasi dan sebisa mungkin, hindarkan si anak dari fast food atau junk food.

Boleh saja memberikan snack, tetapi tentu perlu dibatasi agar tidak terlalu sering dan bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. Meskipun perlu dicatat, bahwa bisa saja ada faktor lain lagi yang menjadi penyebab utama dari masalah ini.

Lalu Jika Sudah Terlanjur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan memang agak sulit, namun bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Beberapa hal yang bisa Ibu coba untuk mengatasi anak susah makan adalah sebagai berikut :

1. Hiasi Makanan Agar Tampak Menarik

Cara ini adalah cara yang paling mainstream yang digunakan oleh para Ibu untuk coba menggugah selera makan pada anak. Menghias makanan agar nampak lucu misalnya, akan membuat anak senang untuk memandanginya, sehingga diharapkan anak akan tertarik untuk coba mencicipi makanan yang disajikan.

Tentu saja, kreatifitas dari sang Bunda akan dibutuhkan untuk mencoba trik ini.

2. Campurkan Variasi Sedikit Demi Sedikit

Si anak hanya mau makan dengan satu jenis makanan? Cobalah untuk menambahkan sedikit variasi ketika menyajikan makanan itu. Misalnya jika anak hanya mau makan mie instant, maka cobalah untuk menambahkan sedikit sayur kedalamnya. Lalu perlahan, coba untuk perbanyak porsi sayur yang digunakan, dengan harapan si anak akan mulai menyukai sayur yang digunakan itu.

Tapi disini, disarankan pula untuk tidak menggunakan satu jenis sayur yang sama pada tiap penyajiannya, dan Ibu bisa coba untuk menambahkan sayur yang berbeda di hari yang berbeda. Dan lihat perkembangannya, sekiranya sayur apa yang lebih digemari oleh si anak? Dan ketika sudah waktunya, cobalah masak sayur tersebut tanpa menggunakan mie instant untuk melepaskan “ketergantungan” si anak terhadap makanan itu.

Trik yang sama juga bisa Bunda terapkan pada jenis makanan lain. Silakan Bunda kreasikan sendiri ide makanan apa yang sekiranya dapat menjadi pendamping dari makanan yang digemari oleh anak tersebut.

3. Laperma Platinum

Cobalah untuk memberikan suplemen makanan untuk merangsang nafsu makan si anak. Laperma Platinum adalah salah satu suplemen yang bisa Bunda berikan pada anak dengan rentang usia mulai usia 1 hingga 15 tahun, dengan dosis yang berbeda-beda tentunya.

Mengatasi Anak Susah MakanLaperma Platinum memiliki bahan dasar madu yang sudah dikenal sebagai bahan alami kaya nutrisi, serta dengan berbagai campuran bahan lain yang diformulasikan khusus untuk membangkitkan selera makan bagi anak.

1 COMMENT

  1. deodorant bio efficace bicarbonate complement alimentaire peau seche oenobiol curcuma bio
    avec piperine insecticide bio pour tomates infusions biologiques
    gelee royale bio aragan prix produits bio pour chien shampoing timotei bio avis pharmacie bio pas cher traitement
    anti puceron biologique desherbant bio controle creme bio naia huile de massage bio comestible huile essentielle lavande aspic tisane detox bio origine savon biodegradable randonnee serviettes hygieniques bio natracare part de marche des cosmetiques bio en france
    tampon hygienique bio huile essentielle tea tree pour bouton creme corps biolissime gagner
    des produits biolane serum ultra hydratant bio complement alimentaire biotine biotine bepanthene
    pousse cheveux quel shampoing bio pour cheveux gras produits de beaute bio en ligne
    tisane bio romon nature avis keratine bio keratine bio pour cheveux prix gommage corps
    bionatural shampoing naturel bio pour bebe huile essentielle tea tree poux produit bio cheveux fins shampoing
    colorant bio pour homme apres shampoing bio naturel shampoing bio
    sans sulfate cheveux gras shampoing bio cheveux secs boucles
    the vert bio detox produit biolane avis shampoing bio monoprix avis meilleur shampoing cheveux gras
    bio tisane bio bretonne pages lait demaquillant bio shampoing bio jardinage bio
    conseil produits de beaute bio phyt’s protege slip lavable bio
    la droguerie ecologique bicarbonate de soude technique creme visage bio pour bebe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here