Home Contest Cara Mengatasi Anak Susah Makan? Coba Pakai Laperma Yuk!

Cara Mengatasi Anak Susah Makan? Coba Pakai Laperma Yuk!

907

Cara Mengatasi Anak Susah Makan? Coba Pakai Laperma Yuk! – Salah satu kekhawatiran terbesar bagi para Ibu adalah ketika sang buah hati enggan untuk diberikan makan. Ya, masalah ini seakan menjadi momok yang menakutkan bagi sang Bunda, apalagi jika mengingat bahwa si anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup karena masih dalam masa pertumbuhan. Ada berbagai alasan mengapa anak susah makan, dan biasanya penyebabnya bisa sangat beragam.

Anak susah makanSebagian mungkin memang tak benar-benar merasa lapar, yang penyebabnya biasanya adalah karena terlalu asyik bermain sehingga mereka lupa untuk makan. Apalagi bagi anak usia balita, yang biasanya masih belum terlalu paham soal jam makan. Lalu sebagian lain bisa saja merasa tak nafsu makan, sehingga merasa enggan dan sering kali menolak ketika sang Bunda mengajaknya untuk makan.

Berdasarkan apa yang saya perhatikan, setidaknya ada dua faktor utama yang bisa menjadi penyebab mengapa si anak merasa tak nafsu makan, yang diantaranya adalah :

1. Terlalu Sering Diberi Makanan Manis

Terlalu sering memberikannya makanan ringan dengan rasa yang kuat bisa saja menjadi penyebab mengapa si anak enggan ketika diajak makan. Hal itu karena si anak merasa sudah terbiasa dengan makanan dengan rasa yang kuat, khususnya yang manis, sehingga anak merasa bahwa makanan lain nampak kurang menarik atau menggugah selera untuk dimakan.

Penyebab anak susah makanApalagi jika ternyata camilan yang dimakan itu jumlahnya tidak sedikit, bisa jadi anak akan merasa perutnya sudah terlalu penuh untuk diisi dengan makanan utama. Padahal, makanan ringan yang ia konsumsi itu tak memiliki cukup nutrisi yang berguna untuk tumbuh kembangnya, sehingga nantinya hal ini akan menjadi masalah tersendiri.

2. Kesalahan Saat Pemberian Makan Pada Usia Dini

Selain memberikan makanan manis yang berlebihan, faktor lain yang menyebabkan si kecil menjadi susah makan atau terlalu pilih-pilih makanan adalah karena kesalahan saat pemberian makanan pada usia dini.

Saya sendiri pernah menemui beberapa anak kecil yang ternyata hanya mau makan dengan satu jenis makanan saja, dan biasanya makanan yang dipilih adalah makanan “fast food” seperti ayam goreng crispy, atau junk food lainnya. Sementara tak jarang pula saya mendapati bahwa si anak hanya mau memakan mie instant.

Usut punya usut, ternyata memang di awal pengenalan makanan (usia balita) sang bunda tidak jarang untuk memberikan makanan yang sudah disebutkan diatas tadi. Dan sama seperti kasus yang pertama, dengan demikian si anak akan lebih tertarik dengan makanan tadi karena mereka mempunyai rasa yang kuat, sehingga si anak takkan berselera untuk memakan makanan lain kecuali yang mempunyai rasa yang kuat juga.

Tips Untuk Mencegah Anak Susah Makan

Maka, sangat disarankan bagi Bunda untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sudah disebutkan diatas itu untuk mencegah kemungkinan yang tak diinginkan itu. Cobalah untuk memberikan makanan yang bervariasi dan sebisa mungkin, hindarkan si anak dari fast food atau junk food.

Boleh saja memberikan snack, tetapi tentu perlu dibatasi agar tidak terlalu sering dan bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. Meskipun perlu dicatat, bahwa bisa saja ada faktor lain lagi yang menjadi penyebab utama dari masalah ini.

Lalu Jika Sudah Terlanjur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan memang agak sulit, namun bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Beberapa hal yang bisa Ibu coba untuk mengatasi anak susah makan adalah sebagai berikut :

1. Hiasi Makanan Agar Tampak Menarik

Cara ini adalah cara yang paling mainstream yang digunakan oleh para Ibu untuk coba menggugah selera makan pada anak. Menghias makanan agar nampak lucu misalnya, akan membuat anak senang untuk memandanginya, sehingga diharapkan anak akan tertarik untuk coba mencicipi makanan yang disajikan.

Tentu saja, kreatifitas dari sang Bunda akan dibutuhkan untuk mencoba trik ini.

2. Campurkan Variasi Sedikit Demi Sedikit

Si anak hanya mau makan dengan satu jenis makanan? Cobalah untuk menambahkan sedikit variasi ketika menyajikan makanan itu. Misalnya jika anak hanya mau makan mie instant, maka cobalah untuk menambahkan sedikit sayur kedalamnya. Lalu perlahan, coba untuk perbanyak porsi sayur yang digunakan, dengan harapan si anak akan mulai menyukai sayur yang digunakan itu.

Tapi disini, disarankan pula untuk tidak menggunakan satu jenis sayur yang sama pada tiap penyajiannya, dan Ibu bisa coba untuk menambahkan sayur yang berbeda di hari yang berbeda. Dan lihat perkembangannya, sekiranya sayur apa yang lebih digemari oleh si anak? Dan ketika sudah waktunya, cobalah masak sayur tersebut tanpa menggunakan mie instant untuk melepaskan “ketergantungan” si anak terhadap makanan itu.

Trik yang sama juga bisa Bunda terapkan pada jenis makanan lain. Silakan Bunda kreasikan sendiri ide makanan apa yang sekiranya dapat menjadi pendamping dari makanan yang digemari oleh anak tersebut.

3. Laperma Platinum

Cobalah untuk memberikan suplemen makanan untuk merangsang nafsu makan si anak. Laperma Platinum adalah salah satu suplemen yang bisa Bunda berikan pada anak dengan rentang usia mulai usia 1 hingga 15 tahun, dengan dosis yang berbeda-beda tentunya.

Mengatasi Anak Susah MakanLaperma Platinum memiliki bahan dasar madu yang sudah dikenal sebagai bahan alami kaya nutrisi, serta dengan berbagai campuran bahan lain yang diformulasikan khusus untuk membangkitkan selera makan bagi anak.

907 COMMENTS

  1. The ThinkPad L412 possesses a typical look
    regarding that. With the lid shut, the body is actually brick-like, eschewing the tapered look that’s more common these days.

  2. Movie critic Consensus: Keeping Up with the Joneses misuses
    a good property – as well as a skilled cast packed with
    amusing people – on a greatly laugh-free and absurd suburban spy journey.

  3. In contrast, the greater saturated fat consumption elevated concentrations of larger, much more
    cholesterol-enriched LDL particles, therefore countering the decrease
    in complete LDL focus that was observed with lower saturated fat intake (8) (Figure
    1 ). These effects were apparent after 3 wk as well as were independent of weight reduction.

  4. Excelente bens de você, cara. Tenho tenha em mente suas coisas antes de e você está só também fantástico.

    Eu na verdade como o que você tem adquiriu aqui, certamente como o que és dizendo e a maneira pelo qual você afirmar.
    Está cometendo-agradável e ainda cuidar para manter-sábio.
    Eu cant esperar para aprender muito mais de você. Isso é na verdade um maravilhoso local.

  5. Yoᥙ really maкe it seem so easy together with your presentation however I to find this topic to Ƅe геally one
    thing which I feel I might never understand.
    It kind of feels too cߋmplicated and extremely large fⲟr
    me. I am taking a look ahead to yօur next publish, I’ⅼl attempt to
    get the hold of it!

  6. I was curious if you ever thought of changing the page layout
    of your blog? Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so people could
    connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having
    one or two images. Maybe you could space it out better?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here