Home Contest Menemukan Sahabat Dengan Messenger Catfiz

Menemukan Sahabat Dengan Messenger Catfiz

0
SHARE

Menemukan Sahabat Dengan Messenger Catfiz – Pernah denger Catfiz nggak? Itu loh, aplikasi messenger karya anak bangsa itu. Masa kamu nggak tau? Kalo aku sendiri sih udah pakai Catfiz sejak jaman aplikasi ini masih dalam versi Beta, tepatnya di pertengahan tahun 2012.

Aku masih inget banget kalau waktu itu tuh masih jaman awal-awal hape dengan OS Android mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia, jaman kejayaan Samsung Galaxy Y, jaman hape dengan RAM 512MB masih berasa lega, jaman Android Ice Cream Sandwich berasa canggih banget, jaman pertama kali aku pakai hape Android (Sony Ericsson WT19i) dan jaman aku baru putus sama mantan yang kedua. Hahahahah. 😂😂

Jadi ceritanya dulu tuh kan aku baru pertama kali pakai hape Android, terus masih bingung mau pasang aplikasi apa yang asik. Jadilah aku tanya ke temen yang udah lebih pengalaman sama hape Android, dan rata-rata dari mereka tuh menyarankan untuk install aplikasi messenger Catfiz yang ternyata saat itu belum ada di Google PlayStore. 😅😅

Logo CatfizYaps, waktu itu memang kita mesti download aplikasi messenger Catfiz di situs resminya karena saat itu masih dalam tahap pengembangan, dan tampilannya pun masih sederhana. Tapi kalo sekarang sih sudah ada donk di Google Playstore! Tanggal 10 November 2012 menjadi hari dimana Catfiz pertama kali hadir di toko aplikasi resmi untuk Android tersebut.

“10 November? Bersamaan dengan perigatan hari pahlawan dong?”

Yap, bener banget. Mungkin tanggal itu sengaja dipilih karena kebetulan Head Quarter alias markas dari Catfiz sendiri bertempat di Surabaya yang juga dikenal sebagai Kota Pahlawan. Dan tanggal 10 November adalah hari bersejarah bagi Surabaya, sehingga mungkin dengan demikian akan tercermin pula semangat nasionalisme dari aplikasi ini. Ihiw, dalem banget ya?

Waktu pertama kali install, aku dengan polosnya nge-add NIC dari para user Catfiz yang di share oleh pemilik akunnya di fanpage komunitas Catfiz. Dan jelas dong, yang aku add itu cewek semua! Hahahahahah.. 😆😆

NIC Catfiz MasbocahNIC adalah kode identitas dari tiap user Catfiz, dimana kita bisa menambahkan teman dengan menggunakan NIC yang mereka punya, atau bisa langsung melakukan scan QR Code yang ditampilkan disana.

Seketika itu pula, daftar kontak di aplikasi Catfiz ku pun langsung dibanjiri oleh orang-orang baru yang saat itu sama sekali belum aku kenal. Bahas sedikit soal NIC yaa. Jujur, aku lebih suka sistem “tambah teman” dengan cara seperti ini (memasukkan NIC sebagai kode identitas pengguna) dan bukan dengan sharing nomor hape, karena menurutku, nomor hape adalah sebuah privasi dan aku nggak terlalu suka untuk menyebar nomor hape karena berbagai alasan.

Dan iya, setelah beberapa hari mencobanya ternyata bener kalo aplikasi ini tuh asik banget! Yang bikin dia seru adalah kita nggak cuma bisa sekedar chatting untuk say “hai” melalui private chat seperti aplikasi chatting pada umumnya, tapi kita juga bisa membuat status, dan memberikan respon berupa likes dan komentar, yang saat itu beneran cuma ada di aplikasi Catfiz!

Jadi yaa kita bisa berinteraksi gitu dengan orang-orang atau user lain yang berkomentar di status teman kita, meskipun orang atau user tersebut belum ada di daftar kontak kita. Dan terkadang, interaksi sok kenal dari para usernya ini membuka pintu pertemanan baru diantara mereka, dan nggak sedikit juga loh yang sampai berteman di dunia nyata, seperti yang pernah kualami sendiri.

Menemukan Teman Saat Menggunakan Catfiz

Waktu itu seperti biasa, aku yang lagi bosen coba iseng-iseng berkomentar di status salah satu teman. Kemudian candaan-candaan dari user lain pun turut meramaikan komentar di status tersebut, yang kemudian membuat kami terbiasa untuk melempar candaan disana.

Setidaknya, ada beberapa teman yang cukup sering kuajak berinteraksi sejak awal menggunakan Catfiz, seperti Om Oja yang baik hati dari Jogja, Om Cooler yang nyebelin dan biasa dipanggil sebagai “Om iler”, dan juga Mila, dari Tangerang yang selalu bikin diriku kesengsem lewat candaannya yang gemesin. Hahahah, ini kalo Om Iler baca pasti ngomal-ngomel dia, soalnya kan dia juga kesengsem dan ngarep banget sama si Mila 😆😆

Tampilan Catfiz 2013Tampilan Catfiz ketika baru pertama kali menghadirkan fitur sticker

Sayang, dari ketiganya itu aku cuma berhasil bertemu langsung dengan Om Oja ketika aku sedang “mampir” ke Jogja, dan sekarang ini aku sudah kehilangan kontak dari ketiga teman ini sejak ganti hape.

Tapi masih ada loh teman Catfiz yang sudah ku kenal sejak awal pakai dan sampai sekarang masih keep in touch, sebut saja Icha, Fika, Rahma dan juga Dania. Bahkan, aku juga sempat liburan bareng bersama Icha waktu ia sedang mampir ke Bali, tempat dimana aku tinggal saat ini yang ceritanya juga sudah ku posting di blog ini.

Uniknya meskipun aku pernah tinggal di satu kota yang sama dengan Dania di Jogja, tapi entah kenapa kami tak pernah sempat untuk sekedar bertemu. Emang nggak jodoh kali ya? Hahahahah 😂😂

Tampilan Baru, Lebih Modern & Smooth

By the way, mungkin ada sebagian dari kamu yang masih asing dengan aplikasi buatan Indonesia ini, sehingga rasanya perlu lah ya kujelaskan sedikit mengenai apa aja sih fitur yang dimilikinya itu?

Sejak pertama kali menggunakannya hingga saat ini, sudah banyak sekali perubahan yang diusung oleh Catfiz dan bisa dibilang tampilan yang digunakan pada saat diriku menuliskan posting ini sudah benar-benar berbeda dan baru jika dibandingkan dengan versi terdahulunya.

UI alias tampilannya kini nampak lebih rapi, terasa lebih smooth, serta membawa berbagai fitur-fitur baru namun tetap mempertahankan warna merah yang menjadi ciri khas dari aplikasi Catfiz.

Fitur komentar aplikasi CatfizFitur komentar status masih menjadi ciri khas pada apps ini, lebih seperti aplikasi social media namun dengan tampilan yang lebih simpel.

Emoticon lucu-lucu pun tak luput dari perubahan, dan juga sudah dilengkapi dengan fitur sticker yang jelas bakal semakin menambah keseruan ketika sedang mengobrol melalui chat Catfiz.

Emoticon pada catfizBerbagai fitur lain seperti broadcast message, pool (group yang bisa menampung hingga 1999 kontak), share foto, video, audio, kontak, file, dan juga Fizzlink juga tersedia di aplikasi ini. Iya, kamu nggak salah baca kok! Pool di Catfiz beneran bisa menampung sampai 1999 kontak! Jadi yaa kalau misal kamu mau jualan online disini bisa banget, tanpa takut khawatir “ruang” pada grup akan cepat penuh karena kapasitasnya yang guuuede itu.

Di private chat nya juga ada kok icon yang menunjukkan apakah pesan kita masih pending, terkirim, atau sudah di baca. Jadi kalau misalnya pesanmu sudah dibaca tapi nggak dibales alias cuma di read doang, kita bisa langsung mengirimkan “BLITZ!” Supaya hapenya bergetar. Hahahahah..

Tapi yaa kalo umpama masih nggak dibales juga, mungkin kamu harus mulai melupakannya karena bisa jadi dia tak menganggapmu ada….. #Jleb #Ngenes #KamuRapopo

Skip..

Yang unik, disini kita tak hanya bisa mengirimkan file yang sebatas foto, video dan audio aja, tapi kita juga bisa mengirim file jenis apa saja termasuk APK dan file PDF, yang tentu nggak bisa ditemukan pada aplikasi messenger lain. Jadi kita nggak perlu repot lagi untuk buka email cuma buat kirim-kirim file seperti itu.

Fitur sharing pada catfizEh tapi tunggu, diatas itu kan aku juga sempat nyebut Fizzlink ya, nah mungkin sebagian dari kamu belum paham mengenai fitur itu. Memangnya, Fizzlink itu apa sih?

Fizzlink adalah sebuah fitur unggulan lain dari Catfiz, yang berfungsi sebagai cloud storage yang bisa kita gunakan untuk upload file hingga kapasitas 500MB. Hemm, masih kurang paham ya? Oke, gampangnya gini deh…

Jadi, misalkan kamu mau berbagi file dengan beberapa teman sekaligus, nah supaya nggak repot melakukan upload berulang-ulang, kamu tinggal upload aja file dengan ukuran maksimal 500MB itu di fizzlink. Lalu nantinya, kamu tinggal memberikan link yang tersedia dari file yang kamu upload tadi, supaya bisa diakses dan di download oleh teman-temanmu, seperti pada ilustrasi gambar dibawah ini. Dan fitur ini sih jelas sangat cocok untuk urusan produktifitas.

Keunggulan Catfiz FizzlinkDan kalo aku liat sih, fitur ini jelas merupakan sebuah fitur unggulan yang sangat berguna untuk urusan seperti jualan online, karena kita nggak perlu lagi upload-upload foto ke masing-masing konsumen (yang jelas bakal merepotkan dan makan banyak kuota) dan cuma perlu memberikan link dari file yang sudah kita upload tadi.

Fizzlink CatfizMasih kurang jelas juga? Oke, intip dulu deh video dibawah ini!

Chatting Asik, Produktifitas Tetep Jalan

Nah sekarang kamu sudah tau kan apa itu Catfiz? Sedikit ceritaku diatas itu mungkin hanya sepenggal dari sekian banyak pengalaman menyenangkan saat menggunakan aplikasi Catfiz yang dialami oleh orang lain yang juga menggunakannya.

Sebagai kesimpulan akhir sih, menurutku Catfiz ini emang aplikasi yang wajib banget buat diinstall di hape Android punya kamu. Bukan cuma karena emang asik, tapi juga bisa sangat membantu urusan produktifitas kalau kita bisa dan mau memanfaatkannya.

Kelebihan aplikasi catfizPerpaduan antara aplikasi messenger “tradisional”, mini social media / forum, serta dilengkapi dengan fitur ala cloud storage dan juga email yang sanggup mengirimkan file jenis apapun, jelas merupakan kelebihan yang sulit ditemukan pada messenger lainnya.

Terlebih lagi, apps ini asli buatan Indonesia sehingga wajib rasanya bagi kita untuk menjaga eksistensinya. Dan siapa tau, kamu juga akan menemukan teman baru, sahabat baru, atau bahkan mungkin jodoh. Hihihi 😆😆. Jadi, kamu udah install Catfiz di hapemu? Kalau belum, kamu bisa temukan apps ini di Google PlayStore.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here