ASUS X550ZE, Laptop Terjangkau Dengan Performa Memukau

ASUS X550ZE, Laptop Terjangkau Dengan Performa Memukau

1
SHARE

ASUS X550ZE, Laptop Terjangkau Dengan Performa Memukau – Sudah 2 bulan lamanya, sejak aku mendapatkan sebuah kiriman berupa laptop yang merupakan hadiah dari sebuah kontes SEO yang aku menangkan, dan sejak saat itu pula ASUS X550ZE ini menggantikan peran laptop lamaku yang sepertinya memang sudah lelah setelah menemaniku selama lebih dari 4 tahun.

Harus diakui, notebook dengan bentang layar 15.6 inch ini memiliki tampilan luar yang cukup menawan sehingga membuat beberapa temanku penasaran untuk tau lebih lanjut tentangnya, salah satunya adalah Putra. Penghuni kamar kos sebelah yang akrab disapa sebagai Puput ini mengaku sedang mempertimbangkan untuk mengganti laptop lama miliknya. Namun sepertinya ia masih ragu untuk membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ia miliki.

Puput : “Eh, itu laptop baru ya? Kok gak ngajak-ngajak sih pas beli?”

Me : “Ehehehe.. Ini.. Eng.. Nganu…”

Puput : *sambil melihat logo dibawah layar* “ASUS ya? Sama kaya yang kemaren donk?”

Me : “Iya merknya sama, cuman untuk spesifikasinya beda lah. Liat aja dari ukuran layar, gedean yang ini kan? Cover belakangnya pun lebih keren, ada motif lingkaran gitu. Jadi kalo diliat dari beberapa sisi keliatan ada efek mengkilap gimanaa gitu.” *sambil menunjukkan cover belakang laptop*

Puput : *nampak terkesima* “Iya ya, keren juga! Wih, pasti mahal tuh! Aku pengen ganti laptop juga nih, tapi budget maksimal cuma 8 juta.”

Me : “8 juta? Cukup kok buat beli yang persis kaya gini”

Meski memiliki tampilan yang nampak premium, namun notebook mainstream ini ternyata dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau untuk laptop sekelasnya. ASUS X550ZE tidak hanya mampu untuk digunakan dalam pemakaian dasar seperti browsing saja, tetapi juga dioptimalkan untuk urusan multimedia dan grafis.

Puput : “Ah masa sih? Ini tipenya apa?”

Me : “Kalo dia ini tipenya penyayang dan setia, terus gak gampang ngambek juga.” #eh :3

Puput : “Kamftet! Nanya serius nih!” (-______-)

Me : “Hahahahah… Santai broh, santai.. Tipenya tuh X550ZE. Ada beberapa varian sih, tergantung kebutuhanmu aja.”

Puput : “Bagus juga tuh kayanya. Spesifikasinya apa? Aku kan suka edit-edit foto gitu, terus kadang juga edit video. Emang kuat?”

Me : “Eits jangan diremehkan dulu, nih aku jelasin yaa..”

Laptop yang dibanderol di kisaran harga Rp 7.649.000 ini dibekali dengan AMD FX-7600P, yang merupakan prosesor berbasis Kaveri dengan varian tertinggi dari AMD. AMD FX-7600P adalah APU (Accelerated Processing Unit) yang merupakan gabungan dari CPU dan GPU yang terintegrasi dalam 1 buah chip, yang mana pada varian ini ia memiliki 12 compute core yang terdiri dari 4 inti (Quad-core) CPU dan 8 inti (Octa-core) GPU.

Prosesor yang dimilikinya tersebut memiliki clockspeed 2.7GHz yang juga dapat ditingkatkan menjadi 3.6GHz ketika Turbo Boost diaktifkan, pastinya bertujuan untuk memberikan performa yang lebih baik lagi ketika menjalankan aplikasi. Nah istimewanya adalah, meskipun ia sudah memiliki GPU yang terintegrasi dalam APU yang digunakan, namun ternyata ASUS X550ZE ini juga dijejali dengan kartu grafis AMD Radeon R7-M270DX, sehingga ia memiliki fitur dual graphic yang memungkinkan untuk memberikan performa pengolahan grafik yang mengesankan.

Puput : “Dual graphic? Gile! Beneran tuh?”

Me : “Iyalah.. Asik banget kan?”

Puput : “Tapi kan kadang aku suka buka banyak apps sekaligus tuh, emang kuat?”

Me : “Ya jelas kuat donk, aku juga sering kok buka banyak apps sekaligus. 3 Apps browser, file exploler, apps edit foto, semuanya aku jalankan sekaligus dan masih lancar jaya tuh..”

Iya, selain mengusung prosesor yang powerful, notebook dengan bobot 2.26kg (termasuk baterai) ini juga telah dibekali dengan RAM LPDDR3L berkapasitas 4GB, sehingga sangat memungkinkan untuk menjalankan apps berat ataupun untuk multitasking seperti yang sering kulakukan bersama laptop ini. Masih kurang? Kamu masih bisa menambah kapasitas RAM dari laptop ini hingga 16 GB (8GB + 8GB) loh!

Bukan cuma itu, ia juga sudah dibekali dengan HDD berkapasitas 1TB yang bukan cuma cukup besar untuk menyimpan apps saja, tetapi juga bisa menampung banyak file termasuk foto, video, musik atau apapun yang kamu mau.

Puput : “Widih, keren ya? Harga segitu udah dapet spek gahar!”

Me : “Hohoho.. Kenapa, jadi ngiler ya?”

Puput : “Iya nih, dipake nge-game asik kali ya?”

Me : “Asik banget lah…”

Dukungan CPU dan GPU yang dimilikinya saja sudah tergolong mumpuni, apalagi ia juga sudah mendukung teknologi DirectX 12, sehingga game yang dimainkan dengan perangkat ini pun akan terasa lebih optimal. Dukungan keyboard yang dilengkapi dengan tombol numerik di sisi kanan juga semakin mempermudah pengguna untuk mengontrol permainan.

Belum lagi dengan layarnya yang besar, melihat konten gambar, video, ataupun tampilan pada permainan menjadi semakin lega. Oia, disini kita juga bisa mengatur apakah ingin menonaktifkan fitur AMD dual graphic untuk menghemat daya atau mengaktifkannya untuk mengoptimalkan performa grafisnya.

Masih soal tampilan, ASUS juga menyediakan fitur Splendid yang memungkinkan kita untuk memilih mode tampilan warna pada layar, untuk meningkatkan kualitas tampilan layar sesuai dengan mode yang kita pilih. Atau bahkan kita bisa menentukan sendiri temperatur warna pada layar secara manual, sesuai dengan keinginan kita.

Puput : “Manteb! Etapi dari tadi ngomongin soal visualnya mulu, audio gimana? Kalo main game kan audio juga mesti cakep biar mainnya makin greget!”

Me : “Oia ya.. Hehehe.. Soal audio pun gak kalah manteb kok!”

ASUS juga telah membekali X550ZE dengan teknologi SonicMaster yang mampu menghasilkan suara jernih dan jelas pada speakernya serta dukungan software khusus bernama Audio Wizard yang memungkinkan kita untuk memilih mode suara seperti gaming mode, music mode, movie mode, recording mode, dan speech mode, sehingga akan memberikan efek suara yang lebih memikat.

Puput : “Boleh juga nih kayanya.. Tapi masih ragu nih..”

Me : “Lhah, emang kenapa?”

Puput : “Itu performa kan gahar banget, takutnya gampang panas. Apalagi kan aku kadang harus ngetik banyak buat tugas, kalo panas kan jadi gak enak ngetiknya..”

Me : “Yaelah Put, tenang aja. Aku juga sering kok ngetik lama-lama pake laptop ini buat posting di semua blog ku, nyaman aja kok, gak berasa panas.”

Puput : “Ah masa sih?”

Me : “Iya lah, nih coba aja pegang sendiri. Tuh, gak panas kan? Padahal udah aku pake dari tadi. Kecuali kalo kamu simpen foto mantan sama pacal barunya di laptop ini, baru deh bakal panas. Bukan laptopnya, tapi kamu yang panas” :v

Puput : “Kamfret..!” (-_______-)

Me : “Hahahahahah…. ” :v

Jadi meskipun notebook besutan ASUS ini mengusung spesifikasi yang mampu memberikan performa tinggi, namun ia tetap nyaman digunakan dalam waktu lama khususnya untuk keperluan mengetik berkat teknologi IceCool. Dengan teknologi ini, area palm rest (tempat yang biasanya digunakan untuk menempatkan telapak tangan, di sisi kiri dan kanan touchpad) akan tetap pada suhu normal.

Suhu yang terjaga dengan baik ini tentunya akan membuat kita semakin nyaman untuk berlama-lama menggunakannya entah untuk bermain game, ataupun mengetik tugas. Bukan itu saja, ASUS juga telah menyematkan touchpad berukuran besar dengan bentang 104 x 76mm agar pengguna dapat lebih mudah dalam melakukan navigasi. Touchpad tersebut juga dilengkapi dengan fitur Smart Gesture.

Smart Gesture memungkinkan kita untuk melakukan navigasi yang bahkan lebih mudah lagi, misalnya jika kita ingin melakukan scroll pada layar, kita hanya perlu menggeser 2 jari ke arah atas atau bawah (pada touchpad), melakukan zoom in dengan “mencubit” touchpad, atau zoom out menggeser jari ke arah berlawanan pada touchpad. Untuk klik kanan pun kita hanya perlu mengetuk touchpad dengan 2 jari sekaligus. Terdapat pula berbagai pilihan gesture seperti pada gambar dibawah ini.

Puput : “Wih bisa pinch to zoom juga? Keren, kaya smartphone donk ya?!”

Me : “Iya donk. Fitur itu berguna banget waktu kita lagi gak pake mouse, jadi kalo mau scrolling juga gampang!”

Puput : “Makin kesengsem aja nih.. Ada fitur lain lagi gak?”

Me : “Masih ada donk!”

ASUS X550ZE juga satu lagi fitur unggulan, yakni Instant On. Fitur ini memungkinkan kita untuk menyalakan laptop dengan sangat cepat yakni hanya 2 detik saja dari kondisi standby! Ini pastinya akan mendukung aktivitas yang membutuhkan kecepatan, sehingga kita tidak perlu lama menunggu laptop menyala agar siap digunakan. Fitur ini juga memungkinkan perangkat untuk menyimpan data secara otomatis ketika baterai dalam keadaan yang sangat kritis sebelum melakukan “hibernasi” untuk menghindari hilangnya data.

Sisi konektivitas pun bisa dibilang sangat lengkap pada komputer jinjing ini. Ia mengusung 2 buah port USB v3.0, 1 buah port USB v2.0, Card reader, analog VGA port, HDMI port, RJ45 Network port, Combo Audio port dan juga slot Optical Disc Drive. USB v3.0 yang diusungnya tersebut memiliki kemampuan transfer data yang sangat cepat, hingga 10x lebih cepat dibandingkan dengan USB v2.0. Transfer file musik, video, atau apapun akan terasa jauh lebih singkat.

Puput : “Wihh asik yaa, transfer film gak pake lama donk berati!” 😀

Me : “Hohoho.. Makanya, udah ambil aja!”

Puput : “Tapi aku belum pernah pake ASUS nih. Emang merk ini udah terkenal ya?”

Me : “YAELAH PUT, KEMANA AJA SELAMA INI?” *tepok jidat* “ASUS itu Top 2 produsen notebook dunia loh! Brand ini sudah sangat berpengalaman di bidang komputer, dan sudah memproduksi berbagai produk termasuk PC desktop, server, perangkat jaringan, smartphone dan juga tablet. Masa kamu gak tau sih?”

Puput : “Hehehe, iya, baru tau. Taunya ASUS tuh bikin hape doank.. Hemm, ambil gak yaa..?” #MikirKeras

Me : “Yaelah mikir apalagi?”

Puput : “Soal garansi gimana nih?”

Me : “Tenang aja, laptop ini sudah di cover garansi global selama 2 tahun kok, jadi bebas biaya service dan spare part kalo kenapa-napa. Jaringan Service Centernya juga luas tuh..”

Puput : “Serius? Emmm…. Yauda deh, ntar sore anterin yak buat beli laptop ini..” 😀

Me : “Nah gitu donk! Yaudah, mandi dulu sana!”

Jadi memang ASUS X550ZE yang juga sedang aku gunakan untuk mengetik tulisan ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan sebuah notebook dengan fitur multimedia dan grafis yang mumpuni, performa tinggi, kaya fitur, namun memiliki budget yang terbatas. Mau yang lebih terjangkau? Tenang, ASUS X550ZE juga punya varian yang penggunakan prosesor AMD A10, dengan banderol harga di kisaran Rp 6.949.000 aja tuh! Mau tau lebih lanjut? Boleh kok intip website resmi ASUS. Jadi, kamu pilih yang mana?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY