Kenapa Gamers Mesti Pakai Laptop ASUS ROG?

Kenapa Gamers Mesti Pakai Laptop ASUS ROG?

0
SHARE

emot-31*Gubrak!* “Duh, kalah lagi!”

Entah apa yang dilakukan om Firman dengan laptopnya, hingga dia nampak sedikit kesal. Aku yang merasa penasaran pun memutuskan untuk menghampirinya di ruangan sebelah.

emot-77“Kenapa Om? Heboh amat?”

emot-12“Ini, Om ditembak!”

emot-10“Hah? Sama siapa? Cie cieee mau dapet tante baru nih yeee.. Uhuy..”

emot-43“Ngawur aja! Ini maksudnya ditembak pas main game! Gara-gara kalah cepet, om jadi kena tembak. Kalah deh!”

emot-3“Oalah, main game toh.. Kirain apaan. Ehehe.. He..”

Om Firman yang nampak kesal kemudian memutuskan untuk mematikan laptop yang digunakannya untuk bermain game dengan genre FPS (First-Person Shooter) itu. Kebetulan, saat itu kami memang sedang berkumpul di salah satu rumah kerabat di daerah Tangerang karena ada acara keluarga, dan dari sana aku baru tau kalau om-om yang dijuluki sebagai “Raja minyak dari Batam” itu ternyata suka main game.

Karena lagi santai juga, akupun kemudian iseng untuk sedikit bertanya..

emots-10“Om, doyan main game kah?”

emot-62“Enggak juga sih, cuman kadang-kadang aja mainnya.. Kadang kalo lagi dapet libur sebulan, yaa malemnya main game terus.”

emots-18“YA ITU NAMANYA DOYAN, OM!”

emot-3“Hahahahah, enggak. Soalnya nge-game nya cuman bentar, paling dua-tiga jam udah selesai. Soalnya laptopnya pasti panas, terus kalo udah panas, performanya pasti turun dan jadi lemot. Kalo udah begitu, pasti kalah terus seperti tadi..”

Aku kemudian melihat ke arah laptop yang sepertinya berukuran 15.6 inch itu, yang nampaknya juga bukan ditujukan untuk kebutuhan gaming. Lalu, aku bertanya kembali :

emots-47“Om biasanya main pake laptop ini? Kenapa nggak pake ASUS ROG aja?”

emots-6“ASUS ROG? Halaah, sama aja! Palingan cuman menang specs doang kan? Jangan salah, laptop ini tuh specs nya udah mumpuni juga tau!”

emots-47“Yaa tapi kan, ini bukan dirancang buat gaming. Kalo ASUS ROG kan udah dirancang khusus buat urusan gaming, Om!”

Sayangnya, pembicaraan kami saat itu harus diakhiri karena om Firman harus menerima telepon. Dan aku yang sedang lapar pun memutuskan untuk meninggalkan ruangan itu untuk mencari makanan.

emots-10“Hemm, Masbocah kok tiba-tiba ngomongin soal laptop gaming sih?”

Entahlah, aku tiba-tiba teringat pembicaraan itu setelah kemarin sore, salah satu temanku yang tinggal di Yogyakarta memberi kabar bahwa ASUS telah membuka ROG Store di daerah Gejayan, tak jauh dari tempatku dulu tinggal ketika masih menjadi anak kos Jogja.

Pembukaan ROG Store YogyakartaIya, temanku memberitahu kabar tersebut karena ia tau bahwa dulu ketika aku masih aktif bermain game, aku sangat mengidamkan laptop ASUS ROG.

emot-3“Ohh, jadi itu semacem teringat masa lalu gitu ya, Mas? Hahahah.. BTW, emang apa sih istimewanya laptop ASUS ROG? Apa bedanya dengan laptop biasa lain yang juga punya specs tinggi?”

Ya jelas beda donk! Dih, masa kamu nggak tau sih?

Kenapa Harus ASUS ROG?

Jadi gini, gaes.. Iya, memang benar kalau performa dari perangkat yang kita gunakan (yang terkadang disebut juga sebagai “mesin”) itu sangat penting, supaya kita bisa memainkan game dengan lancar. Tapi….

Kenyamanan ketika menggunakan “mesin” itu sendiri juga nggak kalah penting loh! Nah disitulah poin pembeda utama antara laptop biasa dengan laptop ASUS ROG, yang fitur-fiturnya bakal memanjakan aktivitas bermain game.

emots-10Sebegitu istimewanya kah, Mas? Emangnya apa aja sih fitur yang dimaksud itu?

Emm oke, kita ambil contoh aja yuk dari salah satu laptop andalan ASUS untuk urusan gaming, yakni ASUS ROG G752VS!

Performa

Kalau kita ngomongin soal performa di laptop, tentu bahasannya nggak akan jauh-jauh dari spesifikasi utamanya. Dan yup, ini adalah hal pertama yang biasanya paling diperhatikan oleh seorang gamer sebelum memutuskan untuk memilih sebuah mesin.

Kekuatan monster dibawah telapak tanganmu..

Kenapa harus ASUS ROGDapur pacu dari ASUS ROG G752VS mengandalkan prosesor Intel Core i7-6820HK (Skylake-K, unlocked), GPU NVIDIA GeForce GTX 1070, serta dukungan RAM DDR4 berkapasitas 64GB!

emot-1“HAH? Seriusan? Buset, nggak salah ketik tuh Mas?”

Ya nggak donk! Jadi prosesor yang digunakannya itu adalah prosesor Intel Core generasi ke-enam versi unlocked, yang artinya dapat di overclock untuk memberikan performa yang bahkan lebih baik lagi. Dan kamu pasti tau dong, Intel Core i7-6820HK sudah terkenal banget karena mampu memberikan pemrosesan data dengan sangat gegas.

Lalu dukungan GPU nya sendiri mempunyai 8GB VRAM GDDR5 dengan teknologi NVIDIA G-SYNC yang menjanjikan tampilan grafis game yang halus dan mampu menyuguhkan frame rate tinggi sehingga bermain game akan terasa sangat lancar! Jangan heran kalau pada pengujian khususnya soal urusan grafis, laptop ini mampu mencatatkan skor yang tinggi seperti pada gambar dibawah. Lebih lanjut soal G-SYNC akan ku bahas belakangan yaa.

Performa grafis ASUS ROG G752By the way, laptop yang sudah di bundling dengan OS Windows 10 ini bukan cuma mengandalkan CPU dan GPU saja, karena ASUS juga memberikan komponen terbaik lain termasuk pada bagian storage (penyimpanan) dan RAM agar ia dapat memberikan performa yang maksimal bagi penggunanya.

Iya, meskipun dirancang untuk “bermain”, tapi ASUS nggak main-main loh dalam membangun laptop ini! ASUS ROG G752VS ini mempunyai 512GB SSD Storage, plus 1TB SATA HDD Storage yang beroperasi dengan putaran 7200RPM. Masih kurang gede? Tenang, laptop dengan desain futuristik ini juga sudah dilengkapi dengan dual slot M.2 yang mudah diakses oleh pengguna, sehingga kita dapat dengan mudah meningkatkan atau menambahkan SSD tambahan.

Penyimpanan yang dimilikinya ini memanfaatkan teknologi NVM Express (NVMe) SSD terbaru untuk memberikan kecepatan baca dan tulis data dengan sangat cepat dibandingkan dengan teknologi AHCI (Advanced Host Controller Interface).

emots-215“Nah, kalau kemampuan baca dan tulis datanya sudah cepat, otomatis kecepatan loading pun akan semakin singkat! Apalagi dengan dukungan prosesornya yang super cepat itu, jadi makin wusss-wusss deh!”

Performa SSD ASUS ROGEits, masih ada lagi nih! RAM 64GB DDR4 yang digunakan pada ROG G752VS berjalan pada clockspeed 2400MHz. Kecepatan ini 12.5% lebih tingi dari kecepatan DDR4 “biasa”.

Jadi, perpaduan antara CPU yang powerful, GPU setara kemampuan grafik desktop, serta kecepatan penyimpanan dan RAM yang juga dioptimalkan, jelas bakal mampu menyajikan performa yang bikin ngeri! Mau main VR? Bisa banget!

Kecepatan RAM ASUS ROG G752VS

emots-132“Edan! Bener-bener monster yaa.. Nggak kebayang gimana kencengnya..”

emots-198“Hohoho, itu belum semuanya loh!”

Gaming Center

Untuk mendukung dan lebih mengoptimalkan kekuatan hardware yang ada, ASUS juga membekali laptop andalannya ini dengan fitur Gaming Center.

Gaming center ASUS G752Gaming center adalah sebuah fitur khusus untuk dapat melakukan berbagai kustomisasi termasuk untuk mengatur profil tombol makro yang juga sudah disediakan khusus pada keyboardnya, mengoptimalkan penggunaan memory, mengaktifkan atau mematikan fungsi touchpad, memantau informasi sistem dan juga temperaturnya, hingga melakukan overclock pada CPU untuk memberikan performa yang lebih tinggi lagi.

emots-10“Ohh, jadi intinya kita bisa memantau sistem sekaligus menentukan setup yang pas untuk kebutuhan kita akan performa laptopnya, ya?”

emots-4“Yaps, bener banget! Melakukan setup dalam satu aplikasi, jadi lebih praktis deh!”

Kita bahkan juga bakal menemukan pengaturan audio serta mengubah profil layar untuk mengaktifkan fitur Eye Care yang berguna untuk mengurangi radiasi cahaya biru pada layar, sehingga dapat mengurangi efek mata cepat lelah saat harus menatap ke arah layar dalam waktu yang lama, khususnya bagi kita yang suka untuk bermain semalaman penuh.

emots-86“Wah, kayanya ASUS paham banget kalo gamer suka begadang! Hihihi..”

emots-160“Iya donk, produk khusus untuk gamer yaa jelas harus mengerti kebutuhan gamer!”

Kenyamanan

Seperti yang sudah ku sebutkan tadi, faktor kenyamanan ketika menggunakan laptop untuk bermain juga tak kalah pentingnya dibandingkan dengan urusan performa tinggi yang juga sudah mampu diberikan oleh ASUS ROG G752VS.

Keyboard

Dimulai dari bagian keyboard yang merupakan salah satu komponen penting untuk dapat mengontrol permainan. Ia sudah dilengkapi dengan backlit untuk mempermudah kita dalam melihat huruf-huruf pada tombol khususnya saat digunakan di malam hari atau di tempat gelap, mengingat para gamers pada umumnya lebih suka bermain di malam hari atau di ruangan yang agak gelap.

emots-42“Ah kalo soal backlit doang sih laptopku juga ada, Mas..”

emot-90“Eit, bentar dulu! Itu baru awalnya doang! Nih aku lanjutin yaa..”

Keyboard dari laptop spesialis gaming ini juga telah dilengkapi dengan fitur anti-ghosting, dan ASUS telah mendesainnya agar mampu memberikan kenyamanan khususnya dalam hal akurasi input, bahkan jika kita menekan hingga 30 tombol secara bersamaan! Dan kamu perlu tau bahwa laptop ASUS ROG series adalah seri laptop pertama di dunia yang mampu menahan “gempuran” sebanyak itu pada keyboard nya.

Apa Itu Anti GhostingLebih lanjut, keyboard dari laptop ini juga dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan dalam hal kontrol gaming. Hal itu terlihat dari desain tombol panah yang terisolasi alias dipisahkan dari tombol lainnya. Plus, tentu saja tombol numerik (numpad) pada keyboard juga telah disediakan di sebelah kanan keyboard untuk mempermudah kontrol pada saat memainkan game tertentu.

Dan sebagai tambahan, keyboard tersebut juga sudah mendukung fitur khas dari laptop ASUS ROG yakni tambahan 5 buah tombol makro (MacroKey) di bagian atas, plus satu tombol khusus untuk memudahkan kita ketika ingin merekam permainan atau bahkan melakukan live streaming tanpa harus repot berpindah tab. Kebetulan, laptop ini juga telah di bundling dengan Xsplit Game Caster Account yang bisa dipakai gratis seumur hidup, agar kita dapat merekam dan melakukan streaming permainan kita sesuka hati.

emot-63“Wih, kayanya emang di desain khusus untuk urusan game ya? Sampe keyboard nya aja spesial begitu!”

emots-160“Iya donk! Namanya aja ROG, alias Republic of Gamers! Jadi spesialisasinya memang untuk keperluan gaming!”

emots-62“Oh, itu toh kepanjangan dari ROG? Baru tau.. Etapi bentar, MacroKey yang disebut tadi itu fungsinya buat apa sih, Mas?”

emots-214“Oke, ku jelasin dikit yaa. Ehem, jadi gini…”

Buat kamu yang belum tau, tombol MacroKey yang terdapat pada keyboard dari laptop ASUS ROG ini bisa dibilang merupakan tombol shortcut yang bisa kita set sesuka hati kita, melalui aplikasi Gaming Center yang sudah kusebutkan diatas tadi.

Fungsi MacroKey pada ASUS ROGDisini, ada setidaknya 3 tipe shortcut yang bisa kita set pada masing-masing tombol makro alias MacroKey. Pertama, shortcut yang bakal menggantikan fungsi tombol yang lainnya, untuk mempermudah kita jika ingin menekan beberapa tombol sekaligus (seperti pada contoh gambar diatas).

Kedua, shortcut untuk Launch App, dimana dengan menekan salah satu MacroKey, maka laptop akan langsung membuka aplikasi yang sudah kita set sebelumnya. Lalu yang ketiga adalah shortcut untuk mengakses URL tertentu, sehingga kita bisa mengakses web tertentu dengan hanya sekali tekan saja.

Tuh asik, kan? Dan kurasa, tombol ini tak hanya bermanfaat untuk bermain game saja, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk urusan produktivitas! Apalagi, kita bisa menerapkan setting yang berbeda-beda pada tiap profile, sehingga satu tombol makro akan dapat menjalankan fungsi atau shortcut yang berbeda-beda, tergantung profile yang sedang digunakan.

Keunggulan keyboard laptop ASUS ROGPendingin

Seperti yang sudah kusebutkan diatas, laptop ini punya CPU dan GPU yang amat powerful, dan pada saat sesi gaming berlangsung, jelas kedua komponen utama ini bakal dipaksa untuk terus bekerja keras sehingga akan menghasilkan panas. Apalagi kalau kita melakukan setting untuk overclocking prosesornya, tentu panasnya akan makin menjadi-jadi.

Nah untuk mengimbangi performanya yang tinggi itu, brand raksasa komputer asal Taiwan ini juga memberikan perhatian khusus untuk urusan pembuangan panas agar dapat menambah kenyamanan ketika menggunakan laptop ASUS ROG G752VS. Ya jelas, percuma aja dong kalau punya performa tinggi, fitur lengkap, tapi ternyata nggak nyaman untuk dipakai karena tangan kita terkena panas berlebih dari body laptop?

Seperti yang dialami oleh om Firman (pada cerita diatas) yang cuma betah main di laptopnya selama 2 jam karena laptopnya jadi kepanasan, dan kalau sudah panas, performa dari laptopnya pun langsung menurun drastis.

Sistem pendinginan laptop ASUSFitur kipas ganda? Mungkin terdengar tak terlalu istimewa. Tapi tunggu dulu, laptop ini tak hanya bermodalkan kipas ganda saja, karena ia juga telah mengusung fitur thermal solution eksklusif yang hanya bisa ditemukan pada laptop ASUS ROG. Dan solusi pembuangan panas yang dimilikinya itu tak cuma satu loh, tapi dua sekaligus!

Yang pertama adalah Anti-dust thermal system, sebuah sistem pendingin yang memiliki pipa pembuang hawa panas yang dikelola secara efisien untuk kemudian dikeluarkan melalui ventilasi belakang. Sehingga, hawa panas tadi akan langsung menjauh dari komponen lain khususnya di bagian keyboard dan palm-rest, yang hasilnya adalah tempat kita meletakkan telapak tangan pada laptop tersebut akan selalu terjaga suhu nya.

Desain ASUS G752Sistem pendinginan ini juga akan mengarahkan debu untuk keluar dari sebuah saluran yang disebut dust-release tunnel, sehingga akan menjauhkan debu dari komponen internal, yang mana debu adalah musuh utama bagi sistem pendinginan karena dapat menyumbat aliran udara sehingga akan mengurangi efektifitasnya.

emots-207“Kalo kebanyakan debu nanti saluran udaranya mampet broh, jadi panasnya sulit dikeluarkan dan bakal menaikkan suhu dari keseluruhan body laptop itu sendiri..”

Dust release tunnelLalu ada juga fitur ekslusif dari laptop ROG lainnya yaitu 3D Vapor Chamber, yang dipadukan dengan pipa tembaga penghantar panas untuk memberikan sebuah sistem pendinginan yang sangat efektif dan efisien!

3D Vapor Chamber3D Vapor Chamber pada ROG G752VS diisi dengan cairan pendingin khusus yang saat mendapatkan panas, akan berubah menjadi gas. Lalu saat bersirkulasi dan didinginkan, ia akan kembali menjadi cairan yang kemudian akan terus menerus seperti itu untuk menghasilkan suhu yang stabil dan merata pada semua permukaan laptop karena ia mampu membuyarkan hawa panas yang dihasilkan oleh prosesor kelas tinggi yang digunakannya.

Perbandingan suhu laptopPERBANDINGAN SUHU PERMUKAAN LAPTOP

emot-30“Wih, serius tuh Mas? Pakai pendingin cair? Mirip seperti radiator gitu dong? Buset dah, canggih amat! Udah mirip mobil aja..”

emot-7“Wohoho, mantab kan? Sistem pendinginan laptop yang berada di next-level ini mampu membuat suhu GPU menjadi lebih dingin hingga 7 derajat celcius loh, jadi sangat memungkinkan bagi laptop ini untuk menggunakan GPU kelas tinggi karena mampu menjaga suhu pada batas aman, sehingga GPU dapat beroperasi dengan optimal.”

Dan yup, ini adalah salah satu fitur unggulan utama yang sekaligus juga menjadi alasan kuat soal kenapa gamers harus pakai ASUS ROG! Coba bayangin, kalau misalnya G752VS nggak punya sistem pendinginan sebaik ini, prosesor kelas tinggi yang dipakainya itu pasti nggak bakalan bisa bekerja optimal karena suhu yang terlalu tinggi saat digunakan bermain game, walhasil performanya pun bakal menurun!

emots-47“Eh bentar Mas, aku masih bingung nih.. Kenapa sih kok suhu tinggi bisa mempengaruhi performa? Emang apa hubungannya?”

emots-214“Jadi gini…”

Prosesor yang memberikan performa tinggi, biasanya suhunya akan naik lebih cepat, khususnya ketika digunakan untuk menjalankan tugas berat seperti pada saat bermain game. Nah kalau suhunya sudah diambang batas, maka ia akan secara otomatis menurunkan performanya demi menjaga suhu agar tetap dalam batas aman. Karena kalau dibiarkan yaa bisa-bisa meleleh atau terbakar!

Jadi, pendinginan yang optimal seperti yang dimiliki oleh jajaran laptop ASUS ROG, khususnya G752VS amat sangat penting peranannya karena bukan hanya akan memberikan kenyamanan ketika digunakan, tapi juga dapat menjaga performa, sekaligus juga memperpanjang masa pakai dari perangkat itu sendiri. Jadinya lebih awet deh!

emots-10“Ohh, gitu toh. Ternyata penting juga yaa..”

Pengaruh suhu terhadap performa laptopLayar

Nah sekarang, kita masuk ke bahasan soal layar nih. Tak hanya mengandalkan bentangnya yang lebar (17.3 inch), tapi layar dari ASUS ROG G752VS juga sudah didukung dengan resolusi super tajam yakni Ultra HD alias 4K (3840 x 2160 pixel)!

Bukan cuma bikin kita makin lega dalam melihat layar karena lebarnya, tapi gambar yang dihasilkan pun akan nampak lebih nyata berkat resolusi layarnya yang tajam itu!

Perbandingan resolusi layarAsiknya, layar tersebut juga mampu memberikan kontras dan akurasi warna yang tetap baik meskipun dilihat dari sudut pandang yang ekstrim karena ia sudah menggunakan panel IPS dengan sudut pandang super luas, yakni 178 derajat.

Masih kurang? Jangan lupakan fitur G-SYNC yang sudah ku sebut beberapa kali di bagian awal tulisan ini.

emots-47“Nah, iya! Dari tadi juga udah nungguin, Mas. Emangnya fitur G-SYNC tuh buat apa sih?”

Jadi, G-SYNC merupakan teknologi display terbaru yang gunanya adalah untuk mensinkronisasi antara refresh rate dari layar dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 1070 yang digunakan.

emots-102“Terus, efeknya apa, Mas?”

Nah, dengan adanya sinkronisasi yang baik ini, maka akan menghasilkan gambar yang utuh dan akan meminimalisir efek atau gejala stuttering dan tearing yang timbul akibat kurang sinkronnya GPU dengan refresh rate pada layar. Contohnya seperti ini :

Teknologi G-SYNC NVIDIADengan demikian, tampilan yang dihasilkan pada layar akan nampak tetap tajam dan terasa lebih smooth, khususnya ketika kita memainkan game 3D. Teknologi ini juga akan mengurangi gejala “macet” atau frame skip, alias “lag” saat kita melakukan input, sehingga ketika melakukan kontrol permainan pun akan terjaga responsifitasnya!

emots-159“Para pecinta game FPS pasti bakal demen nih sama fitur ini! Soalnya kalau inputnya kurang responsif, bisa-bisa ketembak musuh duluan karena kalah cepet!”

emot-63“Widih, mantep banget ya?! Udah prosesor kenceng, keyboard nyaman, layar juga lega, teknologinya canggih-canggih pula!”

emots-215“Hehe, sekarang sudah paham kan bedanya laptop ASUS ROG dengan laptop biasa pada umumnya?”

emots-43“Iya nih, duh jadi pengen punya juga deh…”

emots-165“Hahaha, makanya jangan heran kalau laptop ASUS ROG menjadi pilihan para juara, karena untuk bisa mendominasi permainan, tak hanya dibutuhkan skill, tapi kita juga perlu dukungan mesin yang mumpuni dan nyaman..”

Alasan memilih ASUS ROGOiya, hampir aja lupa. Untuk urusan audio, laptop ini juga sudah dibekali dengan teknologi Sonic Studio untuk dapat menghasilkan suara yang berkualitas dengan mengurangi kebisingan alias noise. Lalu sebagai pelengkap, telah disematkan pula fitur Sonic Radar yang di rancang khusus untuk game bergenre FPS dan bakal membantu kita untuk mendeteksi musuh berdasarkan suara yang dibuat oleh mereka.

Jadi ketika diaktifkan, di layar akan muncul sebuah radar yang akan mendeteksi suara, entah itu berdasarkan suara langkah kaki, suara tembakan atau efek suara lainnya. Dan radar ini akan menunjukkan atau mem-visualisasikan arah datangnya suara, sehingga kita bisa memperkirakan posisi musuh dengan lebih akurat!

emots-39“Widih, asik bener? Seriusan bisa begitu?”

emots-142“Ya bisa donk! Kalo nggak percaya, coba aja liat video demonya dibawah ini!”

Sebagai sentuhan akhir, ASUS juga telah merancang ROG G752VS dengan desain yang futuristik, berlapis titanuim serta memiliki sudut tegas yang menampilkan kesan agresif.

Soal konektivitas pun juga tak luput dari perhatian ASUS, dimana laptop ini tak hanya dilengkapi dengan konektivitas standar seperti USB, Jack Microphone, Headphone, RJ45 LAN, HDMI, mini Display port, dan SD card reader saja, tapi ia juga telah dilengkapi dengan Intel Thunderbolt 3 dengan USB 3.1 Type-C yang mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 40GB per detik.

emot-94“Ckckckckck… Bener-bener lengkap ya?! Nggak salah deh kalau gamers pilihnya ASUS ROG!”

Akhir Kata…

Skill dari pemain itu sendiri memang menjadi faktor penentu apakah ia bisa menang atau kalah dalam satu sesi permainan. Namun, gamers yang handal pun juga memerlukan sebuah mesin gaming yang tak hanya powerful, tapi juga nyaman ketika digunakan agar bisa mendominasi permainan.

Dan ASUS telah mewujudkannya dalam produk ROG yang mereka miliki, khususnya pada laptop G752VS. Dan berikut adalah spesifikasi lengkap dari ROG G752VS :

Spesifikasi lengkap ASUS G752VSHarga :

Rp 44.000.000 – Rp 59.699.000 (tergantung varian, sudah termasuk Mouse Gaming ROG, Headset ROG & Ransel ROG)

Referensi Tulisan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY