Home Otomotif Kenapa Aku Memilih Pertamax? Ini Dia Alasannya!

Kenapa Aku Memilih Pertamax? Ini Dia Alasannya!

0
SHARE

Kenapa Aku Memilih Pertamax? Ini Dia Alasannya! – Sore itu si Papa mampir buat nanyain beberapa hal soal hapenya. Lalu entah gimana awalnya, kita kok jadi malah bahas motor? Dan kemudian mulailah Papa menyebut soal Pertalite.

Coba Pertalite aja! Papa udah pake, harganya nggak beda jauh kok sama Premium.

Usut punya usut, ternyata memang beberapa minggu sebelum itu, Pertamina memang sudah memperkenalkan Pertalite sebagai bahan bakar berkualitas alternatif yang ditempatkan diantara Premium dan Pertamax, dimana Premium memiliki level RON 88, Pertamax dengan RON 92, sedangkan Pertalite memiliki RON 90.

“Emang bedanya apa sama Premium?” Ujarku, yang saat itu belum pernah memakai bahan bakar selain Premium untuk motor yang aku gunakan. Setelah mendengar penjelasan singkat dari Papa yang intinya bikin motor lebih bertenaga, aku pun langsung coba untuk menggunakan bahan bakar dari Pertamina yang konon perlahan nanti akan menggantikan Premium secara permanen itu. Belinya dimana? Yaa jelas di SPBU Pertamina doonk 😛

Kenapa memilih Pertamax PertaminaHasilnya? Wow, ternyata emang berasa beda! Tarikan motor jadi enteng, akselarasi pun makin oke! Wah ini aku demen banget nih! Kebetulan kan emang aku pecandu akselarasi! Ehehe…

Dan saat aku perhatikan, konsumsi bahan bakar dari motorku pun jadi makin irit. Jadi yaa kurasa sesuai banget lah dengan selisih harganya yang nggak beda jauh itu. Malah kurasa jadinya lebih untung! Karena nggak cuma bisa lebih irit konsumsi bahan bakar, tapi juga bisa meningkatkan performa kendaraan.

Tapi saat itu sepertinya Pertamina belum siap betul dengan lonjakan permintaan pasar akan bahan bakar Pertalite, karena suatu ketika aku sempat tak kebagian Pertalite karena sudah kehabisan dan akupun kemudian iseng untuk mencoba Pertamax, yang punya RON lebih tinggi lagi. Iya, aku malas untuk pakai Premium lagi karena rasanya motorku jadi nggak bisa lari! Hahahahah…

Kenapa pakai pertamaxDan bisa ditebak, ketika menggunakan Pertamax, performa motorku pun jadi terasa lebih baik lagi! Meskipun, ads satu hal sih yang agak mengganggu.

Jadi sepeda motor yang biasa ku gunakan untuk keseharian itu adalah Honda Supra X 125 yang masih menggunakan karburator (bukan injection). Saat masih memakai Premium dan Pertalite, motor ini hanya perlu “dipanasi” sebentar, lalu kemudian bisa diajak untuk ngebut. Nah saat pakai Pertamax, motor ini seakan ngadat banget jika tak cukup lama dipanasi.

Apa mungkin setelan gas dan udaranya harus diatur ulang ya, supaya sesuai? Soalnya kan kalo menurut logika ku, Pertamax ini harusnya lebih mudah terbakar dan menghasilkan “pembakaran” yang lebih besar kalau dibandingkan dengan Premium (yang kemudian akan mempengaruhi tenaga mesin), sehingga kebutuhan akan udara di ruang pembakaran pun akan berbeda.

Jadi menurut perkiraanku itu, motor ini agak ngadat di awal karena yaa itu tadi, bukaan gas dan suplai udara yang masuk nggak sesuai, jadi pembakarannya pun kurang sempurna. Tapi itu menurut perkiraanku aja loh, dan please note that aku bukan montir atau seseorang yang paham betul soal mesin. Jadi yaa masih ada kemungkinan besar bahwa perkiraan diatas itu salah (banget). Buat yang penasaran, mungkin bisa coba tanya sama yang ahli di bidangnya 😀

Tapi meski demikian, saat ini aku sudah nyaman menggunakan Pertamax sebagai bahan bakar untuk kendaraanku. Karena apa?

Alasan pakai pertamaxPertama, karena tenaga yang dihasilkan mesin jadi lebih oke. Apa pentingnya? Yaa jelas penting dong buat aku! Aku kan penikmat akselarasi! Lagipula kalau tenaga lebih gede tuh jadi lebih enak kalau dipakai perjalanan jauh karena tarikannnya enteng, di jalan tanjakan masih berasa kuat, plus jarak tempuhnya pun lebih jauh.

Oiya, setauku Pertamax ini nggak di subsidi oleh pemerintah kan ya? Nah karena itu aku jadi nggak terlalu membebani negara deh, khususnya ketika aku sedang jalan-jalan jauh. Hihihi 😀

Nah itulah beberapa alasan kenapa aku lebih memilih Pertamax untuk kendaraanku, sebuah bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan dari Pertamina. Jadi, kamu udah pakai Pertamax belum?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here