Home Otomotif Kenapa Aku Memilih Untuk Mengisi Bensin Full Tank?

Kenapa Aku Memilih Untuk Mengisi Bensin Full Tank?

0
SHARE

Kenapa Aku Memilih Untuk Mengisi Bensin Full Tank? – Entah sejak kapan kebiasaan ini aku mulai, tapi kurasa ini adalah sebuah kebiasaan yang menurutku baik.

Jadi dulu itu waktu masih sekolah, aku sering nodong temen yang bawa motor untuk minta anter pulang kerumah. Aku perhatikan, ketika akan mengisi bensin alias bahan bakar, rata-rata dari mereka ini lebih memilih untuk mengisi sebagian kecil dari kapasitas tangki bahan bakar di motornya. Biar irit, katanya.

Kenapa memilih Pertamax PertaminaTak jarang pula yang lebih memilih untuk membeli bensin eceran karena malas mengantri di SPBU Pertamina, itupun ngisinya cuma satu botol aja. Dan kemudian kebiasaan dari teman-temanku ini pun aku ikuti setelah punya sepeda motor sendiri. Tapi tak lama setelahnya akupun mulai berpikir : kalo isinya dikit-dikit begini apa nggak makin boros ya?

Seketika itu pula kemudian aku memutuskan untuk terus mengisi penuh tangki BBM di kendaraanku karena aku merasa, dengan demikian aku bisa cukup banyak berhemat. Iya, bisa lebih hemat! Beneran deh! Kok bisa lebih hemat? Oke, jadi gini ya sodara-sodara……

Hemat disini bukan cuma perkara hemat uang atau hemat bahan bakarnya itu sendiri, tapi ada hal lain yang bisa dihemat sehingga bisa menjadi pertimbangan yang kuat. Nah, berikut adalah dua alasan utama kenapa aku lebih memilih untuk mengisi penuh tangki BBM kendaraanku tiap kali harus diisi:

1. Hemat Bahan Bakar

Kok bisa jadi hemat bahan bakar? Jadi gini, coba kamu bayangin dulu deh. Misal kamu mau berangkat ke rumah temanmu, dimana kamu harus menempuh jalan lurus ke utara sejauh 5 kilometer. Tapi ternyata, bahan bakar di kendaraanmu tak cukup untuk menempuh jarak sejauh itu, sehingga kamu perlu untuk mengisinya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk dapat menjangkau SPBU terdekat, kamu harus berjalan ke arah selatan yang berjarak 500 meter. Jadi kalau di total, kamu harus menempuh jarak 6 kilometer untuk dapat sampai ke rumah temanmu (5km + (500m x 2)). Jadi kamu membuang jarak tempuh 1 kilometer untuk sekali perjalanan itu. Sedikit? Iya, tapi coba kalo kamu harus sering-sering isi bensin gara-gara kamu ngisinya cuma sedikit-sedikit. Apa jadinya nggak banyak tuh bahan bakar yang terbuang percuma?

Di kalikan 5 kali isi aja, udah setara dengan jarak dari rumahmu ke tumah temanmu. Dan itu lumayan banget loh! Nah kalo kamu mengisi bahan bakar sampai full tank, kamu jadi bisa bolak-balik beberapa kali ke rumah temanmu itu, sebelum kamu harus mengisi BBM kendaraanmu kembali. Sehingga, bahan bakar yang harus terbuang untuk menuju ke SPBU terdekat jadi bisa di minimalisir.

2. Hemat Waktu

Yang ini juga tak kalah penting, khususnya bagi aku yang super sibuk. Coba kamu hitung, berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menuju ke SPBU jika ternyata letaknya tak searah dengan tujuanmu?

Plus, coba hitung lagi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengantri di SPBU tersebut? Lumayan coy, apalagi kalo antrinya puanjang, dan kebetulan pas lagi cuanya puanas. Apa nggak capek? Dih, aku sih males yaa. Jadi aku memilih untuk mengisi penuh tangki BBM di kendaraanku karena untuk menghindari keseringan mengantri seperti itu. Nggak cuma hemat waktu sih sebenernya, tapi hemat tenaga kita juga.

Oiya, masih soal menghemat waktu. Aku juga sekarang lebih memilih untuk menggunakan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan dari Pertamina yakni Pertamax atau Pertalite supaya jarak tempuh kendaraanku jadi makin jauh. Iya, makin jauh jarak tempuh yang bisa dicapai, maka akupun jadi makin jarang untuk harus mengisi ulang bensin di kendaraanku. Tapi kalo ini sih opsional aja yaa.

Aku juga mempertimbangkan soal keluaran tenaga yang dihasilkan ketika menggunakan bahan bakar tersebut, makanya aku lebih prefer pakai Pertamax atau Pertalite.

Oke, itulah dua alasan utama kenapa aku lebih memilih untuk mengisi BBM hingga full tank di setiap kali harus mengantri di SPBU. Jadi, kamu mau ikutin langkahku juga gak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here