ASUS Zenpad C 7.0, Tablet Memukau Harga Terjangkau

ASUS Zenpad C 7.0, Tablet Memukau Harga Terjangkau

1
SHARE

ASUS Zenpad C 7.0, Tablet Memukau Harga Terjangkau – Jujur aja, sebelum membeli sesuatu, kebanyakan dari kita pasti bakal mempertimbangkan 3 kriteria penting, khususnya untuk urusan memilih gadget. 3 kriteria yang dimaksud itu adalah soal harga (semurah mungkin), performa (sebagus mungkin) dan gaya (desain). Iya kan? Udah gausah malu-malu, aku juga begitu kok 😛

Emang sih, kalo kita nyari gadget yang sesuai dengan ketiga kriteria tadi tuh agak sulit ya, karena rata-rata produk gadget yang harganya murah itu performanya pas-pasan, atau desainnya kurang menarik. Dan kalo mau yang performanya oke dan desain bagus, biasanya harganya nggak murah. Nahloh, bingung kan? Iya, sama (-___-“)

Sejak pertama kali punya smartphone beberapa tahun lalu, aku seakan nggak bisa jauh-jauh dari yang namanya gadget. Hampir kemanapun aku pergi, aku selalu bawa perangkat canggih itu. Dan ngomong-ngomong soal gadget, kebetulan sekarang ini aku lagi ngelirik satu jenis gadget berlayar besar yaitu tablet buat melengkapi koleksi gadgetku sekaligus untuk menggantikan tabletku yang hilang beberapa waktu lalu. Etapi ini bukan sekedar buat dikoleksi aja loh yaa, tapi memang aku perlu tablet untuk beberapa urusan yang kurang nyaman dilakukan di gadget lain seperti smartphone ataupun laptop.

Punya Tablet Buat Apa Sih?

Beberapa dari kamu mungkin bakal bertanya : “Emangnya tablet tuh buat apa sih?”. Iya, dulu aku juga berpikir seperti itu kok. Tapi setelah aku coba beli, ternyata memang device yang satu ini bermanfaat banget untuk mendukung beberapa aktivitasku seperti misalnya untuk blogging on the go, untuk browsing buat cari referensi, edit foto singkat untuk di posting di blog & socmed, atau mungkin sekedar untuk membuka social media. Menurutku, setidaknya ada 3 kelebihan yang menjadi alasan mengapa menggunakan tablet lebih nyaman :

  • Lebih mudah dilihat ketika berada di luar ruangan karena memiliki layar yang besar
  • Lebih mudah dibawa meskipun memiliki layar yang besar
  • Navigasi lebih mudah ketika dibawa berpergian berkat layar sentuh nya

Tuh, gimana? Kamu jadi tertarik untuk punya tablet juga? Kebetulan, beberapa waktu lalu aku mengetahui bahwa ASUS telah menghadirkan ZenPad, jajaran produk tablet Android terbaru yang mereka miliki. Kebetulan (lagi) aku juga sudah lama mengenal dan menggunakan brand ini di beberapa gadgetku, mulai dari laptop, smartphone, powerbank dan bahkan tabletku yang hilang kemarin itu pun juga merk ASUS, jadi aku cukup antusias ketika mengetahui kabar tersebut. Yaa siapa tau aja cocok seperti apa yang aku inginkan.

Aku yakin, kamu juga pasti penasaran kan soal gadget yang satu ini? Yakan yakan? Pokoknya harus iya! *maksa*. Kalo iya, kamu gak perlu kemana-mana lagi karena disini aku juga bakal ngebahas beberapa hal penting yang harus kamu tau soal ASUS ZenPad. ZenPad sendiri punya beberapa varian yang membedakan dari sisi spesifikasi, dan karena disini aku menginginkan gadget dengan harga yang ramah di kantong, maka aku akan melirik tipe ZenPad C 7.0.

ASUS ZenPad C 7.0

Dari yang aku liat di awal sih desain dari tablet dengan bentang layar 7 inch ini lumayan oke, khususnya untuk desain cover belakangnya. Jadi di bagian belakang ini punya tekstur agak kasar untuk memberikan grip (cengkraman) yang lebih baik ketika dipegang, biar gak licin gitu. Tekstur ini juga memberikan kesan elegan loh! Gapercaya? Nih liat sendiri aja..

Tuh, tjakep kan! Apalagi pilihan warnanya juga keren-keren. Ada warna putih, merah, hitam, dan juga aurora metalic. Tablet ini keliatan beda banget dari tablet lain yang sudah beredar di pasaran, keliatan lebih “fresh” aja gitu. Stylish pake banget! Oke, soal desain udah masuk kriteria nih! Tapi meskipun demen sama desainnya, soal performa dan spesifikasi juga gaboleh lepas dari perhatianku donk! Tenang jangan cemburu dulu, aku juga masih tetep perhatian sama kamu kok :3

Menurut sumber yang aku baca, ASUS ZenPad C 7.0 ini sudah dibekali dengan prosesor Intel Atom X3-C3230 Quad-core 1.2 GHz 64-bit plus RAM 1 GB dengan menggunakan sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop serta menggunakan user interface khas ASUS yakni ZenUI.

Sepengalamanku sih memang gadget yang pake prosesor Intel itu lebih responsif. Tabletku yang kemarin hilang itu aja prosesornya “cuma” Intel Atom dual-core 1.2 GHz 32-bit plus RAM 1 GB, dan itu aja udah lumayan banget dipake buat multitasking seperti browsing, buka socmed dan juga sekaligus balesin chattingan dari customer toko online ku *yah ketauan deh kalo dulu aku mantan sista-sista OL Shop*. Apalagi yang ini, yang udah quad-core 64-bit! Aku yakin pasti lebih oke lagi nih!

Jadi memang prosesor dengan 4 inti (quad-core) ini jelas lebih baik dibandingkan dengan prosesor 2 inti (dual-core) khususnya untuk urusan multitasking dan juga perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Dan jelas, ini berguna banget khususnya buat aku yang suka ber-multitasking-ria. Meskipun menawarkan performa yang tinggi, namun Intel Atom X3-C3230 ini memiliki konsumsi daya yang rendah loh, jadi tetep hemat energi.

ZenUI

Oiya, tadi aku sempat singgung soal ZenUI kan diatas? Nah disini aku juga bakal kasih sedikit penjelasan nih soal user interface dari ASUS untuk gadget Android nya ini. Jadi ZenUI ini menawarkan tampilan yang lebih elegan sehingga nampak sedap dipandang. Bukan cuma tampilan aja, tetapi ZenUI juga menawarkan beberapa penambahan fitur serta aplikasi yang gak dimiliki oleh UI asli dari Android seperti misalnya ZenMotion, SuperNote, QuickMemo, Do It Later, Share Link, Remote Link, PC Link, dan masih banyak lagi.

Menurut pengalamanku yang sudah menggunakan ZenUI di beberapa perangkat seperti smartphone dan juga tablet, fitur serta aplikasi bawaan dari ZenUI ini memang kebanyakan lebih ditujukan untuk urusan produktivitas dan akupun sering memanfaatkannya dalam aktivitas keseharianku. Contohnya aja SuperNote, dimana kita bisa membuat catatan bukan dalam bentuk tulisan sederhana aja, tapi juga gambar atau dengan template-template catatan yang bisa kita pilih seperti memo, ceklis, atau pengingat jadwal tertentu. Cocok banget buat mereka yang punya banyak ide tapi pelupa seperti aku. Hihihi 😛

Atau mungkin aplikasi Do It Later yang juga sering aku manfaatin sebagai pengingat. Jadi aplikasi ini tuh penting banget buat aku, misalnya nih kalo ada salah satu orang di twitter yang membagikan link yang aku anggep menarik, aku bisa simpen tweet dari orang itu di aplikasi Do It Later lengkap dengan link nya supaya aku bisa baca di lain waktu. Setelah ada waktu senggang, baru deh aku buka aplikasi ini buat ngebaca semua yang tadi aku simpen.

QuickMemo juga gak kalah penting buat aku, karena aplikasi sederhana ini sering kali aku pake untuk mengingatkan sesuatu yang sepele tapi penting. Yang membuat aplikasi ini menjadi keren adalah ia dapat ditampilkan secara floating di semua halaman seperti pada gambar dibawah ini. Jadi tiap kali kita menatap ke arah layar, kita bakal selalu disajikan dengan pengingat yang satu ini. Ngerasa terlalu menghalangi pandangan? Tenang, QuickMemo juga bisa di minimize kok! Tinggal geser aja ke arah kiri atau kanan layar aja!

Terus ada ZenLink yang terdiri dari PC Link, Share Link, Remote Link dan Party Link. Kegunaan dari semua apps ini pada dasarnya adalah untuk memudahkan “koneksi” antara perangkat kita dengan perangkat lainnya, seperti misalnya Remote Link yang memungkinkan kita untuk mengendalikan laptop melalui tablet via Wi-Fi atau bluetooth, Share Link yang bisa digunakan untuk transfer data super cepat antar perangkat tanpa kabel, atau PC Link yang memungkinkan kita untuk melakukan sinkronisasi (semacam screen mirroring gitu) via Wi-Fi sehingga kita bisa melihat konten apapun dalam tablet melalui layar komputer. PC Link ini bakal terasa banget manfaatnya ketika tablet sedang di cas, jadi kita gak perlu bolak-balik ngambil tablet buat liat notifikasi yang masuk.

Untuk Keseharian

Jelas donk, fitur-fitur yang dibawa oleh ASUS ZenPad itu cocok untuk kebutuhan sehari-hariku. Aku yang suka multitasking terbantu dengan prosesor Intel Atom Quad-core plus RAM 1 GB nya, aku yang pelupa namun banyak ide juga terbantu dengan berbagai aplikasi catatan yang dimilikinya, plus desainnya yang ciamik pastinya gak bakal malu-maluin buat dibawa kemana-mana.

Iya, aku ini kan blogger, horang sibuk yang meskipun lagi hangout tapi kadang tetep harus balesin komentar di blog, balesin email dari pembaca, balesin chattingan mantan atau balesin email dari klien. Layar 7 inch nya itu pasti bakal bikin nyaman juga buat ngeblog di tempat nongkrong, jadi gak perlu nenteng laptop kemana-mana. Eh tapi emang bisa ngeblog pake tablet? Ya jelas bisa donk! Aku aja udah sering kok ngeblog pake hape, kaya gini nih :

Tuh, percaya kan? Pake hape aja bisa, apalagi pake tablet? Lebih lega donk pastinya! Oia, hape sama powerbank nya itu merk ASUS juga loh, Zenfone 2 dan ZenPower. Klik aja link nya kalo kamu mau tau soal pengalamanku pake kedua perangkat itu.

Harganya?

Nah ini yang jadi persoalan. Performa dan fitur sih oke, desainnya juga gak malu-maluin, tapi kalo harganya gak cocok di kantong kan jadi kek “demen ama cewek tapi gak berani nembak”, cuma bisa mewek doank 🙁

Dan setelah memberanikan diri buat ngintip harga dari ASUS ZenPad C 7.0 ini.. Wah ternyata nggak mahal sob! Harga resminya masih dibawah 2 jutaan, tepatnya di kisaran 1.8 jutaan aja! Cakep nih! Gimana gak cakep coba? Performa oke, fitur banyak, desain keren plus harga ramah di kantong pula! Jadi, gimana menurutmu? Kalo aku sih iyes! 😀

Akhir kata . . .

Rasanya memang ASUS ZenPad C 7.0 ini cocok buat melengkapi koleksi gadgetku sekaligus juga menggantikan tabletku yang hilang itu. Spesifikasi oke, fitur banyak, desain keren, plus harga terjangkau pastinya bakal worth to buy banget! Lebih hemat, tapi tetep bermanfaat dan gak malu-maluin kalo dibawa kemana-mana. Mungkin ini juga bakal cocok buat kamu yang kebetulan lagi nyari tablet. Dan kalo penasaran sama fitur-fitur lain yang dimiliki si tablet cakep ini, langsung aja mampir ke website resmi ASUS.

Oke, sekian dulu deh dari aku. Sampai jumpa di posting berikutnya! 😀

1 COMMENT

  1. Aw, this was a really good post. Taking a few minutes and actual effort to generate a great arc€tleâÂi¦ but what can I say… I put things off a whole lot and never seem to get nearly anything done.

LEAVE A REPLY