Aku, Jomblo Dan Teknologi #GoForIt

Aku, Jomblo Dan Teknologi #GoForIt

0
SHARE

Aku, Jomblo Dan Teknologi #GoForIt – Masih segar di ingatanku, percakapan semalam di grup WhatsApp yang mulanya membahas soal dunia blog hingga kemudian beralih ke pembahasan soal jomblo. Aku juga masih ingat saat mas Irwin, salah satu anggota di grup itu menuliskan sebuah kata sederhana namun tak bermakna ini :

“Jangan ngaku jomblo kalo belum punya pacar”

Kebetulan malam itu adalah malam minggu* hari sabtu malam yang mana hampir bisa dipastikan mereka yang online pada malam itu adalah jomblo, termasuk aku. Sisanya? Mungkin jomblo juga, cuman lagi pencitraan aja pura-pura gak online biar disangka malem mingguan.

*Bagi jomblo, malam minggu hanyalah mitos. Yang benar adanya adalah sabtu malam

Mungkin semua orang sudah tau bahwa aku ini sudah lama menjomblo. Beberapa teman bahkan pernah berusaha “menjodohkan” aku dengan kenalannya. Aku juga punya beberapa teman gadis yang cukup dekat denganku, namun aku tetap lebih memilih untuk jomblo. Kenapa? Karena mereka selalu saja menolakku. Sedih ya? Hehe, nggak donk. Nggak salah lagi, maksudnya.

Well, meskipun sempat sedih di awal, namun setelah beberapa tahun akhirnya aku mulai terbiasa dengan ke-jombloan ini. Bahkan aku mulai bersyukur dan bahagia. Jomblo membuatku merasa bebas, kemanapun aku ingin pergi aku tidak perlu meminta persetujuan pacar. Dan dengan siapapun aku pergi, aku tidak perlu khawatir jika nanti akan ada yang cemburu. So, it’s not really that bad, right?

Apalagi dengan jomblo aku bisa lebih berfokus untuk meraih apa yang aku inginkan, seperti misalnya membangun usaha kecil-kecilanku tanpa harus pusing memikirkan cara untuk menghadapi pacar yang sering ngambek. Dan terima kasih juga untuk teknologi yang telah membantuku dalam banyak hal, termasuk membantuku menjadi seorang jomblo yang lebih bermanfaat dibandingkan jomblo pada umumnya.

Maksud dari jomblo bermanfaat disini adalah seorang jomblo yang mampu memanfaatkan keadaannya untuk berubah menjadi lebih baik, dan bukan sekedar jomblo yang meng-galau pada tiap malam minggu sabtu malam tiba hanya karena tidak punya pacar. Yup, aku memanfaatkan ke-jombloanku ini untuk bisa berkarya lebih baik yang mana dalam pelaksanaannya aku sangat terbantu oleh teknologi, khususnya internet.

Dari internet, aku mempelajari banyak hal. Dari internet, aku dapat melihat dunia lebih luas dari apa yang bisa aku lihat. Dari internet pula, aku mulai mengenal dan belajar untuk membuat blog. Siapa sangka, ketertarikanku akan dunia teknologi yang aku tuliskan di salah satu blog yang aku miliki dapat memberikan pemasukan tambahan bagiku. Lumayan, buat modal piknik. Hehehe..

Eits, jomblo itu juga manusia loh, jadi butuh piknik juga! Meskipun jomblo, aku tak pernah sendirian tiap kali aku pergi untuk piknik karena aku selalu ditemani oleh teknologi yang setia menemaniku hampir kemanapun aku pergi. Ya, aku dan teknologi sudah seperti.. Singkong dan keju. Meskipun berbeda, tetapi rasanya enak. Nggak nyambung ya? Yauda sih, biarin aja. Yang penting singkong keju itu enak! Asal singkongnya digoreng dulu.

Jujur saja, ketika aku bepergian aku juga sering mengandalkan teknologi karena aku ini tipe orang yang “tau jalannya tapi gak tau namanya, atau tau nama jalannya tapi lupa tempatnya dimana”. Apalagi aku ini bukan orang yang pintar membaca arah mata angin. Jadi jika ada breaking news yang menyebutkan bahwa aku sedang tersasar, itu bukanlah hal yang mengherankan lagi. Untunglah teknologi macam smartphone sudah semakin modern dan memiliki banyak fitur termasuk fitur navigasi, sehingga dapat dijadikan andalan oleh si tukang nyasar seperti aku. Tentu saja, harus dipadukan dengan koneksi internet yang cepat.

Meski mungkin teknologi ini tak bisa menolong kita yang terjebak di masa lalu, namun tetap sangat berguna bagi kita yang tersesat dan tak tau arah jalan pulang agar tak sampai tenggelam dalam lautan luka dalam. Eh, kok keknya pernah denger ya kata-kata itu? Iya, itu adalah beberapa kutipan syair dari lagu yang cukup terkenal berjudul “Butiran debu” dimana aku yakin memang si pencipta lagu ini juga sering nyasar seperti aku, makanya dia bikin lagu begituan. Mungkin dia butuh koneksi internet cepat juga, supaya gak nyasar lagi. Iya, mungkin..

Harus diakui, di era modern ini kita memang sangat membutuhkan koneksi internet cepat untuk menunjang segala aktivitas keseharian kita. Kenapa? Karena dengan koneksi yang cepat tentu kita dapat melakukan segala aktivitas dengan lebih cepat dan mudah. Contohnya? Mencari informasi untuk sumber referensi di internet. Sekarang coba kamu perhatikan orang di sekelilingmu. Ketika ingin mengetahui informasi tertentu entah itu hal penting atau gak penting, kebanyakan dari mereka pasti bakal membuka internet untuk mencari tau.

Faktanya, pengguna internet di Indonesia sendiri sudah mendekati angka 100 juta jiwa di tahun 2014 lalu. Jumlah ini gak sedikit loohh. Artinya, sebagian besar masyarakat kita sudah melek internet. Apalagi informasi yang beredar di internet itu amat sangat beragam. Jadi, apakah koneksi cepat itu penting? Jelas iya!

Dengan koneksi yang cepat, pastinya loading website juga akan lebih singkat pula sehingga dapat meminimalisir waktu yang terbuang percuma hanya gara-gara menunggu loading. Kita pun jadi bisa mencari lebih banyak sumber referensi yang kemudian bisa kita kumpulkan dan simpulkan sebagai ilmu tambahan. Bukan cuma referensi soal strategi bisnis saja, tetapi juga referensi lain misalnya seperti informasi tentang tempat wisata, tempat makan, atau mungkin tips agar bisa move on dari mantan. Iya, yang terakhir itu beneran ada kok di internet, coba aja kamu cari sekarang.

Tapi rasanya percuma juga jika koneksi cepat itu tidak didukung dengan cakupan wilayah yang luas, mengingat saat ini kita hidup di era yang serba mobile. Sayang banget lah ya kalau begitu. Ibarat kata kalau internet cepat tanpa jangkauan luas itu bagaikan sayur tanpa garam, basi!

Loh kok basi? Harusnya kan hambar, Mas?

Iya, karena sayurnya hambar itu tadi jadi gak ada yang mau makan, terus sayurnya jadi basi deh *kemudian ditimpuk pake sayur hambar*..

Untungnya sekarang sudah ada Smartfren 4G LTE Advanced. Nahloh apaan lagi tuh? Jadi Smartfren 4G LTE Advance itu merupakan salah satu service yang ditawarkan oleh Smartfren, yang memungkinkan kita sebagai pengguna internet untuk menikmati layanan internet 4G yang lebih optimal dengan bandwith yang lebih besar serta cakupan wilayah yang lebih luas. Gak percaya? Coba aja cek di peta coverage area 4G smartfren.

Cakupan yang luas ini pastinya akan membuat koneksi jadi lebih stabil, gak seperti mantan kamu yang labil itu. Cocok banget buat yang suka kerja sambil keluyuran atau keluyuran sambil kerja seperti misalnya blogger atau mungkin profesi sebagai sista-sista toko online yang belakangan mulai bertebaran dimana-mana. Membalas chat dari customer, download / upload foto attachment, semuanya bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Apalagi bagi blogger sepertiku, koneksi internet yang cepat dan stabil adalah hal yang paling utama. Karena tanpanya, aku akan dibuat kesulitan untuk mencari sumber referensi berupa tulisan atau video di youtube sebagai bahan untuk postingan khususnya jika aku diminta klien untuk membuat sebuah artikel yang sama sekali belum aku kuasai topiknya. Pastinya itu akan menghambat proses kerja dan juga membuang waktu.

Tuh, ngeri gak tuh efek yang bisa ditimbulkan kalo koneksi gak stabil? Sayang banget kan kalo gadget sampe pecah cuma gara-gara internet labil? Hal itu juga sekaligus menegaskan kembali bahwa memang internet cepat dan stabil itu penting! Bukan hanya untuk menunjang pekerjaan tetapi juga untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan belanja aja sekarang sudah pakai media online, kan?

Akhir kata..

Jadi memang peranan koneksi internet yang cepat sangatlah penting agar kita dapat memaksimalkan potensi dari berbagai macam teknologi yang ada di sekitar kita, khususnya gadget macam smartphone atau tablet yang sering kali kita gunakan. Dengan memanfaatkan potensi yang ada tersebut, kita jadi dapat bekerja lebih cepat, berkarya lebih baik atau bahkan mungkin dapat berbagi lebih banyak hal karena waktu yang dibutuhkan untuk loading menjadi makin singkat. Dan khusus buat yang jomblo, kita harus pintar-pintar memanfaatkan teknologi yang ada agar kita dapat menjadi seorang jomblo yang bermartabat dan bermanfaat! #Tssaaahh #hasek

Ciptakan peluang yang lebih baik dengan teknologi. Lihat melebihi apa yang bisa kamu lihat, lakukan lebih dari apa yang bisa kamu lakukan. #GoForIt !

Referensi : http://tekno.liputan6.com/read/2197413/jumlah-pengguna-internet-indonesia-capai-881-juta

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY