Home Contest Smartphone Untuk Anak? Acer Liquid Z320 Bisa Jadi Pilihan!

Smartphone Untuk Anak? Acer Liquid Z320 Bisa Jadi Pilihan!

0
SHARE

Smartphone Untuk Anak? Acer Liquid Z320 Bisa Jadi Pilihan! – Hayo siapa disini yang termasuk anak #Generasi90an? Ayo ngacung! Beruntunglah kita yang termasuk dalam generasi 90’an karena masa kecil kita penuh dengan kreatifitas, imajinasi dan amat sangat aktif ketika berinteraksi secara fisik dengan teman main.

Orangtua pun juga tak perlu terlalu was-was akan bahaya teknologi khususnya gadget karena memang saat itu belum ada gadget secanggih sekarang. Iya, pesatnya perkembangan teknologi sudah banyak sekali menghasilkan gadget-gadget canggih, yang kini seakan menjadi momok bagi para orangtua.

Hemm, sebegitu mengerikan, kah?

Teknologi yang ada mampu menyajikan berbagai konten secara luas dan bebas melalui internet yang bisa diakses menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone, sehingga membuat para orang tuaharus berpikir beberapa kali sebelum memutuskan untuk memberikan smartphone kepada sang buah hati. Tidak heran, orangtua tentu tak ingin anaknya memiliki perilaku negatif akibat melihat atau membaca konten-konten yang belum saatnya dilihat oleh sang anak, yang dengan mudah bisa di dapatkan hanya dengan menggunakan smartphone.

Seperti yang kita tau, rasa penasaran dari anak sangatlah besar. Sedikit saja mereka mengetahui hal yang baru, pasti akan muncul perasaan ingin tau lebih lanjut. Celakanya, teknologi internet yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone dapat memberikan hampir segala informasi yang diinginkan oleh si pengakses, dan sayangnya tidak semua konten yang tersaji disana merupakan hal-hal yang positif serta hampir tidak ada filter untuk membatasi akses tersebut sehingga anak sangat rentan untuk terpapar oleh hal-hal yang semestinya belum saatnya untuk dilihat.

Di sisi lain, terkadang sang anak memerlukan sebuah perangkat smartphone untuk beberapa alasan, kebutuhan untuk komunikasi dengan orangtua atau teman misalnya. Smartphone juga dianggap sebagai gadget yang praktis karena tak hanya berperan sebagai alat komunikasi, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana hiburan bagi si kecil. Tak jarang pula anak membutuhkan gadget untuk mencari sumber-sumber referensi, misalnya dari wikipedia sebagai bahan untuk belajar.

Ya, teknologi yang ada saat ini bisa diibaratkan seperti api dalam kehidupan. Ia bisa sangat bermanfaat dan menjadi teman jika digunakan secara bijak, namun di sisi lain ia juga bisa menjadi sebuah bencana atau musuh ketika kita tak mampu mengontrolnya. Melarang si kecil untuk membawa gadget pun rasanya bukan pilihan yang bijak karena dapat menghalangi sang anak untuk mengakrabkan diri dengan teknologi.

Apalagi biasanya si anak akan semakin penasaran jika diberi larangan dengan kata “jangan” dan kadang bukan malah dijauhi, tetapi malah ingin mencari tau kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan.

“Kamu jangan kayak gini ya…” “Kamu jangan kayak gitu ya…” “Kamu gak boleh liat ini ya…” “Kamu gak boleh nonton itu ya…”

Hemm, posisinya jadi serba salah yaa… Lalu, apa yang harus dilakukan untuk melindungi anak dari bahaya teknologi yang ada pada sebuah smartphone? Menurutku, orangtua bisa mengarahkan anak secara halus tanpa terkesan melarangnya dengan menggunakan kata “mendingan..”, “lebih baik…” atau kata ajakan lainnya. Bukan hanya untuk urusan teknologi saja, tapi juga untuk hampir semua hal.

“Adek, lebih baik kita nonton kartun aja yuk!” “Daripada mainan ini, mendingan kita main mobil-mobilan yuk!”

Tapi tetap saja, sang anak masih belum aman dari bahaya teknologi karena terkadang, ada saat dimana kita terpaksa memberikan smartphone kepada anak untuk keperluan tertentu, seperti halnya yang sudah ku tuliskan diatas. Jawaban untuk meminimalisir resiko tersebut adalah soal bagaimana kita mengontrol dan membatasi si anak ketika menggunakan smartphone. Tapi rasanya akan sedikit sulit untuk mengawasi anak setiap saat, mengingat orangtua pun sering kali harus disibukkan dengan urusannya sendiri. Solusinya? Hemm, mungkin kita harus mengendalikan kekuatan besar teknologi, dengan “teknologi” juga.

Fitur Kids Center di Smartphone Acer Bisa Menjadi Solusi

Ya, kekhawatiran soal bahaya teknologi bagi anak nampaknya telah dijawab oleh Acer dengan fitur Kids Center yang terdapat pada produk smartphone Acer Liquid Z320 nya. Fitur ini memungkinkan para orangtua untuk dapat membatasi penggunaan smartphone oleh anak.

Kidz Center sangat bermanfaat bagi orangtua untuk mengontrol penggunaan smartphone pada anak. Kita dapat membatasi aplikasi dan konten apa saja yang boleh di akses, pembatasan akses data untuk mencegah anak membuka situs yang tidak sesuai dengan usia anak, dan juga mengatur pengamanan untuk mencegah si anak agar tidak bisa mengunduh konten dewasa ataupun membeli aplikasi baru tanpa seizin orangtua.

Hebatnya lagi, terdapat pula fitur parental control yang berguna untuk memantau aktivitas internet yang dilakukan oleh anak, sehingga bisa membantu pengawasan orangtua terhadap anak ketika sedang asik menggunakan fitur internet di smartphone. Fitur-fitur pencegahan seperti ini tentu saja dapat membuat orangtua jadi lebih tenang untuk memberikan smartphone kepada anak, dan kekhawatiran akan bahaya teknologi pun bisa sedikit dikurangi.

Seperti yang bisa kita lihat pada video diatas, diketahui pula bahwa ia tak hanya berfungsi sebagai pencegah saja, tapi Kids Center juga dapat dimanfaatkan sebagai media belajar anak yang menyenangkan, karena Acer telah membekali fitur ini dengan berbagai konten menarik dan bermanfaat yang khusus ditujukan untuk anak. Konten-konten yang dimaksud diantaranya ada video, aplikasi serta game yang bersifat edukatif. Sehingga anak tidak hanya akan terhibur, tetapi juga bisa belajar atau mengasah kreatifitasnya melalui aplikasi yang ada.

Asiknya lagi, konten yang disediakan pada fitur tersebut akan mendapatkan update, sehingga akan selalu ada konten gratis atau berbayar yang baru dan siap diunduh. Keunikan dari fitur Kids Center pada Acer Liquid Z320 bukan berhenti disitu saja. Ketika diaktifkan, fitur ini akan mengubah tampilan perangkat menjadi lebih berwarna, memberikan tampilan-tampilan aplikasi yang disesuaikan dengan anak, serta memisahkan beberapa fitur yang ada dengan “normal” mode, seperti misalnya saat menggunakan fitur kamera.

Pada saat Kids Center diaktifkan, maka setiap foto yang diambil oleh anak akan tersimpan di Gallery khusus yang ada di sana, sehingga file-file foto atau gambar lain yang terdapat pada “normal” mode tidak akan tercampur.

BlueLightShield, Membuat Tampilan Layar Lebih Ramah Pada Mata

Orangtua pun tak perlu terlalu khawatir jika ternyata si anak memainkan perangkat dalam waktu yang terlalu lama, karena layar IPS dengan lebar 4.5 inch yang diusungnya telah didukung dengan fitur BlueLightShield, yang mana ketika fitur tersebut diaktifkan, perangkat akan mengurangi emisi cahaya biru pada layar yang diyakini menjadi penyebab mata menjadi lebih cepat lelah ketika menatap layar.

Jelas, segala keunggulan yang dimiliki oleh Acer Liquid Z320 menjadikannya sebagai smartphone pilihan yang aman digunakan bagi anak. Ya, dengan perangkat ini, orangtua bisa lebih tenang ketika memberi kepercayaan pada anak untuk menggunakan smartphone, dan anak pun bisa senang bermain dengan “mainan” barunya. Tetapi meski demikian, tetap sangat disarankan bagi orangtua untuk mendampingi si kecil agar bisa memberikan arahan yang lebih baik untuk menghindari hal-hal yang negatif, baik itu untuk urusan pemanfaatan teknologi, maupun untuk aktivitas keseharian lainnya.

Tapi ngomong-ngomong, harga dari Acer Liquid Z320 ini berapa ya? Tenang, orangtua tak perlu khawatir harus mengeluarkan dana yang terlalu besar hanya untuk ini, karena Acer Liquid Z320 dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 999.000 saja (harga promo, bisa berubah sewaktu-waktu). Dengan harga tersebut, kita sudah bisa memiliki smartphone 4.5 inch yang diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 210 Quad-core 1.1 GHz, RAM 1 GB, kapasitas penyimpanan 8 GB (plus slot microSD card) yang berjalan dengan sistem operasi Android versi 5.1 Lollipop.

Akhir Kata…

Mengenalkan teknologi kepada anak memang merupakan langkah yang baik, agar nantinya anak tidak gagap teknologi, hingga membuatnya kesulitan untuk memanfaatkan canggihnya teknologi yang perkembangannya juga sangat cepat. Namun tentu saja, pengenalan pada teknologi tersebut harus diimbangi oleh pengawasan dari orangtua, agar dapat menghindarkan pemanfaatan di sisi negatif dari teknologi yang ada. Tak kalah penting juga, orangtua mesti selektif untuk memilih perangkat dengan fitur yang sesuai.

Dan fitur Kids Center pada Acer Liquid Z320 adalah salah satu solusi untuk mempermudah pengawasan dan juga pembatasan penggunaan teknologi pada anak ketika menggunakan smartphone. Maka, kurasa memang Acer Liquid Z320 ini merupakan smartphone pilihan yang tepat untuk mengenalkan teknologi pada anak, yang bukan hanya dapat digunakan untuk hiburan atau belajar, tetapi juga dapat memudahkan orangtua untuk tetap terhubung dengan sang buah hati.

Tersedia di : Bhinneka & Blibli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here