Home Contest Menjelajah Lebih Jauh, Berkat Dinginnya Federal Oil

Menjelajah Lebih Jauh, Berkat Dinginnya Federal Oil

470
12
SHARE

Menjelajah Lebih Jauh, Berkat Dinginnya Federal Oil – Sebagai salah satu penggemar olahraga adu kecepatan termasuk juga MotoGP dan Moto2, sedikit banyak aku juga tau dan mengikuti soal perkembangan yang terjadi disana. Mulai dari pembalap, motor, hingga sponsor yang hadir pada team balap yang ada.

“Loh, Federal Oil? Itu kan oli yang biasa aku pake! Keren amat bisa jadi sponsor utama team Moto2!”

Begitu pikirku ketika pertama kali melihat logo Federal Oil yang terpampang pada motor milik team Gresini Moto2.

Pembalap Moto2 Federal Oil Sam Lowes
Sam Lowes, pembalap Moto2 di tahun 2016 dari team Federal Oil Gresini yang memenangi balapan di GP Aragon, Spanyol

Team Gresini tuh bukan team sembarangan loh! Beberapa kali, pembalap dari team Federal Oil Gresini tersebut sempat menjuarai seri balap Moto2, termasuk saat bersama Sam Lowes, sebelum kemudian pembalap asal Inggris itu naik ke kelas MotoGP di tahun ini.

“Di ajang balap motor aja terbukti tangguh. Kebayang nggak kalo Federal Oil dipake untuk sepeda motor kita dalam pemakaian sehari-hari?”

Oli motor maticAku adalah satu dari sekian banyak orang yang memilih sepeda motor sebagai sarana transportasi harian, khususnya ketika aku harus menjangkau tempat tertentu yang tak dilalui oleh moda transportasi umum.

Dan kurasa, faktor “praktis” dan juga “gesit” inilah yang menjadi alasan mengapa ada begitu banyak orang memilih untuk menggunakan sepeda motor. Apalagi sejak motor matic mulai bermunculan.

Pengoperasian yang lebih mudah dari motor matic memang sangat cocok untuk melibas jalanan kota yang padat, khususnya bagi para pekerja yang kesehariannya harus menempuh jarak cukup jauh agar dapat sampai ke kantor.

Bahkan, tak jarang pula pengendara yang menggunakan sepeda motornya untuk berbagai keperluan lain, misalnya untuk pergi “berpetualang”, hingga pulang mudik.

Masalahnya, hampir semua orang pasti juga sudah tau kalau ternyata mesin dari motor matic itu lebih cepat panas, sehingga membutuhkan perhatian khusus ketika digunakan bepergian jauh. Tak jarang, pengendara yang akan mudik atau bepergian jauh harus mengistirahatkan motor matic miliknya tiap beberapa jam perjalanan untuk mendinginkan mesinnya, khususnya ketika ada banyak jalur tanjakan yang mesti dilalui.

Aku jadi teringat cerita seorang teman yang hendak pergi mudik, dimana saat itu ia memaksakan motornya yang kepanasan untuk terus jalan, hingga akhirnya mendadak mati dan tak mau dinyalakan kembali selama beberapa saat. Untung saja saat itu ia belum memasuki area hutan.

Iya, kita tak boleh menganggap remeh soal temperatur tinggi pada mesin loh! Karena, ada cukup banyak masalah yang bisa terjadi pada saat temperatur mesin terlalu tinggi.

Yang paling ringan adalah seperti contoh cerita dari temanku tadi, yaitu mesin akan terasa seperti kehilangan tenaga, lalu mati. Kemudian, resiko yang paling parah adalah piston pada mesin akan pecah, yang artinya, mesin bakal rusak! Nah kalau sudah begitu, baru deh ribet urusannya! Tapi, kok bisa sampai parah begitu sih ya?

Mesin pistonJadi dalam sebuah mesin pada umumnya (mesin piston), terdapat beberapa komponen yang diantaranya adalah piston, flywheel, cylindercylinder head dan berbagai komponen lainnya.

Biar lebih jelas, coba kamu lihat gambar keterangan disamping yaa. Saat mesin sedang aktif atau beroperasi, temperatur pada mesin tentu akan naik, yang penyebabnya tidak lain karena adanya proses pembakaran, serta akibat gesekan antar komponen.

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar dibawah, piston pada mesin akan terus bergerak naik turun agar dapat tetap beroperasi dengan baik.

Cara kerja mesin pistonNah, ketika mesin sudah terlalu panas, piston akan memuai, membuatnya tak lagi presisi dengan ukuran silinder, menjadikannya sulit bergerak (macet), sehingga tenaga mesin seakan berkurang atau bahkan bisa mendadak mati.

Kalau dibiarkan dan dipaksakan untuk terus jalan? Tekanan tinggi akibat proses pembakaran, serta sulitnya piston untuk bergerak, bisa membuat piston rusak (pecah). Kalau sudah begitu, nggak bisa jalan lagi deh motornya, dan wajib turun mesin. Tuh, fatal banget kan?

Dalam beberapa keadaan selain pergi mudik, gejala mesin kepanasan juga cukup sering ditemui. Sebagai contoh, coba bayangkan saat kamu ingin berwisata ke tempat yang jauh.

Kamu tentu ingin cepat sampai ke tujuan agar bisa menikmati indahnya tempat wisata tersebut, bukan? Namun, dikarenakan mesin motormu yang kepanasan saat harus melalui banyak tanjakan, performa yang diberikan jadi menurun padahal baru setengah jalan. Dan tak lama kemudian, mesin motor mendadak mati.

Nah, kalau sudah seperti itu bagaimana? Tentu, perjalanan kita jadi terhambat. Waktu jadi terbuang karena kita harus menunggu agar mesin kembali dingin. Masih mending sih kalau cuma mati, bagaimana kalau ternyata terjadi kerusakan seperti yang sudah dijelaskan diatas? Bakal makin repot deh…

Dan bayangkan, bagaimana kalau seandainya kendaraan kita terkena masalah seperti itu, sementara lokasi bengkel terdekat jaraknya cukup jauh ditempuh dengan berjalan kaki? Duh, bakal bikin dobel repot dan pasti bikin pegel banget tuh.

Bukannya dapet seneng, malah dapet pegel. Bukannya piknik ke tempat wisata, malah mampir ke bengkel. Udah gitu, keluar biaya ekstra pula. Lengkap sudah!

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar mesin bisa tetap “dingin” alias tidak melampaui batas suhu normalnya. Selain mesti rajin mengecek air radiator (jika ada), kita juga mesti rutin mengganti oli tiap kali motor sudah menempuh jarak 2000km.

Loh, kok oli sih? Bukannya itu buat pelumas aja ya?

Mungkin sebagian orang akan mengira kalau oli tuh fungsinya sepele karena cuma buat pelumas mesin. Padahal, sebenernya fungsi oli itu bener-bener sangat penting loh buat mesin! Beberapa diantaranya adalah:

  • Melindungi komponen mesin dari gesekan (sebagai pelumas), sehingga akan menjaga performa mesin dan juga umur mesin (agar lebih awet)
  • Melindungi mesin agar tidak cepat panas akibat gesekan yang terjadi dalam mesin
  • Melindungi mesin dari korosi (karat) yang bisa membuat komponen menjadi keropos
  • Mendinginkan dan akan bersirkulasi ke seluruh bagian mesin untuk meredam panas

Oleh karena pentingnya peran oli tersebut, kita jadi mesti pintar-pintar dalam memilih oli motor, agar bisa tetap menjaga performanya, sekaligus juga agar bisa membuat umur mesin jadi lebih panjang. Dan seperti yang sudah kusebutkan di awal tadi, aku sendiri biasa menggunakan Federal Oil untuk urusan ini.

Oli untuk motor maticYaps, aku memang mengusahakan untuk memberikan oli motor terbaik pada kendaraan kesayangan agar performanya tetap terjaga saat aku bepergian jauh, serta agar umur mesin bisa lebih panjang. Dan mungkin sebagian dari kamu akan bertanya-tanya, kenapa sih aku memilih Federal Oil?

Mengusung jargon Spesialis Dingin, Federal oil menjanjikan 2x revolusi dingin, khususnya pada produk oli motor matic nya. Bukan tanpa alasan, karena memang oli Federal Matic memiliki setidaknya 3 fitur utama yang menjadi keunggulannya, yaitu Viscoelastic molecules, Active Moly, dan Double ACT Cleaner.

Viscoelastic molecules

Cairan oli pada Federal Matic memiliki molekul yang bersifat viscoelastic. Keuntungannya, ketika oli sedang menempel di permukaan bagian atas komponen mesin, ia takkan mudah menetes kebawah hingga benar-benar habis mengalir.

Sehingga, oli akan tetap dapat melapisi bagian-bagian mesin karena sebagian kecil oli akan tetap berada disana. Efeknya? Ketahanan mesin akan lebih terjaga, serta akan memperlancar kerja mesin sejak ia mulai berakselarasi, karena cairan oli Federal Matic sudah bersiap untuk melapisi dan melindungi bagian mesin dari gesekan sejak dini.

Active Moly

Fitur Active Moly (Molybdenum Disulfide) pada cairan oli Federal Matic, memiliki sifat yang sangat licin, sehingga akan lebih maksimal dalam melindungi dari gesekan yang terjadi akibat kontak antara logam dengan logam saat mesin sedang beroperasi.

Tak hanya akan membuat kinerja mesin makin lancar, tapi ia juga akan turut berperan dalam membantu menjaga dan meminimalisir suhu pada mesin. Karena, seperti yang sudah disebutkan diatas, selain proses pembakaran, salah satu penyebab naiknya suhu pada mesin adalah akibat terjadinya gesekan.

Double ACT Cleaner

Lalu, ada juga fitur Double ACT Cleaner, yang berguna untuk membersihkan permukaan pada komponen mesin dari kotoran yang dapat menghambat kerja mesin.

Dengan demikian, kinerja mesin akan dapat tetap terjaga dan lebih optimal! Bermodalkan ketiga fitur unggulan itu, jangan heran kalau Federal Matic menjanjikan performa yang 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, dan 2x lebih bandel.

Mantab banget ya! Tapi… Emang beneran se-ampuh itu?

Hohoho, belum tau dia! Aku udah uji sendiri tuh. Dan berdasarkan pengalaman mengunakan Federal Matic pada kendaraan, performa motor memang terasa lancar meski dibawa berpetualang jauh. Nih, aku juga udah buatkan videonya! Cek aja!

Gimana, masih ragu? Tenang, masih ada bukti lain kok! Jadi pada tahun 2015 lalu, ketangguhan performa dari produk oli asli Indonesia ini sudah diuji melalui event bertajuk Endurance Journey Federal Oil yang melibatkan 4 buah motor matic dengan karakter berbeda, plus 1 buah motor (agak) gede yang memiliki 2 silinder.

Dalam event tersebut, kesemua kendaraan yang terlibat sudah melakukan perjalanan selama 11 hari, menempuh perjalanan dengan jarak lebih kurang 3.514km dari Aceh hingga Jakarta.

Uji ketangguhan federal oilDan asal kamu tau, jalanan di tanah Sumatera itu cukup banyak tanjakan dan turunannya loh! Jadi memang benar-benar akan menguji ketangguhan oli dalam urusan performa dan juga pendinginan.

Mantab! Tapi kalau misal motornya itu bukan matic, gabisa pakai Federal Oil dong?

Hehe, tenang. Federal Oil punya beberapa pilihan kok, yang bisa disesuaikan dengan karakter masing-masing kendaraan. Nggak cuma buat matic, tapi juga untuk motor bebek transmisi otomatis, manual, hingga motor gede.

Diatas kan juga udah disebutkan, kalau ada motor gede yang ikut diuji coba. Kamu bisa cek di website resminya yaitu federaloil.co.id untuk melihat varian yang mereka tawarkan. Oiya, kamu juga bisa tuh menggunakan fitur Special Oil Suggestion di halaman web nya, yang bakal membantumu menentukan oli mana yang cocok untuk motor yang kamu gunakan.

Menjelajah lebih jauh
In frame: M Rodi

Dengan segala keunggulannya itu, jangan heran kalau Federal Oil mampu meraih angka penjualan yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk pelumas lainnya, yang terbukti dengan penguasaan pangsa pasar lebih dari 20 persen.

Selain itu, mereka juga sudah beberapa kali meraih berbagai penghargaan seperti TOP Brand Award, WOW Brand Award, Product Quality Award, hingga Superbrands Indonesia’s Choice.

Makanya, aku memilih Federal Oil untuk motor yang aku gunakan, agar aku bisa menjelajah lebih jauh tanpa hambatan. Jadi, motormu sudah pakai Federal Oil juga apa belum nih?

 

Referensi & sumber gambar :

  • http://www.motogp.com/en/news/2016/09/25/lowes-demolishes-motorland/211750
  • http://news.federaloil.co.id/read/289671/20150905/Endurance-Journey-With-Federal-Oil-Sentuh-Finish-Pagi-Tadi
  • ttp://www.kompasiana.com/nisasan/endurance-journey-komunitas-motor-membuktikan-ketangguhan-pelumas-spesial-federal-oil_55fc655ccf92735f0d2bc45a
  • Dokumentasi pribadi
SHARE
Blogger lugu yang kadang punya rasa penasaran tinggi | Founder techijau.com & hayuklah.com | Main IG di @masbocah kadang main twitter juga di @PanduDryad

12 COMMENTS

  1. Masnya penggemar balapan motor sih yak jadi tahu tentang dunia otomotif. Minimal basicnya. Kalau aku mah kagak tahu, tapi apapun itu ternyata tahu dasarnya juga penting bgt buat cewek yang kurang tahu seluk beluk motor 😀

  2. Federal oil memang TOP banget dah. Lengkap segala kelebihan dari oli ini. Biar pun saya perempuan, perlu banget tahu nih tentang otomotif khususnya motor dan olinya.

    • Nah, justru penting banget buat perempuan yang pakai matic untuk pake federal oil buat motornya. Biar nggak gampang rewel. Soalnya kalo udah rewel, pasti bingung harus diapain 😀

    • Betul banget Kak..

      Kalo udah ngerasain langsung soal motor yang mendadak mati pas perjalanan tuh rasanya beneran bikin panik banget 😐

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here