Kenapa Ujian Datang Bertubi-Tubi Dalam Hidupmu?

Kenapa Ujian Datang Bertubi-Tubi Dalam Hidupmu?

10774
1
SHARE

Kenapa Ujian Datang Bertubi-Tubi Dalam Hidupmu? – Kalo udah denger yang namanya ujian pasti orang bakal merinding *halah lebay*. Tapi bener loh, kata yang satu ini sering kali bikin orang takut, tegang atau mungkin panik. Ujian itu macem-macem dan biar gimanpun bentuknya selalu dipandang sebagai hal yang sulit, maka gak heran kalo banyak orang yang parno duluan ketika denger kata ini. Iya kan? Udah iya’in aja biar aku seneng. Nah seperti yang udah ku bilang tadi, ujian itu banyak bentuknya. Ada ujian sekolah, ujian nasional, hingga ujian hidup. Nah untuk yang terakhir itu adalah yang paling banyak dikeluhkan oleh orang-orang termasuk aku sendiri.

Sering aku berpikir, kenapa ujian selalu datang padaku berulang kali? Kapan ujian ini berakhir? Pertanyaan macam itu cukup lama mengganggu pikiranku selama ini. Aku berusaha mencari jawaban atas pertanyaanku itu dan sempat aku menyimpulkan bahwa ujian diturunkan pada kita untuk menempa kemampuan kita agar lebih pantas untuk melalui level kehidupan yang lebih tinggi seperti yang udah aku tulis di posting yang berjudul tips menghadapi cobaan dalam hidup.

Iya emang ada benernya sih, tapi kenapa ujiannya terus-menerus? #MikirLagi Aku sempat ngerasa hidup ini gak adil dan gak berpihak padaku. Sampai beberapa hari lalu aku mendapatkan jawaban yang kurasa tepat untuk pertanyaanku ini.

Seperti yang udah ku tulis tadi, aku sempat ngerasa hidup ini gak adil. Aku “iri” pada mereka yang punya sikap buruk tapi dapat hidup senang. Berbeda sekali denganku, dimana ketika sedikit saja aku bersikap tidak baik, maka ujian (teguran) atau cobaan akan segera datang padaku. Kenapa mereka tidak segera diberi ujian sepertiku? Kenapa mereka tak kunjung mendapat teguran? Begitu pikirku dalam hati. Hingga sesuatu berkata padaku bahwa:

Kamu ditegur karena DIA peduli padamu

Hemm, sejenak aku coba mencerna “bisikan” itu. Lalu aku teringat ketika aku kecil aku selalu dimarahi (ditegur) oleh ibu ketika aku keluyuran pada malam hari bersama teman-temanku. Tentu saja “teguran” itu diberikan karena ibu peduli padaku. Yaiyalah, takut diculik kalee. Diriku kan unyu-unyu pake bingits, jadi rawan diculik doonk! Wkwkwkwkwk :p

Iya, bener! Ternyata memang semua ujian dan teguran yang kudapatkan selama ini merupakan bentuk kepedulianNYA padaku. Selain untuk menempa diriku, teguran itu diberikan agar aku memperbaiki diri atas kesalahanku. Agar aku menjadi pribadi yang lebih baik tentunya. Alhamdulillah akhirnya aku dapat sedikit lebih mengerti tentang ini. Intinya adalah kita yang mendapatkan ujian atau teguran dariNYA adalah orang-orang beruntung yang mendapat perhatianNYA

Bersyukurlah bagi kamu yang mendapat teguran, karena tidak semua orang cukup beruntung untuk mendapatkan perhatianNYA

Kutipan ujian hidupJadi apakah kamu masih mau mengeluh atas ujian yang kamu dapatkan? Apa kamu masih merasa hidup ini tidak adil? Kurangilah keluhanmu, dan lebih baik kamu gunakan waktumu untuk instrospeksi diri. Karena jika kamu mendapatkan ujian atau teguran, itu berarti ada yang salah dengan diri atau sikapmu.

Mengeluh tidak akan mengubah apapun di hidupmu

Semoga tulisan sederhana ini bisa menjadi bahan renungan untuk kita semua. – Mas Bocah

1 COMMENT

  1. Comment:
    Assalamu’alaikum mas bocah perkenalkan nama saya Meli Samala,, pertama kali saya baca postingan2 nya mas bocah saya langsung demen hehee soalnya mudah d’mngerti n pnjelasannya gak ngebosenin bnget..
    Hehehe jngan terbang yaa mas bocah aq blg knyataan bgini peace:)
    oiya aq juga pngen minta ijin share ttg mcem2 pnjelasanx mas bocah dpostingan ini buat tmen2q trsyang,, boleh bnget yaa mas bocah biar kami sling bagi2 ilmu 🙂
    and then thank you very much for mas bocah smoga tmbah sukses, tmbah maju, tmbah mmberi inspirasi, sling bagi2 ilmu, tmbah bnyak yg suka n nyontoh yg baik2 n smuanya yg the best deh pkok’nya
    Aamiin..

LEAVE A REPLY