Home Sekilas Info Kenapa Semakin Banyak Orang Yang Menggunakan Asuransi?

Kenapa Semakin Banyak Orang Yang Menggunakan Asuransi?

0

Kenapa Semakin Banyak Orang Yang Menggunakan Asuransi? – Dalam hidup, kita pasti pernah mengalami hal yang tidak sesuai dengan perkiraan atau keinginan kita. Karena memang masalah bisa mendadak muncul di waktu yang tak kita duga. Dan siap tidak siap, kita harus menghadapinya. Ibarat kata iklan snack kentang, “Life is never flat!”, dan itu memang benar adanya.

Oleh karena itu, tak sedikit orang yang kemudian berusaha sesiap mungkin untuk menghadapi segala kemungkinan-kemungkinan, termasuk kemungkinan yang buruk sekalipun. Contoh yang paling nyata adalah soal kesehatan. Perhatikan saja, bagaimana orang-orang melakukan berbagai upaya untuk menjaga fisiknya agar tetap sehat.

Tapi, siapa yang bisa menjamin kalau mereka akan bisa terus sehat? Padahal kesehatan fisik adalah syarat mutlak agar kita bisa produktif dalam bekerja. Dan kita semua tau, bahwa biaya untuk memulihkan kesehatan itu bisa saja sangat mahal. Maka jangan heran jika semakin banyak orang yang memilih untuk menggunakan asuransi.

Kenapa Orang Menggunakan Asuransi?

Bisa dibilang, orang memilih untuk menggunakan asuransi tidak lain adalah sebagai tindakan preventif. Bukan agar mereka dapat terhindar dari penyakit, tapi agar nantinya dapat meringankan beban biaya saat sakit mendadak datang.

Itulah salah satu alasan mengapa semakin banyak orang yang sadar soal pentingnya memiliki asuransi sejak dini. Dalam kasus ini, jenisnya adalah asuransi kesehatan sebagai backup dari BPJS kesehatan. Alasan lainnya adalah, bisa jadi mereka ingin agar prosedur penanganan medis bisa lebih simple dan cepat.

Karena faktanya, tidak semua rumah sakit bekerjasama dengan BPJS. Hal ini terkadang akan membuat calon pasien harus menunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit yang bekerjasama. Kemungkinan inilah yang coba dihindari oleh para pemegang polis asuransi kesehatan. Terlebih jika ternyata sakit yang datang dirasa cukup menyiksa.

Tak Melulu Soal Kesehatan

Perusahaan asuransi biasanya juga akan menawarkan produk berupa asuransi kecelakaan ataupun asuransi jiwa. Umumnya, orang akan tertarik untuk membeli produk berupa asuransi jiwa demi menjaga keamanan finansial bagi keluarganya jikalau maut mendadak datang. Umur seseorang, tidak ada yang tau, bukan?

Dalam kasus ini, keluarga dapat mengklaim asuransi ketika pemegang polis telah meninggal. Yang selanjutnya, dana yang dicairkan tersebut bisa digunakan oleh keluarga untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk melanjutkan pendidikan anak, atau yang lainnya. Sehingga beban dari orang tersayang yang ditinggalkan akan menjadi lebih ringan.

Besaran dana yang dapat dicairkan tersebut biasanya akan berbeda-beda. Sesuai dengan biaya premi dan pertanggungan yang dipilih oleh pemegang polis asuransi.

Memilh Asuransi Yang Sesuai Kebutuhan

Ada cukup banyak pilihan paket asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi. Pilihan paket ini biasanya mencakup soal berapa premi yang harus dibayarkan, besaran pertanggungan yang dijamin, hingga syarat dan ketentuannya.

Artinya, kita bisa memilih besaran premi yang akan kita bayarkan agar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Sehingga kita tak perlu takut akan terlalu terbebani. Jika ternyata kita bingung untuk menentukan pilihan penawaran dari berbagai perusahaan asuransi yang ada, cobalah untuk membeli via broker asuransi seperti Lifepal misalnya.

Kemudian selain soal premi dan pertanggungan, sangat disarankan untuk mengetahui dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, agar bisa memproses klaim dengan benar. Hal ini sangat penting sekali agar nantinya tidak menjadi masalah baru.

Syarat dan ketentuan yang dimaksud disini termasuk soal masa tunggu (jangka waktu menunggu sebelum asuransi bisa diklaim, sejak pertama kali membeli asuransi), periode pertanggungan, hingga usia peserta. Untuk asuransi kesehatan, perhatikan pula apakah ada poin yang menyebutkan batasan terhadap penyakit tertentu atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here