Kenapa Kita Tidak Boleh Sombong? Ini Alasannya

Kenapa Kita Tidak Boleh Sombong? Ini Alasannya

2530
0
SHARE

Kenapa Kita Tidak Boleh Sombong? Ini Alasannya – Manusia itu.. Makhluk kecil yang diberi keistimewaan berupa kecerdasan melebihi makhluk hidup lain yang ada di bumi. Tapi sayang banget, kecerdasannya itu kadang gak mampu membendung kesombongannya. Iya, kita pasti sering menemukan orang sombong disekitar kita, atau bahkan mungkin orang sombong itu adalah kita sendiri.

Punya kelebihan sedikit, ngerasa lebih hebat dari orang lain. Punya harta dikit, udah ngerasa paling kaya. Atau yang paling sering tuh orang yang baru tau sedikit ilmu, tapi udah ngerasa paling pinter. Hayoo siapa yang pernah kaya gitu? Gak usah sungkan buat mengakui, aku juga pernah begitu kok. Hihihi 😛

Iya, tiap manusia pasti punya sifat sombong, tapi yang membedakan adalah kadarnya yang bervariasi di tiap kita. Ada yang sombongnya cuma dikit atau kadang-kadang aja, ada juga yang berlebihan. Padahal kalo kata Nenek, kita itu gak boleh sombong karena sombong itu gak baik. Tapi sayangnya masih banyak orang yang terlalu congkak untuk mendengarkan nasehat itu. Mungkin sebagian dari kamu masih belum ngerti, kenapa sih sifat yang satu itu mesti dihindari dan dianggap gak baik?

Alasan kenapa tidak boleh sombongKalo menurut pendapatku sih ada beberapa hal yang bisa jadi alasan kenapa kita sangat disarankan untuk menjauhi sifat yang satu ini. Mau tau? Yaudah langsung cekidot aja deh :

1. Orang Sombong Tidak Disukai Orang Disekitarnya

Alasan paling mainstream ya yang satu ini. Siapa sih yang suka sama orang sombong? Nggak ada! Kalopun ada, aku yakin orang-orang itu gak lebih dari sekedar penjilat yang pura-pura menyukai karena memang ada maunya. Rata-rata orang yang tinggi hati alias sombong itu membanggakan dirinya secara berlebihan supaya dapet pujian. Padahal, sering kali bukan pujian yang di dapat, tapi justru dia bakal menuai cibiran atau bahkan kebencian dari orang-orang disekitarnya.

BACA JUGA : Bagaimana menghadapi orang yang membenci kita?

Punya duit dikit, udah ngerasa lebih kaya dari yang lain, padahal itu duit bapaknya. Punya tampang cakep dikit, udah merendahkan orang lain, padahal kalo gak di dempul alias diolesin bedak sekilo juga tampangnya gak bagus-bagus amat. Pernah nemu orang kek gitu? Hahah, aku yakin pasti pernah! Terus gimana perasaanmu kalo liat orang yang kaya gitu? Pasti gasuka, kan? Makanya, kamu jangan bersikap kek gitu juga!

BACA JUGA : Tips menghadapi orang sombong

2. Orang Sombong Tidak Bisa Tau Kesalahannya Sendiri

Yaa namanya juga orang tinggi hati, pasti ngerasa dirinya lebih bener dan lebih hebat dari orang lain. Bahkan hal yang sebenernya merupakan hal yang salah juga dianggep bener sama dia. Iya, dia jadi terlalu percaya diri hingga gak tau kesalahannya sendiri. Kenapa ini jadi hal yang penting? Alasannya ada di nomer 3

3. Orang Sombong Lebih Mudah Untuk Terjatuh

Pernah gak kamu ngeliat seorang “jagoan” yang kemudian kalah dalam satu pertandingan cuma karena dia terlalu pede dan meremehkan lawannya yang sebenernya juga orang hebat? Yaa seperti itu gambaran singkatnya. Mau contoh yang lebih detail? Oke, kita ambil contoh permainan catur.

Ada seorang anak SMP yang pinter main catur, dan dia bisa mengalahkan temen-temen lain dikelasnya. Ketika pulang kerumah, dia ngeliat adiknya sedang main catur dengan salah satu temannya yang kemudian adiknya itu dikalahkan oleh temannya tadi. Anak SMP ini pun menantang teman adiknya itu untuk bermain catur. Karena dianggap masih kecil dan dia merasa hebat (karena ia juara catur di kelasnya), dia pun meremehkan si temen adiknya sehingga membuat kesalahan-kesalahan yang bisa dimanfaatkan oleh temen adiknya itu. Dan akhirnya dia pun dikalahkan.

Dia ngerasa heran, kenapa dia bisa dikalahkan oleh anak kecil? Padahal dia gak tau, kalo anak yang diremehkannya itu adalah juara catur SD tingkat Nasional. Iya, karena terlalu meremehkan dia jadi gak tau atau gak sadar atas kesalahan yang dibuatnya sendiri, sehingga membuatnya mudah untuk “dijatuhkan”. Ini bukan cuma berlaku di permainan catur aja, tapi juga efeknya sangat nyata di kehidupan sehari-hari. Aku sendiri sudah 2 kali “jatuh” cuma karena aku sombong.

4. Orang Sombong Tidak Akan Bisa Menjadi Lebih Baik

Karena dia merasa sudah hebat, maka dia gak mau belajar bahkan dari kesalahannya sendiri. Padahal yang namanya manusia itu gak boleh berhenti belajar karena sesungguhnya apa yang kita tau sekarang itu cuma sebagian kecil dari luasnya ilmu yang ada di semesta. Sedangkan untuk bisa jadi lebih baik, kita mesti belajar dan belajar lagi hal-hal yang baru, minimal belajar dari kesalahan lah.

Dan karena dia gak mau belajar (bahkan dari kesalahannya sendiri), dia bakalan sulit untuk bisa bangkit ketika sudah jatuh. Percaya deh!

5. Orang Sombong Akan Tergilas Dimakan Jaman

Mereka yang gak mau belajar gak bakal bisa berinovasi. Padahal untuk bisa bertahan di jaman yang serba canggih dan kreatif ini, kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang begitu cepat. Contohnya? Coba liat gimana sombongnya Nokia dulu. Produk handphone mereka begitu menguasai pasaran karena memang bagus, dan OS Symbian yang digunakan pada handphone nya begitu disukai. Lalu saat OS Android diperkenalkan, mereka menganggap bahwa “ini bukanlah ancaman” dan mereka juga pernah bilang bahwa “kami tidak akan menggunakan OS ini”.

Mereka lupa untuk berinovasi, hingga inovasi yang dibawa oleh OS Android yang mereka remehkan dan juga iOS dari Apple perlahan membuat mereka jatuh dan akhirnya harus rela di akusisi oleh Microsoft. Meskipun akhirnya mereka belajar, namun itu tidak banyak membantu.

—————— * * ——————

Sepertinya disini udah jelas, menjadi sombong tidak akan membuat kita hebat, tapi justru akan membohongi diri karena sudah merasa hebat hingga akhirnya kesombongan akan menjatuhkan diri sendiri. Jadi, kamu masih mau jadi orang sombong? Yaa siap-siap aja kamu ngalamin yang seperti diatas.

Inget, kita itu cuma makhluk kecil yang gak sepantasnya menyombongkan diri. Kita ini apa sih, cuma butiran debu ditengah megahnya semesta. Dan inget, semua yang kita punya di hidup ini termasuk harta atau wajah yang menawan hanyalah titipan yang sewaktu-waktu bakal diambil kembali oleh Sang Pencipta. Dan apa yang kamu sombongkan saat ini, bisa jadi bakal berbalik menjadi aib bagi dirimu sendiri, yang akan membuatmu malu dan minder ketika kamu sudah kehilangannya.

Perlu aku ingatkan bahwa kamu perlu sedikit mencerna tulisan ini supaya kamu bisa paham maksudnya, dan semoga aja bisa dipahami. Belum paham? Coba dibaca lagi deh 😀 Oke, aku rasa cukup sekian dulu untuk tulisan kali ini. Gak usah sungkan untuk kasih komentar. Semoga bermanfaat 😀

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY