Jadi Blogger Aktif Harus Kreatif, Pakai ASUSPRO P2430 Supaya Makin Produktif!

Jadi Blogger Aktif Harus Kreatif, Pakai ASUSPRO P2430 Supaya Makin Produktif!

1499
15
SHARE

Jadi Blogger Aktif Harus Kreatif, Pakai ASUSPRO P2430 Supaya Makin Produktif! – Banyak yang bilang, jadi blogger itu enak, kerjaannya gampang, terus hidupnya pun tenang karena tak punya atasan yang menuntut ini dan itu. Hehehe, itu sih mereka belum tau aja perjuangan kita gimana. Perjuangan menaikkan visitor, perjuangan mengejar deadline, perjuangan revisi artikel buat klien, sampai perjuangan nego fee dari ahensi yang kadang bikin kita jadi merasa sedih.

Oke, untuk yang terakhir itu mungkin tak berlaku sih buat aku, karena aku ini tipe blogger adsense, jadi yaa aku tak terlalu memusingkan soal yang terakhir itu. Bisa di nego ya syukur, nggak bisa yaudah. Tapi tetap saja, mau jadi tipe blogger apapun, kita wajib punya konten yang kreatif supaya pembaca jadi betah, sekaligus menaikkan kualitas dari blog kita sendiri. Dan tak bisa dipungkiri lagi kalau laptop menjadi senjata utama bagi kita-kita, syukur-syukur kalau laptopnya itu pakai Intel Core i7 Prosesor, biar loading nya bisa wusss wusss gitu.

Alat pendukung konten kreatifMemang sih tidak hanya laptop saja, karena aku pribadi juga sudah menyediakan beberapa peralatan pendukung seperti misalnya smartphone untuk menulis draft sambil tiduran, lalu ada tripod dan lighting untuk membantu sesi foto produk ketika akan membuat review, dan juga beberapa printilan lainnya yang semuanya itu hanya demi untuk bisa membuat konten original dan kreatif.

Meskipun memang, laptop memegang peran sentral karena di perangkat inilah aku melakukan berbagai proses akhir dalam membuat konten. Merapikan postingan, membuat logo, mengedit gambar, sampai edit video, semua kuselesaikan dengan menggunakan laptop.

Aplikasi yang ku gunakanEits, tapi tentu saja semuanya itu juga membutuhkan bantuan apps tambahan yaa, dan biasanya aku menggunakan beberapa apps pendukung termasuk browser, dan beberapa software lain seperti Adobe Photoshop CC, Adobe Premiere Pro CC, yang pastinya original dong.

Konten Di Blog Tak Hanya Soal Tulisan

Iya, pada umumnya, konten di blog memang sebagian besar diisi dengan tulisan. Namun untuk membuatnya lebih menarik, tak jarang pula aku menyematkan beberapa konten visual berupa gambar ilustrasi yang tak hanya sebagai pemanis, tapi juga agar lebih mudah untuk dimengerti.

Saat membuat konten tutorial misalnya, dimana gambar ilustrasi sangatlah penting bagi pembaca agar dapat mengikuti langkah-langkah yang kita maksud dengan mudah, sekaligus juga agar kita lebih mudah untuk mendeskripsikan apa yang ingin kita sampaikan. Namun tetap saja, yang terpenting adalah bagaimana untuk menjaga agar informasi yang kita sampaikan itu tetap akurat. Ribet? Nggak juga kok! Aku sendiri punya formula sederhana yang biasa ku gunakan untuk memenuhi standar tersebut, yaitu:

  • Mencari Informasi Produk / Jasa
  • Mengumpulkan Bahan
  • Menentukan Tema
  • Mulai menulis!

Tuh, nggak ribet, kan? Hehe, tapi itu secara garis besarnya aja sih supaya nggak terkesan ribet banget sekaligus juga supaya mudah di ingat. Dan sebenernya memang ada proses lanjutan dari masing-masing langkah tersebut, seperti misalnya bagaimana aku mengumpulkan bahan, atau menentukan tema.

prosesBiasanya, aku hanya menyematkan ilustrasi yang sederhana saja, tak terlalu nge-jreng alias mencolok, karena yang paling penting adalah bagaimana membuat pembaca mengerti tentang maksud dari konten yang telah ku posting. Aku juga selalu menjaga agar ukuran file dari gambar yang akan kusematkan itu tidak terlalu besar karena akan memperlambat loading blog.

Percuma juga kan kalau ternyata gambar yang kita sematkan itu jadi tak bisa ditampilkan secara sempurna gara-gara ukuran file nya terlalu besar? Pembaca pun jadi tak bisa menikmati konten secara utuh. Dan dalam proses pembuatan gambar ilustrasi inilah dimana aku sangat mengandalkan software-software yang kusebutkan diatas tadi.

Masalahnya, kita perlu sebuah laptop dengan kemampuan yang mumpuni agar dapat menjalankan beberapa software keren tersebut. Dan aku sendiri punya satu laptop yang sedang masuk wishlist, yaitu ASUSPRO P2430UJ. Hemm, memangnya apa sih keistimewaannya?

Alasan Memilih ASUSPRO P2430UJ

Memang sih, laptopku yang sekarang ini sudah cukup banget untuk mengoperasikan semua software yang kugunakan itu. Tapi, ASUS P2430UJ punya sesuatu yang tidak dimiliki oleh laptopku dan laptop mainstream lainnya karena memang sebenarnya laptop ini tuh merupakan produk di segmen pasar notebook commercial yang dirancang khusus bagi kalangan professional, korporasi, ataupun UKM.

Dan yup, menurutku memang laptop ini punya sesuatu yang kubutuhkan sebagai blogger (yang ngakunya) professional, khususnya untuk membantu produktifitasku. Daripada panjang lebar lagi, mending simak yuk fitur-fitur dari laptop ini! Kita mulai dari soal performa.

Performa

Performa memang menjadi salah satu pertimbangan utama sebelum memilih sebuah notebook. Nah di laptop ini, perusahaan raksasa komputer asal Taiwan ini membekali ASUSPRO P2430UJ dengan prosesor Intel Core i7-6500U (untuk seri tertinggi) yang punya performa tinggi namun tetap hemat daya.

CPU test Intel core i7-6500UCPU berkekuatan tinggi itu didukung dengan RAM 4GB DDR4 2133 MHz SDRAM, dimana kekuatannya ini bakal sangat membantu untuk membuka tutup aplikasi dengan cepat, ataupun melakukan multitasking dengan lincah, seperti yang juga sering kulakukan ketika sedang membuat konten.

Eits, urusan grafis juga tak ketinggalan loh! GPU NVIDIA GeForce 920M dengan 2GB DDR3 VRAM juga sudah dijejalkan pada laptop ini. Keuntungannya? Ya jelas dong, proses pengolahan grafis jadi makin mulus, serta proses rendering video juga bakal jadi makin singkat. Jadi makin asik deh buat edit-edit video di Adobe Premiere Pro! Iya, kebetulan aku juga sedang giat belajar untuk membuat konten berupa video, so, sudah pasti sektor performa dari laptop ini bakal sangat membantu bagiku.

Benchmark laptop ASUS i7-6500UBenchmark laptop ASUS dengan i7-6500UDisplay Anti-glare, Tahan Gores & Keyboard Nyaman

Nah, yang ini sebenarnya sepele, tapi jelas bakal sangat terasa manfaatnya bagi blogger dan professional yang suka “ngantor” di ruang terbuka, atau ketika sedang harus menyelesaikan pekerjaan saat sedang mobiling.

Permukaan layar matte anti-glare dengan lapisan tahan gores akan membantu mengurangi efek silau akibat refleksi dari cahaya dari luar ruangan. Hal ini tentu akan membantu visibilitas bagi penggunanya agar lebih mudah melihat konten pada layar, serta membantu mengurangi efek kelelahan pada mata. Dengan demikian, kita akan tetap merasa nyaman ketika harus menyelesaikan konten sambil ngopi di cafe, misalnya.

Lapisan ini juga bakal mencegah atau meminimalkan noda sidik jari pada layar. Jadi kita tak perlu khawatir layar akan tergores atau jadi nampak tidak bersih ketika ada teman yang dengan sengaja menunjuk-nunjuk ke arah layar.

Keyboard nyamanKeyboard yang nyaman juga menjadi salah satu faktor penting bagi blogger sepertiku, karena memang komponen ini bakal sangat akrab dengan jari-jari kami (para blogger) untuk dapat membuat konten tulisan yang jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan kata.

Touchpad Multitouch

Tentu akan merepotkan ketika kita harus membawa serta mouse saat harus mengoperasikan laptop ketika sedang mobiling, yang kadang permukaan yang tersedia pun tak memungkinkan untuk meletakkan mouse. Untunglah, ASUSPRO P2430UJ ini sudah dilengkapi dengan touchpad multitouch berteknologi ASUS SmartGesture.

Fitur SmartGesture ASUSPROFitur ini akan membantu mempermudah pengoperasian laptop tanpa penggunaan mouse. Karena kita bisa memanfaatkan SmartGesture untuk melakukan scrolling layar, drag, dan zoom dengan mudah seperti contoh keterangan yang terlihat pada gambar diatas.

Keamanan Data

Nah, bagian ini adalah salah satu kelebihan dari laptop ASUSPRO P2430UJ yang tak dimiliki oleh laptop mainstream, yang di awal tulisan tadi sempat kusebut-sebut. Yup, urusan keamanan data memang amat sangat penting baik bagi para professional, UKM, hingga perusahaan besar untuk menjaga data-data sensitif yang menjadi rahasia perusahaan agar tidak dicuri oleh kompetitor. Salah satu fitur keamanan yang dimiliki oleh notebook ini adalah Fingerprint Scanner alias pemindai sidik jari.

Fingerprint Scanner

Fitur sensor sidik jari ASUSPROSalah satu hal yang paling menyebalkan khususnya bagi seorang blogger adalah ketika kita lupa akan password dari salah satu akun yang kita punya, baik itu email, ataupun password akun yang lainnya. Dan iya, itu adalah salah satu alasan mengapa aku menginstal hingga 6 browser yang masing-masing menyimpan akun email berbeda karena aku sering lupa kombinasi ID dan password dari akun email yang aku punya.

Yaa maklum, aku sendiri punya berbagai akun penting dengan lebih dari 20 password yang tak hanya berbeda, tapi juga ku buat rumit. Sehingga akan sangat merepotkan untuk melakukan sign-in akun secara bergantian, maka akupun lebih memilih untuk menyimpan masing-masing akun dalam browser yang berbeda-beda.

Lupa passwordFingerprint scanner pada perangkat ini akan mempermudah proses login pada akun yang kita miliki, dengan catatan, kita mesti sudah melakukan pengaturan sebelumnya. Selain mempermudah, tentunya fitur ini akan memastikan bahwa password login kita akan tetap aman dan terhindar dari teman yang suka mengintip password.

Fitur sensor sidik jariTak hanya pemindai sidik jari, notebook dengan bentang layar 14 inch beresolusi HD ini juga punya beberapa fitur keamanan lain termasuk TPM (Trusted Platform Module), HDD user Password & Security, dan juga BIOS Booting User Password Protection.

Fitur keamanan tadi akan membantu kita mengamankan data bahkan ketika laptop dicuri. Seperti HDD user password misalnya, dimana fitur ini akan memastikan bahwa Harddisk akan tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya saat dalam keadaan terkunci, bahkan ketika Harddisk nya dicopot dari laptopnya sekalipun. Pokoknya untuk urusan keamanan data, bisa lebih tenang lah yaa.

Konektivitas Lengkap

Konektivitas lengkapUntuk mendukung produktivitas, tak lupa, ASUS juga menyediakan pilihan konektivitas yang lengkap pada notebook ini. Mulai dari VGA, HDMI, LAN, hingga 3 buah slot USB 3.0, plus 1 slot USB 2.0 di sebelah kanan. Konektivitas wireless berupa Bluetooth v4.0 pun sudah dimilikinya.

Bagi kamu yang belum tau, USB 3.0 memang nampak serupa dengan slot USB 2.0, namun perbedaan yang bisa kita rasakan adalah ketika melakukan transfer data. USB 3.0 memiliki kecepatan transfer hingga 10x lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0, dengan catatan, USB flash yang digunakan juga sudah mendukung USB 3.0.

Kecepatan transferBaterai

Baterai dari ASUSPRO P2430UJ ini bisa dilepas untuk mempermudah pengguna ketika harus menggantinya. Tapi, bukan disitu letak keistimewaannya. ASUS merancang laptop ini agar pengguna bisa menambahkan baterai eksternal, sehingga akan menambah waktu bekerja kita tanpa harus charging.

Kelebihannya ini tentu akan bisa membuat kita jadi lebih tenang ketika harus menyelesaikan pekerjaan saat berada diluar area kantor karena tak perlu mengkhawatirkan soal sisa daya baterai di laptop.

Baterai dapat dilepasTerdapat pula fitur untuk mendeteksi dan memberitahukan jika ada kerusakan pada power supply, atau ketika suplai energi tiba-tiba terputus. Sehingga dapat menghindari resiko shutdown secara tiba-tiba.

ASUS Business Manager

Untuk menyederhanakan manajemen pemeliharaan laptop dan keamanan, ASUS juga sudah menyiapkan software khusus yang diberi nama ASUS Business Manager.

ASUS Business ManagerDisini kita bisa menemukan berbagai fitur yang bisa kita manfaatkan, diantaranya adalah:

Power : Fitur ini dapat memudahkan kita untuk mengubah mode konsumsi daya dari ASUSPRO P2430UJ, apakah ingin menurunkan performa CPU agar dapat lebih hemat dalam penggunaan baterai, ataupun sebaliknya. Terdapat pula pengaturan seberapa maksimal kekuatan CPU yang digunakan pada masing-masing mode.

Misalnya untuk mode hemat daya, kita bisa set kekuatan CPU di angka maksimal 60% saja, sementara pada mode performa tinggi kita bisa set CPU hingga 100%.

Update : Fungsinya adalah untuk memberitahukan dan memudahkan kita dalam melakukan update, mulai dari update OS, hingga update driver. Sehingga, kita tak perlu lagi bolak-balik membuka program yang berbeda hanya untuk melihat apakah ada update atau tidak, karena semua informasi soal update sudah dikumpulkan disini.

Security : Untuk memastikan keamanan data yang kita simpan di laptop. Kita bisa mengunci fungsi port USB slot dengan password menggunakan fitur USB Lock yang akan mencegah USB, Card reader, ataupun DVD untuk membaca atau menulis data pada laptop ini, sehingga dapat menghindari pencurian data.

Terdapat pula fitur ASUS Secure Delete untuk menghapus data secara permanen dengan mudah, serta fitur PC Clean up yang akan memudahkan kita untuk menghapus file-file yang tak digunakan lagi seperti temporary internet files, cookies, dan yang lainnya.

Backup & Recovery : Untuk melakukan backup data dan membuat restore point, untuk jaga-jaga. Jadi, ketika laptop tiba-tiba mengalami masalah, kita bisa mengembalikan setting seperti sebelum ia mulai mengalami masalah.

Tool : Disini, kita dapat memilih untuk melakukan booting melalui HDD, DVD ROM, ataupun USB Flash.

Jelas, semua fitur yang terdapat dalam ASUS Business Manager tersebut bakal membantu mempersingkat waktu untuk urusan perawatan dan juga sekaligus menjaga agar data kita tetap aman.

Wake on LAN

Satu lagi kelebihan dari ASUSPRO P2430UJ yang tak dimiliki oleh laptop mainstream lainnya, yaitu dukungan fitur Wake on LAN pada motherboard perangkat ini. Fitur ini memungkinkan pengguna atau teknisi untuk menyalakan laptop dari mode sleep. Hehe, kedengarannya sepele ya? Eits, tapi ada manfaat tersembunyi di dalamnya loh!

Nah dengan menyalakannya menggunakan cara tersebut, teknisi dapat melakukan maintenance perangkat dengan mudah di satu jaringan LAN yang sama, tanpa harus menyentuh langsung perangkat yang akan di maintenance.

Wake on LANDan jika Wake on LAN digunakan dengan software manajemen jaringan, beberapa fungsi seperti transfer data, update software, dan update Flash UEFI BIOS, juga dapat dilakukan secara jarak jauh, sehingga hal ini jelas akan menghemat waktu dan secara fisik tidak akan mengganggu pengguna yang sedang bekerja dengan laptop tersebut karena teknisi dapat menjadwalkan proses update setelah jam kerja normal, atau saat akhir pekan.

Keuntungan ini pastinya akan berpengaruh pada urusan produktivitas, dimana manfaatnya akan sangat dirasakan oleh para pelaku UKM atau perusahaan besar sekalipun.

Ramah Lingkungan

greenASUS tak melupakan unsur “hijau” alias ramah lingkungan pada produknya. Mereka telah mendapatkan sertifikat EPEAT, Energy Star, dan juga RoHS sebagai pengakuan dari usaha ASUS untuk meminimalkan dampak lingkungan, baik dari segi desain, manufaktur, maupun pengadaan.

Bonus: Desain

ASUSPRO P2430UJSebagai sentuhan akhir, ASUS juga telah memberikan desain yang menarik untuk memperkuat kesan profesional, dengan tekstur hairline yang minimalis namun elegan. Kita pun jadi lebih percaya diri ketika harus membawanya kemana-mana.

Akhir Kata

Dengan segala kelebihannya itu, tak berlebihan bukan jika aku memasukkan ASUSPRO P2430UJ dalam wishlist ku? Tak hanya bermodalkan performa tinggi saja, tetapi notebook ini juga memiliki berbagai keunggulan yang tak dimiliki oleh notebook pada umumnya, termasuk dari sisi keamanan data, kenyamanan penggunaan, serta kemudahan dalam urusan perawatan yang jelas bakal sangat membantu dalam urusan produktivitas.

Tak heran pula jika ASUS menargetkan perangkat notebook ini untuk kalangan professional, pelaku UKM, maupun untuk korporasi berkat keunggulannya tersebut. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUSPRO P2430UJ:

Spesifikasi lengkap ASUSPRO P2430UJDisclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia

asusSumber gambar :

  • http://www.zoomit.ir/2016/9/5/135557/asus-p2430u-laptop-review/
  • https://www.asus.com/id/Commercial-Notebooks/ASUSPRO-P2430UJ/Features/
  • Dokumentasi pribadi

Referensi :

  • https://www.asus.com/id/Commercial-Notebooks/ASUSPRO-P2430UJ/Features/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Wake-on-LAN

15 COMMENTS

  1. ehem… makin keren aja nih.. aplikasinya banyak, ane pengen yang AI hehe.. buat intro video cakep.
    bisa jadi referensi untuk ikutan lombanya 🙂

  2. Aku kok merasa tersindir ya dibagian susah login itu?
    Email yg ini password-nya apa ya? Huahhaha…
    Itu enak, tinggal scan jari, lalu berhasil login.
    Ehtapi kalau tangannya suka basah kayak aku ini, kira2 tetep bisa gak sih?

    Btw, Asus pro ini bikin greget, ya. Jadi pengen nikahin. Eh, milikin mksdnya….

    • Untuk tangan yang basah kayanya sih masih bisa, soalnya kalo diliat dari fisiknya, sepertinya fingerprint scanner nya itu bukan yang tipe capacitive.

  3. Sebagai panutan saya dalam menggubah artikel konsep konten kreatif, artikel ini sungguh warbiasya detailnya.. Asus emang kelewatan kalau ngeluarin produk baru, update kecanggihannya nggak tanggung-tanggung. Kan saya jadi bingung mau mulai dari mana. 🙁

    *namanya mintak digampar banget ya.. wkwkwk*

  4. Laptop yg gahar memang sangat menunjang kerja kita sbg blogger ya 😀

    Btw mas.. itu liat gmbar pertma yg browser nyimpan email masing2…
    knp gak pakai google chrome aja 1. 😀
    kan bisa nyimpan / gunain Email yg bnyak di 1 browser …

LEAVE A REPLY