Harus Putus Atau Lanjut?

Harus Putus Atau Lanjut?

35807
42
SHARE

Harus Putus Atau Lanjut? – Putus nyambung putus nyambung putus nyambung, sekarang putus, besoknya menyesal #eak *itu ceritanya nyanyi*. Hemm yaa dalam pacaran pasti ada aja yang namanya putus nyambung. Karena emang selalu aja ada masalah dalam pacaran, entah pacarnya itu tukang ngambek, terlalu suka ngatur-ngatur, kurang tampan, atau mungkin terlalu suka makan #eh

Emang sih, tiap masalah pasti ada aja jalan keluarnya, tapi sering kali jalan keluar yang harus ditempuh itu dianggap cukup berat, atau bahkan sangat-sangat berat sekali, seberat ibu kos yang pengen kurus tapi makannya gak kira-kira. Meskipun tergolong sangat-sangat berat sekali, tetep aja, terkadang jalan itu mesti kita tempuh demi kebaikan kita sendiri.

Kata ibu kos, tiap masalah itu punya jalan keluar yang berbeda-beda. Iya, bu, kalo itu sih keknya kang sayur idola ibu pun tau. Dalam hal pacaran, dilema yang sering kali terlintas di pikiran saat sedang menghadapi masalah ada dua pilihan, antara bertahan atau harus di akhiri.

Nah bagi kamu yang mengalami dilema antara harus putus atau tetap lanjut dalam urusan pacaran, Mas Bocah bakal kasih sedikit opini nih tentang hal tersebut di tulisan kali ini. Pastinya supaya kamu dapet pencerahan donk, masa iya kamu mau menggalau cuma karena masalah ginian doank sih? Gak mau kan? Tapi sebelumnya siapin snack dulu ya, pastikan suasana juga lagi tenang biar enak bacanya. Duduk yang manis di depan layar, lambaikan tangan ke kamera kalau merasa tidak kuat #eh. Udah siap? Yuk kita mulai bahas di TKP 😀

Pertahankan atau akhiri hubungan ini?

Dilema macam itu memang sudah sangat sering dialami oleh hampir semua orang yang pernah pacaran, termasuk diriku waktu dulu masih pacaran. Kalo sekarang mah gak mau pacaran lagi. Kenapa? Ya kan pacaran itu gak wajib, dan kita gak akan mati juga kan cuma karena gak punya pacar? Iya gak? Hihihi, kembali ke topik yaa. Apa aja sih kriteria bagi sepasang kekasih untuk tetap melanjutkan hubungannya atau harus mengakhirinya? Berikut opini Mas Bocah yang dilaporkan langsung dari TKP :

Harus putus atau lanjutBeberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk melanjutkan hubungan adalah sebagai berikut :

Pasangan kita adalah orang yang baik

Kata “BAIK” disini bukan berdasarkan penilaian kamu semata ya gaes. Soalnya, orang yang lagi demen ama orang lain itu biasanya “dibutakan” atau kasarnya adalah “dibodohi” oleh perasaannya sendiri. Sejelek apapun sifat dia, kamu akan tetap menilainya “BAIK”. Jadi, untuk mengetahui si dia baik atau nggak, ada baiknya kamu gunakan ketenangan saat berpikir, dan yang pasti GUNAKAN LOGIKA.

Tapi kalo gak mampu pikir pake pikiran yang sehat (dalam arti sudah diracuni oleh perasaanmu sendiri), lebih baik kamu tanya pendapat orang lain deh, temen kamu misalnya. Dan inget, apapun jawaban temen kamu, kamu harus terima. Kalo temen kamu bilang dia itu gak baik, ya kamu harus terima pendapat itu, jangan malah membantah dan membela si dia. Kalo kaya gitu ya percuma donk kamu nanya ama mereka. Tapi kayanya kebangetan banget deh kalo kamu gak bisa mikir pake logika. Makanya kalo sekolah tuh belajar yang bener biar pinter, jangan pacaran mulu, jangan nonton sinetron mulu #IniCiyusLoh

Nah kriteria baik itu ada banyak, biasanya tingkat kesabaran dan tingkat egoisme adalah penilaian paling menonjol. Kalo si dia itu orangnya sabar, gak egois dan masuk kriteria baik lainnya, ada baiknya kamu pertahankan hubungan itu. Karena kriteria orang macem itu agak langka loh, dan orang kaya gitu tuh termasuk spesies yang dilindungi karena terancam punah #catet.

Pasangan kita orang yang setia

Nah yang satu ini juga termasuk spesies langka yang harus dilindungi loh gaes, apalagi di jaman sekarang. Kalo kriteria setia sendiri sih ada banyak ya, tapi biasanya orang bakal menilai dari jumlah pasangan nya. Kalo satu ya setia, kalo banyak berati nggak setia. Eit, itu ada benarnya ada nggaknya loh. Iya, emang pacarnya cuma satu, tapi kalo TTM-an nya ada 5 gimana? Hihihi. Kalo kamu ragu, coba aja kamu selidiki biar kamu tau, minta bantuan temen kalo perlu.

Pasangan kita serius dengan hubungan kita

Serius disini dalam arti gak mempermainkan hubungan kita, tapi disini penilaian untuk mengetahui kebenarannya tuh sangat sulit loh gaes, karena di luaran sana banyak penjahat-penjahat k*e*l*a*m*i*n yang ngaku-ngaku serius sama kita, tapi setelah “dapet” langsung dicampakkan atau dipermainkan. Kalo istilahnya tuh “habis manis sepah dibuang” Ini bagi yang cewek harus ati-ati nih ama cowok macem gini, karena modusnya itu alus banget biasanya.

Tapi sering kali juga penjahat-penjahat itu tidak langsung mencampakkan kita untuk menyamarkan modusnya. Disini aku blak-blakan aja ya, jadi modusnya biasanya kita “dimanfaatkan sampai dia puas”, baru deh dia cari selingkuhan atau ngilang tiba-tiba, atau minta putus (karena udah bosen). Tuh, jahat gak?

Jadi emang buat cewek, yang satu ini harus diperhatikan dengan amat sangat karena memang sangat rawan jadi korban. Bukti keseriusan hubungan adalah nikah, jadi sebelum nikah, jangan mau diapa-apain, rugi di kamunya nanti. Berapapun lamanya kamu berpacaran, tetep jaga kehormatanmu. Karena belum tentu dia bakal jadi suami kamu, kan? Coba kamu bayangin, udah pacaran sekian taun, kamu udah ngasih “segalanya”, tapi ujung-ujungnya batal nikah. Apa nggak nyesek kalo udah kek gitu? Maaf jadi keluar topik dikit, ini buat memperingatkan aja.

Tapi kalo pasangan kamu udah termasuk dalam ketiga kriteria diatas, dan kamu masih sering putus nyambung, coba kamu instrospeksi diri deh, siapa tau yang salah itu justru dirimu sendiri.

Hubungan harus diakhiri jika . .

Nah kalo tadi itu kriteria pasangan yang harus dipertahankan, sekarang diriku bakal lanjut ke kriteria pasangan yang harus ditendang, dibuang kelaut, atau disumbangkan kepada yang membutuhkan. Oke langsung aja ke kriteria yang pertama

Pasangan / Pacar Tukang Selingkuh

Waini! Jelas harus diputusin! Ditendang ke laut aja kalo punya pasangan kaya gini mah! Siapa sih yang mau diselingkuhi? APA, KAMU MAU? Ya ampun, pasti sekolahnya gak pernah belajar yak? Hadeeehh, banyak-banyak makan otak gih, biar otakmu nambah! Biasanya sih alasannya begini:

Kalo udah terlanjur sayang gimana? *sambil mewek*

Yaah….. Wooii, melek donk! Buat apa kamu sayang ama sesuatu yang buruk? Kalo kamu sayang sama yang buruk-buruk, kapan kamu bisa dapet yang baik? Ini buat kebaikan kita sendiri kok, jadi mending dibuang aja! Coba pikir lagi deh, buat apa sayang kalo bikin nyesek terus? Nyiksa diri itu namanya. Seneng ya nyiksa diri? Melek woi, di luaran sana masih ada yang lebih baik!

Tapi dia pacar / pasangan terbaik bagi aku *sambil mewek lagi*

Yaelaaahh. Gini aja deh, coba dipikir baik-baik! Kalau kamu menganggap seorang pengkhianat adalah yang terbaik untukmu, maka itu berarti kamu gak menghargai dirimu sendiri! Dan kamu secara tidak langsung telah mencegah calon pasangan yang baik untuk datang kepadamu. Bisa dicerna? Ayo baca ulang kata-kata tadi kalo belum ngerti!

Intinya, seorang penghkianat, dalam hal ini tukang selingkuh tuh tidak pantas untuk dirindukan! Oke, rindu memang wajar, tapi sebisa mungkin gunakan logika mu untuk melawannya! Inget ya, terkadang kita harus melepaskan sesuatu, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Pasangan / pacar tukang bohong

Ini hampir sama seperti tukang selingkuh. Kalo sering bohong berarti kata-katanya gak bisa dipercaya donk? Iya gak? Nah kalau si dia udah sering ketauan bohongin kamu, udah mending lempar aja kelaut, cari yang baru! Buat apa kita pelihara tukang bohong? Coba dipikir, sama kata-katanya sendiri aja dia gak bisa komitmen (jujur), gimana mau komitmen sama hubungan? Gausah nunggu sampe dia selingkuh, karena pasangan model begini harus cepet-cepet dicoret sebelum ngelunjak!

Pacar / pasangan tukang PHP

Yang ini khususnya buat para pemirsa yang cewek nih. PHP disini dalam arti gak memberi kepastian dalam kelanjutan hubungan. Ngerti kan maksudnya? Biasanya pasangan yang PHP itu sama aja kaya player (playboy atau playgirl) yang tukang boong, dan tukang selingkuh. Masuk kategori jelek banget deh pokoknya! Jadi inget, kamu jangan langsung percaya sama janji-janji si dia untuk “serius” sama kamu. Karena kalo janji doank, anak TK juga bisa, yakan?

Biasanya si tukang PHP tuh bakal ngeluarin janji macem itu hanya agar mendapat kepercayaan dari kamu. Kecuali dia bener-bener mau lamar kamu sih itu gak masalah kalo kamu percaya. Tapi inget, meskipun udah di lamar, jangan mau diapa-apain sebelum nikah! Banyak loh modus kaya gitu yang akhirnya gajadi nikah.

Dan ujung-ujungnya udah ketauan, yang cewek bakal mewek berkepanjangan. Waspada ya sista! Untuk ciri-ciri PHP yang lain coba mampir ke posting Ciri cowok atau cewek PHP.

Pasangan / pacar egois dan mau menang sendiri

Ini juga masuk kategori harus ditendang. Kenapa? Soalnya kalo pasangan egois pasti suka ngatur-ngatur dan kalo gak diturutin bakal marah. Ya emang terkadang pasangan ngatur kita untuk alasan yang baik dan untuk kebaikan kita sendiri. Tapi kalo ngaturnya kebangetan gimana? Misalnya? Nih ku kasih list nya:
Ngatur pertemanan kamu

Kamu gak boleh temenan sama ini-ini-ini. Kamu gak boleh temenan sama itu-itu-itu. (Gimana kalo gak usah punya temen aja?)

Aku gak suka kamu temenan sama si ini. (Loh emang kenapa?) Soalnya dia lebih ganteng dari aku! (Ngaca woy, lo emang gak ganteng kalee *lempar kulit duren*)

Ngatur untuk kepentingan dia sendiri

Kamu habis pulang kuliah harusnya langsung mampir kerumahku, bukannya les dulu! (Emang lo bisa ngajarin gue bahasa inggris?)

Kenapa sih kamu gak nungguin aku tadi pas mau berangkat? Malah minta dianter temen. (Lah elo nya bangun jam berapa? Lo baru bangun, gue udah harus sampe kampus!)

Pake pakaian itu yang sexy, biar aku bangga gandeng kamu kemana mana! Pake celana yang pahanya keliatan, pake baju yang mini mini gitu, biar udelnya keliatan! (Gimana kalo gausah pake baju sekalian? Lo demen ya badan gue diliatin orang? Suami juga bukan udah ngatur yang begituan!)

Kamu kok gak nemenin aku belanja sih? Kan lagi ada diskon, aku mau shoping-shoping. (Lo gak liat gue lagi sibuk bikin tugas?) Tapi kan aku mau shoping! (Kalo gue temenin lo shoping, lo mau ngerjain tugas gue?)

Yaank bikinin tugas ku donk! Aku males nih. (Gue juga males liat muka lo!)

Dan sesuatu yang lain semacam itu lah. Coba pikir, kalo kamu terus-terusan idup ama orang macem itu gimana gak stres kamunya? Hadeehh..

Nah mungkin itu aja sih yang bisa aku share di posting kali ini. Inget ya, kalian harus waspada sama buaya-buaya yang berkeliaran di antara kalian. Kalian harus cerdas dalam memilih pasangan biar nantinya gak nyesel seumur hidup, karena kalau kita sudah terlanjur “terikat” dengan pasangan yang gak beres, sudah dipastikan kamu bakal nyesek dan galau berkepanjangan.

Jangan sampai kamu menghabiskan waktu bersama orang yang salah, dan buanglah sesuatu yang buruk agar sesuatu yang baik bisa mendatangimu. Semoga bermanfaat! 😀 – Masbocah

42 COMMENTS

  1. Comment: Assalamualaikum. sy mau curhat, pacar saya katanya ada masalah keluarga da dia minta putus? masak iya masalah keluarga bisa di bawa ke hubungan harus ngorabanin hubungan? Dia nyuruh aku hapus semua tentang dia di sosmed. Itu yg aku pikirin dan bikin aku curiga, kenapa sampe bawa2 sosmed? emanv keluarganya pake sosmed semua, setauku nggak cuma kakaknya aja (cowo) Aku udah akrab juga sama keluarganya. Kasih saran kak aku harus gimana? aku bilang ke dia gamau putus, mau nunggu dia sampe masalah keluarganya selesai. Aku sama dia udah 2 bulan, selama itu nggak pernah ada maslaah kak, aku percaya dia anak baik2 keluarganya juga. aku harus gimana kak? Mkasih 🙂

  2. Assalamualaikum.wr.wb
    Kak saya mau cerita dikit kak,kak saya punya pacar kmi udh jalin.hubungan 8 bulan tpi selama 8 bulan it dia gk pernah ad waktu untuk saya,gk pernah ajk jalan,dan dia blm kenalin keluarga nya sma saya..udh pernah saya ajk jalan tpi dia bilang dia sibuk dan banyak kerjaan..ya slama ini saya sabar kak sma dia..sedih banget kak tpi saya berusaha ngertiin dia karna dia anak pertama dan ad adik yg harus di biayain sekolah nya( tulang punggung keluarga )…tpi kak 1 jam untuk ngobrol ajj dia gk ad .. Bbm an pling2 klo penting2 ajj…sekrng saya binggung kak ap yg harus saya lakukan…Pertahan kan dia atw gmn?
    Ibu dan abah saya udh setuju sm si dia..tpi pihak keluarga ibu memank gk setuju udh banyak saya berkorban untuk dia,pertahan kan dia..tpi dia gk ngerti kak…ap yg harus saya lakuin…….
    #mohon_saran_dan_masukan_nyakak..

    • putuskan saja yang begini, sesibuk2nya orang, masa ga bisa bagi waktu untuk pasangan, dan kata2 putus itu gak cuma saya omongkan untuk anda, karena saya juga baru memutuskan cewek saya yang notabenenya makin kesini makin sering minta2 hadiah, pinjam uang, tapi gak punya waktu sedikitpun untuk telponan atau ketemuan selama berbulan2

  3. Kak saya mau minta pendapat nya , gimna ya , putusin atau lanjutin ,
    Saya punya pacar yang sangat ego bener , maunya menang sndiri , terus kalo mambuat alasan , suka gak masuk akal. Tapi klo di putusin aku merasa takut kak , takut di dapetin orang lain , aku suka lemes klo liat mantan punya pacar baru . gmna kak kasih dorongan nya dong .

LEAVE A REPLY