Home Daily Life Hidup Itu Harus Punya Inisiatif

Hidup Itu Harus Punya Inisiatif

1116
0
SHARE

Hidup Itu Harus Punya Inisiatif – Kita memang diciptakan oleh yang Maha Kuasa, tapi hidup kita ini siapa yang mengatur? Ya kita sendiri!

Loh mas, bukannya segalanya sudah diatur sama Yang Diatas ya?

Bentar-bentar jangan ngeyel dulu ya, aku belum selesai nulis! Misalnya kita laper, siapa yang memutuskan buat makan? Ya kita! Masa mau nungguin Yang Diatas buat nyuapin kita? Kan nggak toh?

Hemm kalo itu sih beda perkara mas!

Nah makanya jangan ngeyel dulu *nahan emosi*. Aku lanjutin dulu. Jadi memang Yang Maha kuasa sudah “mengatur” semuanya, seperti misalnya rejeki kita, nasib kita atau mungkin masa depan kita. Tapi kalo menurutku sih semuanya itu (nasib, rejeki, masa depan dll) merupakan “ganjaran” dari apa yang kita lakukan sendiri. Bingung? Jadi aku analogikan Sang Pencipta sebagai “bos” dan kita (ciptaannya) sebagai “karyawan”.

Misalnya saat ini nasib kita sedang terpuruk, banyak tanggungan dan hampir gak punya apa-apa bahkan untuk makan (duh amit-amit yaa), lalu apa yang akan kita lakukan? Kalo kita cuma berdiam diri, berdoa, tanpa mau berusaha apakah kita bisa merubah nasib kita? Coba pikir lagi, mana ada bos yang mau bayar karyawan yang gak mau kerja tapi minta upah gede?

Disini kita perlu bergerak untuk melawan keterbatasan yang kita miliki untuk mengupayakan “nasib” yang lebih baik bagi kita sendiri. Nah si “bos” pasti seneng kan kalo liat karyawannya rajin? Dan sebagai upah dari kerja keras kita untuk melawan keterbatasan, kita akan diberikan hadiah berupa nasib yang lebih baik. Gak percaya? Coba aja!

Sama halnya dengan rejeki. Kalo kita cuma diem dan ngeluh apa rejeki bisa dateng gitu aja? Yo paling yang dateng cuma nasi bungkus dari tetangga yang kasian liatin kita kelaperan. Selebihnya? Ndak mungkin! Terus apa hubungan antara nasi bungkus dengan inisiatif? Ya nggak ada donk, itu tadi kan cuma buat ngejelasin bagi yang ngeyel. Sekarang kita masuk ke topik utama.

Inisiatif

Apa bedanya manusia dengan robot? Kujawab sendiri yaah. Manusia itu punya inisiatif, kalo robot nggak! Harus di program atau diperintah dulu biar mau jalan. Terus seberapa penting sih inisiatif buat manusia? Ya penting banget donk! Nih contohnya:

Manusia yang punya inisiatif:

Kalo laper ya makan – Gak ada makanan ya masak – Gak ada yang bisa dimasak ya beli – Gapunya duit buat beli ya cari duit dulu – Gimana cara dapet duit? Ya ide / inisiatifnya dipake donk, percuma punya otak segede-gedenya tapi gak dipake buat mikir! – Udah mikir & dapet duit terus beli makan deh – Udah makan jadinya kenyang deh – Kalo udah kenyang berarti gak kelaperan lagi deh *Problem solved*.

Manusia gak punya inisiatif:

Laper, diem aja – Ada bahan buat masak, tapi gak dimasak – Nungguin ada yang bawa makanan – Gak ada yang dateng ngasih makan – Masih nungguin – Tiga hari kemudian tepar – Diduga tidak ada korban jiwa *Game over*.

Keliatan banget kan pentingnya inisiatif buat kelanjutan hidup kita? Iya, kalo kamu gak punya inisiatif, kamu gak ada bedanya dengan robot yang belum diprogram. Robot yang belum diprogram kalo lobat (baterai lemah) ya gak bakalan ngecas sendiri kalo gak ada yang ngecasin. Akhirnya? Ya tewas kehabisan batre. Intinya kalo kamu nggak menggunakan inisiatif untuk hidupmu sendiri, kamu gak akan berguna buat siapapun termasuk dirimu sendiri.

Inget ya, gak semua orang peduli akan kamu dan hidupmu. Gak semua orang peduli akan keadaanmu. Gak semua orang akan bantu kamu ketika kamu kesusahan. Gak semua orang mau berbagi denganmu ketika kamu sedang kekurangan. Maka mulailah untuk menggunakan inisiatifmu untuk menolong dirimu sendiri.

Mulailah bergerak untuk meraih rejeki dan mengubah nasibmu sendiri. Kalo kamu masih males buat menggunakan inisiatifmu, maka hidupmu gak akan kemana mana alias gak berkembang. Dan bahkan mungkin bisa aja mengalami kemunduran.

Cerdaslah menjadi manusia, gunakan inisiatifmu untuk menggerakkan hidupmu. Udah gitu aja ya, aku udah ngantuk mau bobo dulu. Dadah *lambaikan tangan ke kamera*.

SHARE

Blogger lugu yang kadang punya rasa penasaran tinggi | Founder techijau.com & hayuklah.com | Main IG di @masbocah kadang main twitter juga di @PanduDryad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here