Home Contest Hape Terjangkau Yang Asik Buat Gaming: ASUS Zenfone Max Pro M1

Hape Terjangkau Yang Asik Buat Gaming: ASUS Zenfone Max Pro M1

171
1

Review Zenfone Max Pro M1 IndonesiaHape Terjangkau Yang Asik Buat Gaming: ASUS Zenfone Max Pro M1 – Hiburan merupakan salah satu hal yang kurang dianggap penting, namun tak bisa dipungkiri bahwa semua orang pasti membutuhkannya.

Karena memang rutinitas keseharian yang kita lakukan akan berpotensi meningkatkan kadar stress; yang jika tidak diobati dengan hiburan, maka akan berpengaruh negatif bagi diri kita sendiri.

Stress bisa timbul salah satunya karena kita terus-menerus memikirkan soal tekanan yang datang, khususnya dari rutinitas yang kita kerjakan. Sehingga akan mengganggu pikiran. Dampak yang paling terasa adalah akan munculnya gangguan tidur alias insomnia akibat overthinking saat akan tidur.

Bahkan menurut detikHealth, stress juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan menyebabkan munculnya beragam penyakit fisik.

Wih, ternyata efeknya serem juga ya..

Balik lagi ke soal hiburan. Hiburan itu ada banyak sekali macamnya, yang bisa kita pilih sesuai selera. Bisa dengan traveling, kulineran, nonton film, hingga menggunjing tetangga.

Iya, beneran! Apa saja, yang penting bisa membuat kita mengesampingkan beban pikiran walau hanya sesaat.

Kalau saya pribadi, saya lebih memilih hiburan yang mudah untuk didapat yaitu dari game di smartphone. Pertimbangannya adalah, kita bisa menikmati hiburan ini dimana saja dan nyaris kapan saja ketika kita memiliki waktu luang. Karena tentu tak bisa dipungkiri lagi bahwa kita pasti akan selalu membawa smartphone kemanapun, bukan?

Pengalaman menggunakan Zenfone Max Pro M1Memang sih, saya bukanlah tipe gamer yang serius dalam mengejar achievement di dalam game. Karena balik lagi, saya hanya menganggapnya sebagai hiburan semata, bukan pengganti dunia nyata. Walaupun ya kadang efektif juga sih untuk dijadikan pelarian. Hehe …

Meski demikian, penting bagi saya untuk memilih perangkat smartphone yang mumpuni agar dapat menjalankan game dengan lancar.

Main real racing 3 Zenfone Max Pro m1Saya setuju bahwa menang atau kalah dalam game itu adalah hal yang biasa. Tapi kalau misal kekalahan kita disebabkan oleh faktor diluar skill, misalnya gara-gara kita tak bisa mengontrol permainan dengan baik karena hape yang dipakai ternyata lemot, pasti akan sangat mengesalkan. Bukannya terhibur malah bikin emosi :))

Idealnya Bagaimana?

Game itu ada banyak macamnya. Ada yang ringan, ada juga yang berat. Berat disini dalam arti game tersebut memiliki grafis yang kompleks, sehingga memaksa smartphone untuk mengerahkan semua kekuatannya untuk dapat menjalankannya.

Dan akan dibutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi untuk dapat menjalankan game berat dengan lancar. Cakupan dasarnya adalah dari sisi SoC (System on Chip atau CPU+GPU), dan juga kapasitas RAM.

Bagi saya, smartphone yang ideal untuk gaming adalah smartphone yang punya layar besar dengan detail tajam, baterai yang awet karena tentu bermain game akan sangat menguras baterai, konektivitas 4G LTE, punya sensor Gyroscope untuk membantu mengontrol permainan, serta tentu saja, spesifikasi pendukung performa yang mumpuni.

Karena saya sendiri lebih sering memainkan dua judul game yakni PUBG Mobile dan juga Real Racing 3, dimana keduanya bisa dikategorikan sebagai game berat di smartphone.

Main PUBG pakai ASUSDan saya beruntung karena ASUS sudah merilis Zenfone Max Pro M1 yang merupakan smartphone yang ditujukan khusus untuk gaming, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Sehingga saya tak harus mengeluarkan dana berlebih untuk mendapatkan smartphone yang performanya bisa diandalkan ketika bermain game.

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, mari kita intip hasil benchmark serta spesifikasi utama dari ASUS Zenfone Max Pro M1:

Skor benchmark Zenfone Max Pro M1

  • Layar 6 inch 18:9 FullView Display
  • IPS Panel Full HD+
  • 2160 x 1080 pixel

  • Dimensi fisik 159 x 76 x 8.45mm
  • Bobot 180 gram

  • Kamera utama 13MP/16MP
  • Kamera sekunder 5MP
  • Kamera selfie 8MP/16MP
  • LED Flash bagian depan & belakang

  • Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth v5.0
  • MicroUSB
  • Dual SIM

  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 636
  • Octa-core 64-bit
  • GPU Adreno 509
  • RAM 3GB/4GB/6GB LPDDR4x

  • Baterai 5000mAh
  • Fast charging

  • Penyimpanan internal 32GB/64GB
  • Dedicated slot microSD hingga 2TB

  • Fingerprint Scanner
  • Sensor Proximity
  • Sensor Gyroscope
  • Accelerometer
  • Ambient Light Sensor

Pengalaman Bermain Game Dengan ASUS Zenfone Max Pro M1

Zenfone Max Pro M1 Main PUBGAlasan mengapa saya memilih hape ini tak lain karena diatas kertas, ia telah memenuhi kriteria smartphone gaming ideal yang sudah saya sebutkan tadi. Terlebih lagi karena banderol harganya yang ternyata sangat terjangkau untuk sebuah smartphone gaming.

Dan tentu ada alasan yang lebih kuat yang membuat saya yakin untuk memilih ASUS Zenfone Max Pro M1. Yaitu karena saya sudah sangat sering menggunakan produk smartphone dari ASUS, dan saya tau betul bagaimana ASUS memberikan support dalam bentuk update software yang berkelanjutan.

Hape gaming murah baterai awetTak hanya untuk penambahan fitur, tetapi update yang diberikan itu biasanya juga akan membawa hal-hal kecil yang sangat penting. Mulai dari peningkatan performa, hingga perbaikan-perbaikan jika di versi software sebelumnya ditemukan bug yang mengganggu.

Dan ya, pengalaman yang saya rasakan selama beberapa bulan mengandalkan hape ini untuk bermain game, sangatlah menyenangkan. Saya juga merasakan bahwa ASUS Zenfone Max Pro M1 sudah memenuhi segala kebutuhan untuk gaming. Secara rinci akan saya jelaskan disini.

Pertama

Ia mampu menjalankan game dengan frame rate yang tinggi berkat chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang diusungnya. Perlu kamu tau bahwa semakin tinggi frame rate, maka pergerakan dalam game bakal nampak semakin mulus. Sehingga experience ketika mengontrol game yang kita mainkan akan terasa lebih baik. Saya rasa semua gamers pasti menginginkannya.

Game berat di AndroidHal tersebut memungkinkan kita untuk mengontrol permainan dengan lebih baik, misalnya melakukan pergerakan yang lebih lincah, serta tetap enak dilihat karena tampilannya yang terlihat sangat lancar.

Kedua

Ia sudah dilengkapi dengan sensor Gyroscope yang amat sangat membantu dalam mengontrol permainan, khususnya pada game PUBG Mobile. Fitur ini memungkinkan kita untuk membidik lebih cepat dan akurat dengan menggerakkan hape yang kita pegang. Faktanya, sensor Gyroscope tidak selalu bisa ditemukan pada hape di kisaran harga 2 jutaan. Sehingga, ini merupakan salah satu nilai tambah bagi ASUS Zenfone Max Pro M1.

Ketiga

Layar yang lebar membuat saya merasa lebih nyaman untuk mengontrol permainan. Selain karena saya bisa mengatur ukuran dan memperlebar jarak antar tombol untuk menghindari “salah pencet”, space yang tersisa juga masih sangat cukup untuk melihat tampilan di dalam game.

Hape gaming asusPlus, layarnya yang juga sudah punya resolusi Full HD+ memungkinkannya untuk menampilkan detail yang lebih baik. Sekali lagi, sangat membantu di game PUBG untuk melihat lawan di kejauhan.

Saya yakin para gamers pasti akan senang jika hapenya sudah mampu memenuhi ketiga poin ini.

Keempat

Ketika sedang menunggu teman yang diajak janjian, waktu luang tersebut terkadang saya gunakan untuk bermain game, dalam rangka menghilangkan rasa bosan kala menunggu.

Karena yaa kita tau sendiri lah ya, teman jaman now itu kalau bilang OTW, bisa jadi ia masih goleran diatas kasur. Saya bisa menyelesaikan satu sampai dua match di game, sebelum dia benar-benar datang.

Tak perlu cemas soal apakah baterai akan habis atau tidak selama kami keluyuran nantinya. Karena saya tau, baterainya yang berkapasitas wumbo itu lebih dari cukup untuk bertahan bahkan sampai hari berikutnya.

Saya pernah coba bermain game nyaris nonstop di hape ini, dan hasilnya? Ia sanggup diajak bermain PUBG selama lebih dari lima jam, plus Real Racing 3 selama satu jam lebih. Itu belum termasuk aktifitas lain semisal berbalas chat, dan juga yang lain.

Daya tahan baterai Zenfone Max Pro M1Kalau kamu menganggap bahwa semua itu sudah cukup, maka ASUS Zenfone Max Pro M1 punya setidaknya tiga hal lain yang walaupun dianggap sepele, namun menurut saya akan menambah kenyamanan kita sebagai pengguna.

Sudah Mendukung VoLTE

Beberapa operator selular di Indonesia menyarankan penggunanya untuk mengunci jaringan ponsel pada 4G LTE Only. Alasannya tak lain adalah agar koneksi lebih stabil.

Masalahnya, jika kita melakukan hal itu di hape yang tak mendukung VoLTE, maka kita tak akan bisa menerima SMS atau panggilan telepon karena hape tersebut hanya bisa menerimanya di jaringan 3G atau 2G.

Tapi kalau kita pakai ASUS Zenfone Max Pro M1, kita tak perlu lagi mengkhawatirkan soal itu. Karena hape ini sudah mampu menerima telepon atau SMS di jaringan 4G berkat fitur VoLTE. Dengan catatan, operator seluler yang digunakan juga sudah harus mendukung fitur VoLTE loh ya!

Kalaupun misalnya kamu tidak mengunci jaringan di LTE only karena hapemu tak mendukung fitur VoLTE, maka koneksi internetmu bisa dipastikan akan tersendat ketika ada SMS atau telepon yang masuk. Karena ponsel akan secara otomatis memutus koneksi internet dan menyambungkannya kembali di jaringan 3G untuk dapat menerima SMS.

Hal inilah yang terkadang membuat kita terputus dari server (disconnected) dan harus reconnecting ketika tengah bermain game online. Ngeselin? Banget! Tapi kalau kamu pakai ASUS Zenfone Max Pro M1, tak ada lagi cerita macam itu.

Pure OS Android Oreo

Zenfone Max Pro M1 bagus nggak?Sistem operasi yang digunakan oleh ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah “Pure” Android Oreo. Maksudnya, ia menggunakan OS Android tanpa dijejali dengan custom UI. Terdengar biasa saja ya?

Padahal, ini akan membuatnya memiliki lebih banyak ruang di penyimpanan internalnya. Karena jika menggunakan custom UI, maka jatah penyimpanan pada perangkat akan sedikit berkurang. Sementara kita tau sendiri lah, saat ini game yang beredar untuk Android kebanyakan bakal membutuhkan ruang yang tak sedikit.

Dampak positif juga akan dirasakan dari sisi penggunaan RAM, yang mana UI dari Pure OS Android bakal memakan ruang RAM lebih sedikit jika dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan custom UI. Sehingga, penggunaan RAM bakal bisa dioptimalkan untuk menjalankan aplikasi game.

Main game sambil balas chat pun masih sanggup, tanpa perlu loading ulang game nya. Menariknya lagi, smartphone buatan ASUS ini disediakan dalam varian penyimpanan dan RAM yang amat lega, mulai dari 3GB/32GB, 4GB/64GB, hingga varian tertinggi 6GB/64GB yang juga punya spesifikasi kamera lebih baik dibanding varian lain.

Temperatur Stabil

Hape buat game beratPernah tidak kamu merasakan hape jadi terasa lebih lemot ketika digunakan bermain game dalam waktu yang lama? Gejala tersebut biasanya mulai muncul ketika perangkat yang kita gunakan sudah mencapai suhu yang terlalu tinggi.

Sistem akan secara otomatis menurunkan performa untuk menjaga temperatur di batas aman. Nah jika menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M1, kita tak perlu menghawatirkannya karena saya sendiri merasakan bagaimana temperaturnya tetap terjaga (tidak terlalu panas).

Bahkan ketika digunakan bermain berjam-jam sekalipun, performanya tak mengalami penurunan. Ini tak lepas dari peran chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang digunakannya. Karena chipset tersebut sudah menggunakan teknologi fabrikasi 14nm yang membuatnya lebih efisien dalam penggunaan daya, sekaligus lebih kencang.

Efeknya, temperatur perangkat pun bisa lebih terjaga. Jadi kalau misal diajak bermain berjam-jam sekalipun, ia masih terasa nyaman.

Tambahan Fitur Kekinian

Menu kamera zenfone max pro m1Walaupun hape ini difokuskan untuk kebutuhan gaming, namun tak ketinggalan fitur kekinian pun disematkan didalamnya, yaitu fitur dual camera.

Kamera sekunder dibagian belakang ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah untuk membantu mempermudah proses olah gambar dalam memberikan efek depth of field buatan saat mode Portrait diaktifkan. Artinya, ia dapat mengambil foto dan membuat background nya menjadi lebih blur untuk menimbulkan kesan yang lebih dramatis.

Hasil kamera auto Zenfone Max Pro M1
Mode portrait tidak aktif
Hasil kamera Zenfone Max Pro M1
Mode portrait aktif

Kita bisa mengatur sendiri seberapa pekat intensitas blur pada background yang kita inginkan.

Akhir Kata

Main game pakai Zenfone Max Pro M1Jangan sampai hal yang harusnya menjadi hiburan bagi kita, malahan justru membuat kita menjadi emosi gara-gara perangkat yang digunakan tidak mendukung. Man behind the gun memang penting. Namun perangkat pendukung juga akan turut menentukan hasil permainan.

Ibarat sebuah balapan, pembalap berbakat yang menggunakan sepeda onthel pasti akan kalah cepat dengan pembalap yang punya skill biasa namun menggunakan sepeda motor. Maka, bagi kamu yang juga suka nge-game, ASUS Zenfone Max Pro M1 bisa menjadi pertimbangan sebagai perangkat pendukung skill mu agar lebih optimal dalam bermain.

Performa ngebut, layar luas, sensor lengkap, baterai awet, plus fitur dual camera yang kekinian. Kurang apa lagi? Sebuah pilihan yang kompetitif untuk hape dengan harga 2 jutaan.

Hape 2 jutaan untuk gameSiapa tau dengan hape ini kamu bisa mengasah kemampuanmu dengan lebih baik dan siapa tau (lagi) bisa mengantarkanmu untuk berkompetisi di kejuaraan resmi seperti Asian Games atau yang lain. Iya, siapa tau, kan? Dari hobi, jadi prestasi 🙂

Buat kamu yang masih penasaran soal performa dari ASUS Zenfone Max Pro M1, kamu bisa menonton bagaimana hape ini membantu saya meraih Chicken Dinner di PUBG Mobile!

Referensi:

  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3677347/infografis-dampak-stres-karena-pekerjaan-pada-kesehatan-tubuh
  • Foto, screenshot & video: dokumentasi pribadi

1 COMMENT

  1. Widiiih…. Main PUBG lima jam nonstop apa gak ngeres tuh mata plus tangan gak pegel-pegel. Tapi emang oke banget nih Zenfone Max Pro M1 kalo diajak main game

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here