Home Jalan Yuk Hal Yang Harus Kamu Tau Sebelum Liburan Ke Bali!

Hal Yang Harus Kamu Tau Sebelum Liburan Ke Bali!

2
0

Hal Yang Harus Kamu Tau Sebelum Liburan Ke Bali! – Kalau kamu berencana untuk pergi liburan ke Bali untuk pertama kali, maka kamu wajib tau beberapa hal yang akan aku bahas disini. Tujuannya ya jelas, supaya liburan kalian bisa berjalan dengan lancar serta dapat menghindari hambatan-hambatan atau masalah-masalah yang mungkin saja bisa kalian hadapi ketika sampai di Bali.

Intinya, supaya kalian bisa lebih matang dalam mempersiapkan liburan kalian. Nggak pake panjang lebar lagi, langsung aja kita ke bahasan utama.

1. Minim Transportasi Publik

Memang benar adanya kalau di Bali itu terbilang minim sekali transportasi publik nya. Memang sih, dulu pernah ada Bus Sarbagita (mirip seperti TransJakarta atau TransJogja). Tapi sayangnya, alat transportasi ini kurang diminati oleh masyarakat sehingga rute yang dilewati semakin dikurangi.

Sehingga, kita tak bisa berkeliling kota dengan leluasa menggunakan transportasi publik ini layaknya di Jakarta atau Yogyakarta. Jadi biasanya, para wisatawan memang lebih mengandalkan taksi konvensional, ojek online ataupun taksi online sebagai solusi yang lebih praktis.

Liburan pertama ke baliNamun, jika kalian berada di tempat-tempat wisata seperti misalnya pantai, kalian tak akan diperbolehkan untuk memesan ojek/taksi online. Mereka hanya diijinkan untuk mengantar ke lokasi saja (drop only) dan tidak boleh melakukan penjemputan penumpang.

2. Transportasi Alternatif

Pilihan transportasi lain yang lebih hemat adalah dengan menyewa sepeda motor. Dengan ini kalian bisa bebas menjelajah tanpa perlu memusingkan soal transportasi publik.

Jika ternyata kamu berlibur secara berkelompok bersama teman atau keluarga, akan lebih praktis untuk menyewa kendaraan berupa mobil atau minibus, lengkap dengan sopirnya.

Hal ini bisa lebih menghemat tenaga sehingga kamu bisa lebih fokus untuk menikmati liburanmu. Dan mungkin kamu juga bisa sewa villa murah di Bali sebagai pilihan alternatif untuk menginap agar kita bisa tetap bercengkrama bersama keluarga atau rekan-rekan.

3. Lokasi Rawan Macet

Pertama kali ke baliBeberapa lokasi di Bali memang terbilang sangat populer, sehingga sangat banyak wisatawan yang ingin menuju ke lokasi tersebut. Hal ini membuatnya sangat rawan macet karena banyaknya volume wisatawan yang ingin berkunjung.

Nah lokasi rawan macet yang dimaksud itu adalah area Kuta, Kuta Selatan, dan juga Ubud. Area Kuta Selatan ini sendiri punya cukup banyak destinasi wisata. Dan kemacetan akan mulai bisa ditemukan di jalan menuju ke Pantai Pandawa, GWK, serta area lain yang searah dengan lokasi menuju Uluwatu.

Biasanya, kemacetan akan mulai terjadi pada sore hari sekitar jam 3 atau 4 waktu setempat (WITA). Kemudian akan semakin parah menjelang matahari terbenam. Sehingga, kamu yang berencana menuju ke lokasi-lokasi tersebut, sebaiknya berangkat lebih awal ya!

4. Hindari Menginjak atau Menendang Sesajen

Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Alangkah baiknya kita sebagai tamu turut menghormati budaya dan aturan setempat. Dan sebenarnya prinsip ini selalu aku pegang teguh, kemanapun aku berkunjung.

Liburan ke baliDan oleh karena disini kita membahas soal Bali, maka ya kita mesti menghormati budaya mereka juga. Caranya? Sederhana aja. Cukup hindari untuk menginjak atau menendang sesajen yang diletakkan oleh penduduk setempat. Dan kalau misal kita berkunjung ke tempat ibadah, sebaiknya jaga kelakuan kalian ya!

Hindari sikap seperti orang alay. Bersikaplah sewajarnya agar tidak menyinggung sang tuan rumah. Hal-hal yang patut dihindari disini adalah misalnya menaiki atau menginjak patung yang ada.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum berkunjung ke Pulau Dewata, Bali. Dan jangan lupa, Bali juga punya beberapa makanan khas yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Ayam Betutu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here