Home Daily Life Cara Menikmati Hidup ala Mas Bocah

Cara Menikmati Hidup ala Mas Bocah

9180
5
SHARE

Cara Menikmati Hidup ala Mas Bocah – Sebenernya, kita bisa hidup di dunia ini aja tuh udah merupakan sebuah anugerah yang sangat besar loh. Tapi sayang banget, gak sedikit diantara kita yang mungkin merasa hidupnya membosankan, terlalu banyak cobaan, atau bahkan mungkin ada juga yang merasa bahwa hidupnya sama sekali gak punya arti.

BACA JUGA : Tips menghadapi cobaan dalam hidup

Banyak yang bilang, kita harus “piknik” untuk menjauhkan diri dari rasa bosan. Iya, itu sama sekali nggak salah kok. Tapi terkadang, orang akan kembali dilanda kebosanan sesaat setelah selesai melakukan piknik, sehingga ia merasa harus segera piknik kembali. Hemm, tapi yaa kalo terus-terusan kan bisa tekor juga.

Image by……. Yang di watermark itu keknya 😀

BACA JUGA : Etika berkunjung ke tempat wisata

Bahkan, ada juga loh yang ngerasa pikniknya itu terasa membosankan. Nah loh, kalo udah kek gitu gimana? Pas lagi piknik aja bosen, apalagi kalo gak piknik? Bingung sendiri kan? Hihihi..

BACA JUGA : Traveling terasa membosankan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Kalo menurutku, traveling atau piknik itu memang sangat efektif untuk menikmati hidup sekaligus membuang kebosanan, asal, cara dan niatnya bener, seperti yang udah ku cantumin di link diatas. Tapi buatku, piknik itu sebenernya merupakan opsi terakhir kalo misalnya kita bener-bener butuh penyegaran pikiran. Jadi gak perlu sering-sering juga meskipun sebenernya aku ini hobi ngebolang alias traveling.

Iya, itu artinya kita masih bisa kok menikmati hidup tanpa harus sering-sering piknik ataupun “bersenang-senang” a la anak-anak gawl yang ujung-ujungnya malah bikin stress karena ngabisin banyak duit itu. Dan disini, aku bakal share beberapa hal tentang cara menikmati hidup a la Mas Bocah buat kamu yang merasa hidupnya hampa, membosankan, dan tak berarti. Langsung ke poin nomer 1 yaa:

NOTE : Tolong jangan malas membaca yaa

1. Jauhkan Hape Dari Genggaman

Di jaman yang serba canggih seperti sekarang tuh, hape memang seakan gak bisa lepas dari hidup kita. Kemana-mana mesti bawa hape. Dan parahnya, gak sedikit orang yang kemana-mana tapi yang diperhatikan cuma layar hapenya, bukan keadaan sekitarnya. Nah kalo udah gitu, gimana idupmu gak terasa ngebosenin?

Iya, keseringan mantengin layar hape tuh bisa bikin hidup terasa membosankan loh! Hemm masa iya sih? Sekarang misal gini, bayangin kalo misal kamu lagi ngumpul bareng keluarga atau temen. Yang harusnya saling bercanda dan ketawa bareng, tapi kamu malah mantengin hape. Terus serunya dimana? Terus lagi, misal kamu lagi jalan-jalan ke tempat yang indah. Bukannya menikmati keindahan alam, tapi kamu malah asik mantengin chat di hape. Jadi, kamu berwisata itu buat menikmati indahnya alam, atau cuma buat ngebaca pesan teks di hape?

Gimana hidupmu gak ngebosenin kalo kek gitu? Iya, main hape memang menyenangkan, apalagi kalo lagi chat ama gebetan. Tapi, ada masanya kamu harus melepas hape dari genggamanmu ketika kamu harus berinteraksi dengan orang lain secara fisik. Percaya deh, kamu bakal merasa “lebih hidup” ketika kamu memutuskan untuk menjauhkan hape dari genggaman saat sedang berada di tempat umum atau ketika sedang berinteraksi dengan orang lain, karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial, bukan makhluk sosial media. Coba aja kalo gak percaya!

BACA JUGA : Efek buruk terlalu lama bermain gadget

2. Kreatif Donk!

Lagi sendirian di kamar dan bingung mau ngapain? Kreatif donk, jangan males gerak! Males gerak bukan cuma bikin badan bengkak dan gak sehat, tapi juga bisa bikin hidupmu membosankan! Ada banyak hal kok yang bisa kamu lakuin pas lagi ada waktu senggang. Misalnya aja memasak, kamu bisa tuh coba-coba resep baru, siapa tau kamu bisa bikin masakan yang enak. Apalagi buat anak kos nih, minimal bisa ngirit pengeluaran buat makan, yakan? Atau buat yang cewe-cewe juga, supaya bisa jadi mbak-mbak yang istriable.

Sukur-sukur, dari masakan itu nantinya kamu bisa buka usaha sendiri. Apa, ngimpi? Hemm, kamu gak tau ya kalo banyak usaha besar yang berawal dari keisengan? Gabisa masak? Yaa coba aja hal-hal kreatif lain yang kamu suka. Misal bikin kerajinan, nggambar, atau mungkin bikin tulisan di blog kek diriku gini. Lumayan kan, bisa bagi-bagi ilmu!

3. Senyum

Senyum juga bisa bikin hidupmu terasa lebih menyenangkan loh. Coba deh kalo ada orang yang menyapa, kamu senyumin, pasti doi juga ikutan senyum (kecuali kalo doi lagi sakit gigi). Memberikan senyuman ke orang lain tuh rasanya seperti berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Bikin mood jadi lebih baik, dan juga bisa bikin kita jadi berpikir positif. Inget, senyumnya yang tulus yaa!

BACA JUGA : Manfaat tersenyum bagi kita dan orang lain

4. Jujur, Apa Adanya

Jadi pribadi yang apa adanya alias jujur itu gak gampang loh gaes, karena ada beberapa hal yang bisa membuat kita jadi nggak jujur pada diri sendiri, misalnya aja gengsi. Iya, orang yang mengutamakan gengsi tuh biasanya memang gak jujur karena mereka sebenernya cuma ikut-ikutan aja, dan mereka ini biasanya juga haus pujian.

Contoh yang paling nyata nih ya, anak-anak alay yang ngakunya doyan adventure biar dikata gaul dan kekinian. Mereka berpetualang tuh bukan karena mereka pecinta alam atau karena pengen menikmati alam, tapi mereka cuma mau foto narsis biar dikata eksis! Coba, kalo mereka emang bener pecinta alam, harusnya mereka ikut ngejaga alam donk ya, bukan malah merusaknya, nyampah sembarangan, atau bahkan sampe nginjek-injek bunga.

Tujuan mereka foto narsis? Ya biar dapet banyak pujian dan “like” yang bakal menaikkan gengsi mereka. Padahal, sifat haus akan pujian ini sebenernya merupakan penyakit hati loh, yang gak baik buat dipelihara. Mereka yang ngerasa kekurangan pujian pasti bakal iri dengan orang lain, dan jelas, sikap iri itu gak baik. Terus lagi, kalo misal mereka gak bisa melakukan sesuatu yang bisa memancing pujian, mereka biasanya bakal ngerasa bete, hidupnya kurang menyenangkan, atau semacamnya.

Gak akan ada abisnya kalo kita terus-terusan jadi pengikut kek gitu. Kamu cuma akan dapet kesenangan semu, dan jelas, kesenangan itu gak akan bertahan lama. Padahal, tanpa ngelakuin hal-hal itu pun mereka bisa ngerasa asik kok. Iya, hal-hal sederhana disekitar kita sebenernya bisa bikin hidup terasa menyenangkan, selama kita mau memperhatikannya. Disinilah pentingnya sifat jujur dan apa adanya tadi. Selama kamu gak mementingkan gengsi, kamu pasti bakal ngerasa hidupmu fine-fine aja kok, tanpa harus ikut-ikutan ini itu. Percaya deh, kamu bakal bisa menemukan kesenangan tersendiri selama kamu memegang sikap apa adanya.

5. Bersyukur

Kalo kamu udah bisa jujur sama diri sendiri, kamu bakal mulai bisa belajar untuk bersyukur. Dan kamu tau gak, bahagia itu sesederhana bersyukur kok, gak perlu hal yang aneh-aneh! Misal nih, kamu itu berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di desa dengan segala kesederhanaan. Kamu gak punya Ninja 250cc, hape mahal, atau mungkin gapunya kamera DSLR. So what?

Kamu masih punya keluarga yang selalu deket dan ngedukung prestasimu kan? Kamu juga masih punya temen main yang gak memandang kekayaan, yakan? Inget, hal-hal sederhana gitu gak dimiliki oleh semua orang loh. Atau bahkan kamu bisa mensyukuri hal yang lebih sederhana lagi, yakni tempatmu tinggal, dimana kamu bisa menghirup udara yang menyegarkan, jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang menjenuhkan serta jauh dari kebisingan dan polusi kendaraan.

Dengan bersyukur, kamu gak akan ngerasa kekurangan apapun kok, meskipun sebenernya memang kita gak punya apa-apa di mata manusia lain. But, who cares? Kita hidup bukan dari “kata orang”, kan? Terserah mereka mau bilang kita miskin kek, kere kek, gak gaul kek, asal kita bisa nikmati apa yang kita punya, itu semua udah lebih dari cukup.

6. Berserah Diri

Berserah diri atau pasrah ini bagian dari rasa syukur kita atas apa yang sudah diberikan oleh Nya untuk hidup kita. Tapi pasrah disini bukan berarti kita harus diam dan gak melakukan apa-apa loh yaa. Berserah diri disini maksudnya adalah sikap mau menerima keadaan yang kita hadapi sekarang, dan gak perlu berusaha jadi orang lain atau berusaha jadi apa yang orang inginkan.

Di poin ini aku agak kesulitan nih buat menyampaikan maksudku, tapi semoga kamu ngerti maksudku yaa. Atau mungkin ada yang mau bantu buat ngebongkar maksudnya? Silahkan komentar aja..

7. Ngerasa Gak Nyaman Dengan Keadaan? Berhijrahlah!

Nah meskipun tadi aku menyarankan untuk bersyukur dan berserah diri, tapi ada kalanya kita harus beranjak dari tempat kita sekarang untuk menuju ke tempat yang lebih baik. Hijrah disini bukan cuma berarti kamu harus pindah tempat secara fisik, tapi juga mengubah sikap untuk memperbaiki keadaan yang mungkin kurang baik.

Iya, memang ada kalanya keadaan tak memungkinkan kita untuk bisa menikmati hidup kita. Entah itu tetangga yang super cerewet dan sirik, temen kerja yang sok jadi bos, atau mungkin keadaan-keadaan lain yang lebih rumit. Kalo kamu ngerasa hal itu gak bisa diperbaiki dan bikin kamu ngerasa gak nyaman, yaudah, mungkin memang kamu mesti berhijrah. Mungkin memang yang diatas sudah merencanakan hal yang lebih baik di lain tempat.

Tapi meskipun disarankan untuk coba mengubah keadaan, kamu tetep mesti memegang teguh kejujuran dan rasa syukur tadi.

8. Tebar Kebaikan

Poin yang terakhir ini tuh cuma buat pelengkap aja karena sebenernya poin-poin diatas tadi tuh udah cukup banget kok untuk bikin hidup kita terasa menyenangkan. Hidup bakal terasa kurang gregetnya kalo kita gak memberi manfaat buat orang lain, apalagi buat aku yang merupakan seorang penikmat senyuman orang lain.

Menebar kebaikan tuh ibaratnya seperti menebar bibit senyuman di wajah orang di sekitar kita. Coba, pasti kamu lebih seneng berhadapan dengan orang senyum kan, daripada orang dengan wajah jutek? Dengan begitu, hidup pasti terasa lebih menyenangkan. Menebar kebaikan disini bisa dilakukan dengan banyak hal yang bisa kamu cari tau sendiri. Gak perlu yang muluk-muluk, mulai dari hal yang sederhana aja udah cukup kok 🙂

Nah, itulah beberapa tips untuk menikmati hidup a la Mas Bocah. Jadi untuk bisa menikmati hidup, kamu gak perlu tuh punya sesuatu yang wah, karena dengan apa yang kita punya aja sebenernya kita udah bisa menikmati yang namanya hidup kok. Gak perlu mikirin apa kata orang, toh hidup kita bukan dari omongan mereka, yakan?

Oke deh, rasanya udah cukup untuk postingan kali ini. Ambil positifnya, dan jangan lupa untuk dicerna terlebih dulu sebelum bener-bener kamu terapkan dalam hidup. Semoga bermanfaat 😀 – Masbocah

SHARE
Blogger lugu yang kadang punya rasa penasaran tinggi | Founder techijau.com & hayuklah.com | Main IG di @masbocah kadang main twitter juga di @PanduDryad

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here