Home Daily Life Bagaimana Menghadapi Orang Yang Membenci Kita

Bagaimana Menghadapi Orang Yang Membenci Kita

175137
138
SHARE

Bagaimana Menghadapi Orang Yang Membenci Kita – Hidup ini penuh lika-liku, terkadang kita senang, terkadang kita sedih. Terkadang kita mendapatkan rejeki, tidak jarang pula kita mendapatkan cobaan. Ada yang menyukai kita, ada juga yang membenci kita. Yaa begitulah hidup. Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi! Eh, ternyata aku belum nulis apa-apa deng, hihihi 😛

Memang hidup tanpa lika-liku itu seperti masak sayur gak pake bumbu, rasanya hambar. Tapi bukan berarti kita harus membiarkan hidup kita penuh dengan masalah kan? Masalah hidup orang itu ada banyak macemnya, tapi kalo diliat-liat sebenernya masalah yang dimiliki satu orang dengan orang lain itu sama aja, cuman skenario atau jalan ceritanya aja yang beda. Dan salah satu masalah klasik yang ada di kehidupan manusia adalah soal saling membenci.

BACA JUGA : Tips menghadapi cobaan dan beban hidup

Orang bilang, haters (pembenci) akan selalu ada ketika kita memiliki apa yang tidak mereka miliki, seperti misalnya popularitas, prestasi, atau yang lainnya. Iya, itu bener kok, tapi perlu diingat juga bahwa kita bisa dibenci orang karena memang kita pantas untuk dibenci. Maksudnya gimana tuh? Sabar, nanti bakal aku jelasin dibawah. Makanya baca sampe akhir yaa!

Nah buat kamu yang ngerasa sedang dibenci orang, kamu jangan sewot atau sedih dulu karena pasti itu ada penyebabnya. Dan disini aku bakal ngebahas soal kenapa orang bisa membenci kita, sikap apa yang harus diambil agar mereka tidak membenci kita, dan juga cara menghadapi orang yang membenci. Langsung aja yuk ke pembahasan yang pertama :

Menghadapi orang yang membenci kita1. Kenapa orang membenci kita?

Itu adalah pertanyaan pertama yang seharusnya kamu pikirkan ketika kamu mengetahui ada seseorang atau bahkan mungkin beberapa orang yang tidak menyukaimu. Gak mungkin lah orang bakal benci tanpa sebab, meskipun kadang penyebab orang ngebenci kita itu gak masuk akal. Disinilah saatnya kamu instrospeksi diri atau mengoreksi diri kamu sendiri.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tau apa yang salah dari dirimu dan sikapmu, bukan malah melawan mereka. Tapi perlu aku ingatkan, mengoreksi diri itu nggak segampang ngebalik chicken nugget di penggorengan, atau gak segampang ngabisin duit bapak-emak buat malem mingguan!

Orang sering kali dengan mudah bisa menyalahkan, mencaci, dan memaki kesalahan orang lain yang sebenarnya gak terlalu besar, tetapi kesalahan dirinya sendiri yang begitu besarnya sama sekali gak di sadari. Karena memang untuk melihat kesalahan dalam diri itu tidaklah mudah.

Apa yang harus kita lakukan agar kita dapat menyadari kesalahan kita? Cobalah untuk mengingat-ingat kembali apa aja sih yang pernah kamu lakukan kepada orang lain? Bukan hanya kepada orang yang membenci kamu, tetapi terhadap semua orang. Nilailah diri kamu seperti kamu menilai orang lain. Buang ego mu agar penilaianmu tidak dibutakan oleh ego.

Karena jika kamu masih menyimpan ego, maka kamu akan selalu berpikir bahwa kamu selalu benar sehingga kamu tidak akan pernah menemukan apa kesalahanmu. Dan yang paling penting, cobalah untuk bersikap rendah hati ketika kamu menilai dirimu sendiri.

“Hemm, mungkin aku terlalu sombong kali ya dimata mereka. Aku kan juga gak suka sama orang sombong, masa aku sendiri sombong sih? Pantesan aja mereka gak suka ama aku”

“Mungkin aku terlalu bertindak semenamena sama mereka kali ya? Aku kan juga gak suka diperlakukan sembarangan, apalagi diperintah-perintah seenak jidat!”

“Apa karena aku sering ngomongin orang dari belakang ya? Aku kan juga gak suka diomongin dari belakang. Pantesan aja mereka gak suka sama aku.”

“Apa karena aku terlalu sering memaksakan kehendakku ya? Mau dituruti tapi gak mau menuruti dan gak peduli soal kepentingan mereka. Pantesan aja mereka menghindari aku”

Nah diatas itu adalah contoh perenungan diri yang bisa kamu lakukan, dan masih banyak lagi contoh perenungan lain yang pastinya harus disesuaikan dengan keadaanmu. Kalo kamu sudah menemukan kesalahanmu, perlahan coba perbaiki kesalahanmu itu.

Jika mereka yang membencimu itu orang baik, pasti mereka bakal menyadari perubahan sikapmu dan mungkin perlahan mereka akan mulai menyukaimu. Tapi inget, hal yang sebelumnya sudah pernah kamu rusak, akan sulit untuk kamu perbaiki lagi. Jadi intinya, sikap orang lain bisa berubah seperti bagaimana kamu merubah sikapmu sendiri. Itu poin yang pertama.

2. Sikap apa yang harus diambil agar orang tidak membenci kita?

Kalau kamu sudah menjalankan poin yang pertama, sekarang saatnya kamu bersikap jantan (kalo cowok) atau berani. Eits, berani disini bukan berarti ngajakin mereka buat berantem yaa. Berani disini artinya adalah berani mengakui kesalahanmu, berani meminta maaf atas semua kesalahanmu kepada mereka yang membencimu karena sikap burukmu.

Kalaupun kamu gak cukup berani untuk meminta maaf, setidaknya kamu harus berani merubah sikapmu untuk menjadi lebih baik dimata mereka. Namun alangkah baiknya kalau kamu juga meminta maaf (jika memang merasa punya salah) karena orang yang paling berani adalah orang yang mau mengakui kesalahannya.

Namun tentunya perubahan sikapmu yang mendadak ini akan dianggap aneh oleh mereka, dan itu sangat wajar. Mereka akan mulai terbiasa kalau kamu mampu menjaga konsistensi dari perubahan sikapmu tersebut. Tapi ada kemungkinan kalo mereka bakal semakin mencemooh mu atas sikapmu ini, dan yang harus kamu lakukan adalah tetap kendalikan emosimu dan tetap tenang.

Dulu aku sendiri lebih memilih untuk berubah menjadi pendiam. Karena menurutku, semakin sedikit kita berbicara, maka semakin sedikit pula kesalahan yang mungkin bisa kita perbuat melalui lisan kita. Ngerti kan maksudnya? Apa yang mereka katakan tentang kamu, cuekin aja. Cuek disini dalam arti kamu tetap memperhatikan mereka, namun kamu memilih untuk tetap diam.

CATATAN : Diam disini bukan berarti kamu bener-bener jadi seorang yang pendiam hingga menyembunyikan bakat yang kamu punya. Diam disini artinya adalah menahan diri untuk merespon apa yang mereka ucapkan tentangmu.

Namun perlu kuingatkan bahwa tahap ini adalah yang paling sulit, seperti ulat yang akan berubah menjadi kupu-kupu, tahap ini adalah tahap dimana kita menjadi kepompong. Pada saat menjadi ulat, kita bakal dibenci. Ketika menjadi kepompong, adalah saat yang paling rapuh dari dirimu. Kenapa aku mengibaratkan tahap ini sebagai tahap kepompong? Karena disini mungkin kamu bakal bener-bener ngerasa sendirian dan itu bener-bener saat dimana seseorang merasa sangat rapuh.

Dan kalau kamu sukses melewati tahap ini, maka kamu akan siap menjadi kupu-kupu yang disukai banyak orang. Seperti itulah kira-kira analoginya. Dan perlu kuingatkan bahwa semua poin yang sudah dan akan kutuliskan disini harus bener-bener diresapi supaya kamu mengerti. Kalau ada yang tidak dimengerti, silahkan ulangi membaca dari awal dan resapi dengan hati-hati, oke?

3. Lalu bagaimana jika mereka tetap membenci kita?

Seperti yang udah aku sebutin diatas, tahap kedua itu adalah tahap yang paling sulit untuk dijalankan. Kesabaran dan sikap konsisten adalah kuncinya. Kalo kamu gagal melewati fase “kepompong” itu, maka kamu gak akan menjadi kupu-kupu yang disukai orang, melainkan kepompong mu akan membusuk dan tidak menjadi apa-apa. Itu artinya jika ditengah jalan sikapmu kembali seperti semula (sikap yang dibenci orang) maka kamu akan makin dibenci orang dikemudian hari dan mungkin gak akan pernah disukai orang banyak seperti hal nya kupu-kupu.

Semua butuh proses! Perubahan sikapmu aja butuh proses, kan? Jadi perubahan sikap mereka terhadapmu pastinya juga perlu proses. Dan kalau mereka tetep ngebenci kamu setelah kamu benar-benar berubah, yang harus kamu lakukan adalah :

Berkaca dengan sikap mereka terhadapmu, hindari semua sikap yang mereka lakukan kepadamu. Jadikan mereka contoh buruk dan berjanjilah untuk selalu menjauhi sikap yang mereka miliki itu.

Sikap rendah hati adalah kuncinya. Setidaknya, kalo kamu mendapatkan atau berkenalan dengan orang baru, nantinya akan lebih banyak orang yang menyukaimu daripada yang membencimu. Dan jika kamu sudah menjalankan dengan benar semua poin yang aku tuliskan disini, aku yakin di kemudian hari kamu gak bakal terlalu mengambil pusing terhadap orang yang membencimu. Dan satu lagi pesan dariku untuk posting kali ini :

Akan lebih baik jika kamu meladeni orang-orang yang menyukaimu saja. Karena jika kamu melawan atau meladeni mereka yang membencimu dengan kebencian juga, itu artinya kamu gak jauh beda dari mereka, dan itu hanya membuang waktumu.

Nah mungkin itu aja sih yang bisa aku tuliskan disini. Intinya adalah bukan melawan kebencian dengan kebencian juga, tapi menjadikan kebencian orang lain sebagai dorongan untuk instrospeksi diri dan menjadikan diri kita lebih baik lagi. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua. Punya pendapat lain? Komen aja, gratis kok! Follow twitter atau Google Plus Mas Bocah juga boleh 😛 Semoga bermanfaat 😀

SHARE

Blogger lugu yang kadang punya rasa penasaran tinggi | Founder techijau.com & hayuklah.com | Main IG di @masbocah kadang main twitter juga di @PanduDryad

138 COMMENTS

  1. Comment:gmn solusi dari masalah qu,adik iparku selalu mendiami aqu,aqu g tau d mn letak salah ku,pagi aqu kerj siang aqu g kemana2 tp ipar ku selalu memandang aqu dg kebencian,

  2. Gw pendiam dan agak bodoh walaupun anak IPA tapi gw dijulukin Ganteng dikelas,,,memang ada beberapa cewe yg agak jutek sama gw…..tapi gw Bodo amat dan gaperduli mau mereka benci atw enggak sama gw karena setelah gw lihat mereka Yg jutekin gw cuman CEWE2 JELEK YANG WAJAHNYA BERANTAKAN KAYAK JALANAN RUSAK.

  3. aq mau curhat dikit dong min, aku tuh ada suka sma laki2 dan waktu aku minta pertemanan ke mama nya lewat facebook permintaan ku gk diterima lama banget, aku langsung cancel permeintaan pertemanan nya, gk lma aku minta pertemenan lagi ke mama nya tpi ini lebih parah lagi, aku langsung di blokir,, aku pun sakit hati, ak bingung ak salah apa, ketemu aj jaran,, tolong solusinya dong min…

  4. Aq punya keponakan…Dan Dy sngt membenciku..Aq ga tau apa sebabnya..Bhkn anakku sering disakiti olehnya…Hatiku SKT klo Dy ngatain” aq tnp sebab…Aq hny bs berdoa..Smg Allah sllu memberiku kekuatan

  5. yahh gimana donk kalo udah terlanjur mengulangi kesalahan yg kita buat di tengah proses “kepompong”???
    tolong beri saya saran supaya bisa akur lagi…

  6. aku benci banget karena udah di benci sama cewe-cewe gak jelas itu! aku gatau apa kesalahan aku min, tapi aku yakin mereka cuman iri sama apa yang aku punya, mungkin karena fisik aku cantik, trus aku punya pacar yg disukain sama cewe-cewe itu.. padahal aku gak pernah bikin masalah apa-apa sama mereka min, mereka nya aja yang gak suka terus sama aku, udah 6bulan min aku kaya gini terus

  7. Waktu itu saya melakukan kesalahan fatal terhadap ortu pacar saya…
    Karena awal nya dia tidak merestui hubungan kita

    Sebab nya karena ortu cewe saya tidak mao ngasih tau kesalahan yg saya perbuat
    Ortu cwe saya benci sama saya karena ada yg ngadu domba saya sama ortu cwe saya

    Karena sikap saya dan pacar saya sama” egois
    Akhir nya saya sangat dibenci sama ortu cewe saya
    Bahkan sempat dipisahkan kedua nya

    Tolong solusi nya admin

  8. Aku juga ada seseorang yang benci sama aku…aku tau gara2 sikap aku egois makanya dia sangat benci dan orang yang benci itu orang yang aku sayang…aku akan coba bagian kedua ya emang sulit tapi apa boleh buat.
    Intinya juga sabar dan kontrol emosi.
    Makasih ya kak

  9. Entah spa yang berubah,,aku cape seperti ini kenapa mereka seperti benci liat diri aku,,bahkan merela enggan berteman sama aku aku merasa nelangsa(sedih sangat)..apa salah aku..berteman aja susah bgt ,,pengen bgt ngerasain seperti merela yang mempunyai banyak teman,,sku selalu mengemis pembicaraan aku yang slalu mulai jika aku bergabung bersama mereka omongan mereka mahal bgt …akucapeee 😢 knpa ini semua ada pads diri ini

    • Cerita kamu sama kayak cerita ku…
      Gk ush sedih… kan Kita punya Tuhan… kita brdoa.. ingat selalu ada pelangi setelah hujan badai…
      Mngkn mereka emang bkn org yg baik… tmn hrus nya tdk sperti it.. kita gk ush nyari bnyk tmn.. ckup bbrpa aja asalkan mereka baik kpd kita…
      #terima kasih

  10. Aq kdang merasa terkadang susah cari tmn yg bisa ngrti aq tp entah knpa mereka slalu slh phm sma aq knpa ky nya org diem di sngkanya ngaeuudu trkdang ngak bsa brkata apa yg mrka slalu anggp slah hati ini sllalu gundahhhhhhh😥😪

  11. Minta solusinya dong
    Jadi gini ” kenapa ya… Temen² aku, kalau di depan aku mereka baiiiiiiik banget tapi kalau di belakang aku mereka malah ngomongin aku, aku harus kayak gimana coba? Aku udah berusaha semaksimal mungkin,tapi tetep aja , 😔
    Aku udah gak bisa bahan lagi.

  12. permisi , saya mau nanya ???
    kenapa saudara dari ayah saya dengan mudah nya meremehkan saya padahal dari keluarga dari yng nggak punya , mungkin kalau saya masih kuat tapi saya nggak tega melihat kak saya di rendah kan , bahkan sampai kak saya menangis 😔😔😔😔
    mohon pendapat dan bantuan nya

  13. Kak? Bagaimana jika orang yang membenci kita itu penyebabnya karena salah mereka sendiri?

    Maksudnya misalnya aku mengadukan sesuatu yg buruk dr mereka, supaya mereka kembali ke alur kebaikan, tapi mereka malah membenci aku. Itu gimana tuh menyikapinya?

  14. Aq punya teman cowok,dulu waktu kita masih kecil dia baik sama aq,tapi sekarang sejak dia tau aq suka sama dia,dia malah membenci aq..Dan terus saja mencari kesalahanku,aq harus bagaimana?

  15. Aku punya sahabat..Tapi karna aku putus sama pacarku dia langsung ngebenci aku..Tanpa sebab alesanya karena mantan aku juga benci ama aku..sama Katanya aku gk Ngedeketin dia sama sahabat ku Yang satu lagi padahal aku tuh..udh ngedeket2in tapi cewe nya aja yg gk mauu…Masalah ini belom selesai muncul lagii..aku disangka nusuk temen aku karna udh ngambil mantanNya pacaran aja belom cuma dekett..masalah Satu Belom Selesai Masalah..Ini Malah Keluar aku harus ngapain yh??Karna aku udh kehilangan Banyak Temen Dalam Satu Hari

  16. Curhat dong : aq dinas di RS dalam kelompok ku ada 5 org.buat group terus aq dinas sama satu cwe barengan dia nyuruh aq lakuin ..dia keluar disuruh sama senior ,tiba” aq baca di group dia misu in aku..pas balik manggil aq kya gk ada apa” hbis gtu aq blg : exting mu bgus bnget ..dia : exting opo ..aq : liat di group ..dia baca dan gk ngmng apapun ..menurut ku dia salah kirim mau nya curhat ke temen nya tpi salah ke group ..

    La pas mau operan ganti shif siang ,,aq sama dia di gantikan ank shif siang ..ank shif siang blg : gpp mek pisan tok ..itu maksut nya shif bareng sama aku cuma pisan ..terus dia baca” shif katnya : aku yo pisan ..mereka blg” gtu di depan ku ..aku gk tau kenapa mereka kya gtu ke aku pdhl kalo mereka minta tolong aq bantu in dng senang hati ..entah kenapa mereka gtu

  17. terus misalnya kalo kaya aku gimana kak, orang orang dilingkungan aku kayak gak suka sama aku. gara gara masalah keluarga tadinya , sampe mrembet semua, aku harus gimna ya, mau baikin duluan tapi takut ga direspond dan lagi aku termasuk orang yg pemalu kak. aku bingung.

  18. Ini adalah cara yang paling mudah dalam menghadapi orang yang membenci kamu. Mintalah perlindungan dari Tuhan agar orang tersebut diberikan jalan yang lurus dan nggak sesat lagi. Mintalah supaya Tuhan menyadarkan orang tersebut tanpa perlu memberinya musibah. Doa orang teraniaya itu lebih mujarab.

  19. Kata pepatah, selagi engkau dibenci, semua yang kau lakukan adalah kesalahan 🙁
    Untuk merubah menjadi sangat baik itu sulit, dan aku gak pernah dihargai lagi, bahkan yang membenciku melibatkan sahabatku untuk membenciku

  20. gua bingung, kenapa semua temen yang pernah akrab sma gua tiba tiba mendadak diemin gua. udah itu setiap lagi papasan di sekolah, mereka selalu buang muka walaupun gua udah berusaha menyapa mereka. Entah karena apa gua ngga tau.

  21. Saya jg di benci sama ortu ku sama saodara ku apa ka salah saya kasi lian lah saya salah saya baru saya robah perisi saya aminnnn ya allah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here