ASUS Zenpad 8.0 Z380KL, Tablet 8 Inch RAM 3 GB

ASUS Zenpad 8.0 Z380KL, Tablet 8 Inch RAM 3 GB

748
0
SHARE

ASUS Zenpad 8.0 Z380KL, Tablet 8 Inch RAM 3 GB – Nah setelah kemarin diriku sudah memposting soal review (pengalaman menggunakan) Zenpad 7.0 Z370CG, kali ini aku bakal membahas soal detail preview dari saudaranya yang lebih besar yakni Zenpad 8.0, yang bisa kamu pertimbangkan sebagai upgrade dari sang adik kalau kamu ngerasa kemampuan dari Zenpad 7.0 masih belum sesuai dengan harapanmu.

Bukan cuma ukurannya yang jadi lebih besar, urusan dapur pacu dari tablet ini pun turut ditingkatkan sehingga dapat memberikan performa yang lebih baik dari Zenpad 7.0. Yang menarik, versi Zenpad 8.0 yang masuk ke pasar Indonesia ternyata tidak menggunakan chipset dari Intel, seperti halnya yang digunakan oleh perangkat Zenpad C 7.0 ataupun Zenpad 7.0. Inilah alasan mengapa kode huruf di bagian belakang dari nomor model Zenpad 8.0 tidak menggunakan “CG” (kode huruf untuk penggunaan chipset Intel Atom).

Terus Zenpad 8.0 tuh pakai prosesor apa? Berdasarkan sumber yang ku baca, kode huruf “KL” yang terdapat pada nomor model perangkat ini mengindikasikan bahwa ia mengusung prosesor Snapdragon dari Qualcomm. Iya, kamu gak salah baca kok. Jadi, Zenpad 8.0 yang dipasarkan di tanah air mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 415, dengan RAM sebesar 3 GB, dukungan GPU Adreno 405, serta kapasitas penyimpanan 32 GB.

Jelas, ini bukanlah sebuah upgrade yang sifatnya nanggung, karena perbedaan antar perangkat ini dengan saudaranya yang lebih kecil itu terpaut cukup jauh. Seperti yang sudah ku tuliskan pada bahasan sebelumnya bahwa Zenpad 7.0 memiliki dua poin kelemahan yakni dari sisi baterai dan juga performa grafis, meskipun kalau dilihat dari segi harga, performa grafisnya sebenernya yaa memang standar tablet 2 jutaan.

Berdasarkan data spesifikasi yang dimiliki oleh tablet dengan bentang layar 8.0 inch ini, jelas, sepertinya 2 kelemahan yang ditemukan di Zenpad 7.0 tidak akan ditemukan di Zenpad 8.0. Kenapa demikian?

Penggunaan Prosesor Octa-core Dengan 2 Mode Performa

Prosesor Qualcomm Snapdragon 415 yang digunakan pada tablet ini mengusung 8 buah inti prosesor alias Octa-core, yang mana 4 inti pertama akan digunakan ketika sedang melakukan proses berat yang membutuhkan performa tinggi, sedangkan jika perangkat tidak sedang melakukan proses berat, maka ia akan menggunakan 4 inti yang lain yang lebih hemat daya.

Artinya? Jelas, penggunaan baterai akan lebih efisien sehingga dapat memperpanjang waktu standby. Jadi kurasa, kekurangan di sisi baterai pada Zenpad 7.0 tidak perlu di khawatirkan lagi di Zenpad 8.0.

BACA JUGA : Pengalaman menggunakan ASUS Zenfone Selfie

Bukan cuma dari sisi performa dan daya tahan baterai aja, perangkat ini juga mengusung upgrade lain dari sisi konektivitas dan juga kamera. Yup, kalau di Zenpad 7.0 kita cuma bisa menikmati konektivitas 3G HSPA, di Zenpad 8.0 kita sudah bisa menikmati konektivitas 4G LTE pada slot single SIM nya. Lalu kamera juga meningkat dari 5 megapixel menjadi 8 megapixel.

Sedangkan untuk beberapa fitur lainnya, kurasa ia akan mengusung beberapa fitur serupa dengan Zenpad 7.0 seperti teknologi audio DTS HD Premium Sound, ZenUI yang lengkap dengan segala fiturnya, ZenMotion yang juga mendukung fitur Double tap to wake, dan masih banyak lagi.

Jadi, sekali lagi. Kalau kamu merasa performa dari Zenpad 7.0 masih belum sesuai dengan apa yang kamu harapkan, kamu bisa lirik ASUS Zenpad 8.0 sebagai upgrade yang kurasa cukup pantas. Dan kamu perlu tau, bahwa spesifikasi yang diusung oleh perangkat ini sudah masuk kategori tablet kelas menengah, namun banderol harganya jauh dibawah tablet kelas menengah pada umumnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY