Blog

Kita Ganti Domain Loh!

0

Kita Ganti Domain Loh! – Hai para pemirsa, udah lama banget ya diriku gak posting di blog ini. Terakhir kali bikin posting disini bulan september taun lalu, dan itu kira-kira sekitar *bentar ngitung dulu* 5 bulan yang lalu! Waduh lama juga ya, kurang 4 bulan lagi mbrojol deh #eh. Hemm di posting kali ini aku cuma mau ngasih sekilas info nih buat para pemirsa sekalian.

Yang pertama adalah domain baru! Iyap, aku memutuskan untuk melanjutkan blog ini dengan nama domain baru biar lebih mudah di ingat, yaitu masbocah dot kom!

Loh kok jadi kaya nama blog personal gitu mas?

Iya, emang sengaja pake nama domain yang lebih personal biar sesuai dengan tema baru di blog ini. Kalo dulu waktu masih pake nama Kutipan Remaja Anti Galau (kutipanremaja-antigalau.blogspot.com) kan kita temanya lebih ke motivasi-motivasian tuh, nah sekarang aku ubah temanya jadi lebih bebas!

Yah, berarti gak posting soal motivasi lagi donk mas? :'( #hiks *mewek guling-guling*

Hahaha tenang aja, kalo itu tetep ada donk! Tapi sekarang blog ini gak mengkhususkan diri untuk tema itu, jadi sekarang temanya campur-campur kaya gado-gado gitu biar lebih punya “taste” #uhuk. Jadi ceritanya kan dulu blog ini dikelola oleh dua orang (diriku yang berperan sebagai “mimin Patrick” dan satu orang temenku yang berperan sebagai “mimin Spunbub“), karena kesibukan kami masing-masing jadinya kami ngerasa kurang waktu untuk bisa bikin artikel. Eit tunggu tunggu, tapi itu bukan berarti kita miskin ide loh ya!

Sebenernya sih banyak konsep postingan yang udah kita buat, tapi setelah direvisi kok kurang sesuai ya sama tema blog yang dulu itu. Jadi akhirnya ya batal di publikasi karena gak sesuai tema itu tadi dan akhirnya blog ini pun terbengkalai 🙁 . Nah makanya diriku sebagai penulis sekaligus pemilik blog ini memutuskan untuk mengubah tema dari blog ini jadi lebih luas biar lebih sering bikin postingan.

Jadi harap maklum ya pemirsa kalo nanti-nanti bakal banyak postingan yang gak ada hubungannya ama motivasi, apalagi soal Ce-I-eN-Te-A. Jadi ya postingnya sesuai mood ku aja. Dan gak salah kan diriku milih nama domain yang terkesan personal. Oia karena temanya berubah jadi lebih personal, maka aku memutuskan buat ngelempar mimin Spunbub kembali ke habitatnya di Bikini Bottom. Hahahahaha!

Maap ya mimin Spunbub.

Hehe tapi gak lupa aku ucapkan terimakasih buat mimin Spunbub yang udah berkontribusi untuk blog ini *kecup basah*. Okeh, mari kita mulai pergantian musim dari blog ini dengan mengucap basmalah!

Hidup Dan Pilihan (Jalan Penuh Duri)

0

Hidup Dan Pilihan (Jalan Penuh Duri) – Memutuskan sebuah pilihan memang bukanlah hal yang mudah, yaa setidaknya itulah yang dirasakan oleh “eNcup”, salah satu pembaca di blog ini. Dia juga yang secara gak langsung “memaksa” mimin Patrick untuk menulis posting kali ini setelah sekian lama mimin gak posting di blog Anti Galau ini (sekarang menjadi blog Masbocah) karena kesibukan mimin untuk mencari jodoh #eh, cari rejeki maksudnya :P.

Setiap manusia yang hidup pasti akan dihadapkan oleh pilihan, entah disadari atau tidak. Misalnya, setelah lulus SMP mau pilih masuk SMA atau SMK? Atau mungkin pengen kembali ke SD atau TK? Yaa itu adalah pilihanmu. Begitupun dengan hal yang lain, khususnya untuk remaja-remaja jaman sekarang ini memilih pasangan (pacar) adalah pilihan yang sangat sulit dan sering kali bikin mereka galau. Memang untuk hal yang satu ini gak boleh sembarangan, karena kalau kita salah pilih bukan gak mungkin kita bakal sakit hati. Apalagi kalau sampai berlangsung lama, bisa sakit hati berkepanjangan yang rasanya itu. . . Seperti membunuh diri kita pelan-pelan.

Tapi pada posting kali ini mimin gak akan bahas soal pacar atau pasangan pada khususnya, tapi lebih ke pilihan secara umum biar sesuai sama judulnya yaitu “Hidup dan pilihan”. Ada yang bilang, hidup itu seperti sebuah kertas, awalnya kosong, lalu diisi dengan cerita-cerita hidup yang lama kelamaan akan semakin penuh, dan pada akhirnya kertas itu akan menemui saat dimana ia tak akan digunakan lagi. Tapi mimin lebih suka menganalogikannya sebagai “jalan”.

Ya, hidup itu seperti kita dalam perjalanan. Kita mulai dari titik “A” yang merupakan awal dari perjalanan kita (baru lahir kedunia) yang menuju ke titik “B” tempat kita akan tinggal dan berdiam nantinya (saat sudah expired #eh, meninggal, maksudnya). Dalam perjalanan itu kita tentu akan menemui banyak tikungan, banyak persimpangan dan banyak sekali tantangan tergantung ke arah mana kita akan menuju. Ada yang memilih jalan yang berliku, ada yang memilih jalan menanjak, ada yang memilih jalan yang penuh duri dan ada pula yang memilih jalan pintas.

Dia yang memilih jalan pintas dalam arti bunuh diri, tentu akan lebih cepat sampai pada titik “B”, dimana dia tidak akan menemui banyak rintangan karena waktu dari perjalanannya yang singkat. Namun dia sudah pasti telah melewatkan “keindahan” dalam perjalanan tersebut. Disini mimin akan khusus membahas tentang jalan penuh duri mengingat masih banyak remaja yang tersesat di jalan ini. Sudah pasti ini adalah gambaran untuk mereka yang memilih hidup dalam kesakitan, kesedihan dan tangisan.

Mereka yang terlanjur melalui jalan ini biasanya penuh keputus-asaan, dan tidak sedikit yang memilih untuk melewati “persimpangan” menuju jalan pintas karena merasa “terlalu lelah untuk berjalan”. Coba pemirsa perhatikan, berapa banyak orang yang bunuh diri karena sedih? Banyak sekali. Itu karena mereka berpikiran bahwa tidak ada jalan lain yang lebih baik dibanding jalan pintas, dan menganggap bahwa jalan pintas adalah yang terbaik karena mereka bisa mengakhiri perjalanan (penderitaan) mereka dengan cepat. Padahal Tuhan telah memberikan banyak pilihan jalan lain.

Ya, Tuhan senantiasa memberi kita kebebasan untuk menentukan pilihan kita sendiri, jalan mana yang akan dipilih. Dengan catatan segala resiko atau konsekuensi dari tiap jalan yang dipilih, akan ditanggung sendiri. Dan bagi kamu yang terlanjur melalui jalan penuh duri, jangan pernah menganggap bahwa Tuhan membencimu karena harus menanggung derita yang panjang. Ia telah membebaskanmu untuk memilih, dan kamu sendiri yang memutuskan untuk melalui jalan penuh duri itu.

Lalu jangan salahkan Tuhan karena dia tak mengabulkan doa mu agar segera menolongmu dari kesakitan dan derita, karena Ia telah menolongmu tanpa kamu sadari. Ia senantiasa menunjukkan “jalan lain” (pilihan lain) yang bisa kamu lalui, namun kamu tetap memilih untuk melalui jalan penuh duri sehingga kau terus menderita karena kesakitan. Ya, sebenarnya kita bisa kapan saja berpindah ke jalan yang lain yang lebih baik. Jika kamu ingin mengakhiri segala derita yang kau alami selama ini, maka laluilah persimpangan yang disediakan oleh-Nya.

Tiap persimpangan akan menawarkanmu sebuah cerita yang baru, cerita yang bisa saja lebih baik atau lebih buruk tergantung jalan mana yang kau pilih (sekali lagi). Jangan takut untuk memulai cerita baru, jangan takut untuk memilih jalan yang baru. Jika nantinya kamu tersesat lagi, kamu hanya perlu menyeberang ke jalan yang lain pada persimpangan selanjutnya. Sangat simple bukan?

Memang, “berpindah ke jalan lain” tidak semudah yang dikatakan terutama bagi kamu yang sudah “terlanjur nyaman” dengan jalan penuh duri itu. Tapi apakah kamu mau merasakan kesakitan seumur hidupmu? Apakah kamu tidak ingin bahagia? Ingat, setiap orang berhak untuk bahagia, termasuk kamu. Janganlah sia-siakan pilihan yang lebih baik sebelum kamu sampai ke titik “B”, dimana perjalananmu akan berakhir.

Pilihlah yang terbaik untuk hidupmu, hargailah Tuhan yang telah menciptakanmu dengan menyayangi dirimu sendiri. Hargai Ibumu yang sudah melahirkanmu dengan membahagiakan dirimu. Jadi, carilah jalan terbaikmu selagi kamu masih sempat 🙂

Hidup ini singkat loh, masa mau galau terus? Nggak donk! 🙂 Silahkan dicerna, dan semoga bermanfaat 🙂 – Mimin Patrick a.k.a Masbocah

Bagaimana Cara Menjadi Orang Yang Baik?

0

Bagaimana Cara Menjadi Orang Yang Baik? – Setiap orang pasti ingin dikelilingi oleh orang-orang atau teman-teman yang baik dan menyenangkan, meskipun masih sangat banyak orang yang belum bisa “merasakan” harapan yang demikian itu. Selalu ada saja orang yang membuat kita jengkel, marah, sebel, bete dan sejenisnya. Dan gak bisa dipungkiri lagi bahwa disekeliling mimin Patrick sendiri juga ada orang-orang nyebelin macam itu, dan rasanya ingin sekali mimin singkirkan mereka dari muka bumi ini!

ヽ( ・∀・)ノ┌┛Σ(ノ `Д´)ノ

Eiiittss, tapi kita gabole sadis begitu ya pemirsa! Sabaaarr. Hemm coba dipikir lagi deh. Kita kan pengennya dikelilingi oleh orang yang baik, tapi apa kita sendiri sudah baik bagi orang lain? Atau kita sendiri malah jadi salah satu spesies orang yang nyebelin macam itu bagi orang lain? Waini yang harus kita perhatikan terlebih dahulu! Jangan-jangan kita adalah salah satu orang yang dibenci oleh orang disekitar kita.

Hemm siapa sih yang mau dibenci? Pasti gak ada donk! Iya gak pemirsa? Meskipun sebelumnya mimin sudah pernah menulis tentang bagaimana cara menghadapi orang yang membenci kita, tapi tetep aja ada satu kunci lain untuk menghindari agar orang lain tidak membenci kita, yaitu dengan menjadi orang yang baik atau minimal lebih baik dari yang sekarang.

Nah untuk itu, di posting kali ini mimin Patrick akan membahas sedikit tentang bagaimana menjadi orang yang lebih baik. Sama seperti judul di posting blog Masbocah ini. Tapi kenapa harus kita yang harus menjadi orang baik? Bukannya kita pengennya orang disekeliling kita yang baik? Hemm inget gak, ada pepatah yang mengatakan “kalau gak mau dicium, jangan nyium duluan” #eh! Mimin juga mau tuh dicium. Qiqiqiqi :P. Back to topic ya, perumpamaan ini kita balik dulu dan kita ubah dikit biar sesuai dengan topik kita kali ini yang jadinya begini :

“Kalau kita mau orang disekeliling kita baik, maka jadilah pribadi yang baik terlebih dahulu”

Menjadi pribadi yang baik itu gampang-gampang susah, tergantung tingkat “kebaikan” kita saat ini seperti apa. Dan semua butuh proses! Kalau misalnya kita sekarang berada di level yang sangat tidak baik, pastinya kata “baik” sendiri masih sangat jauh dari diri kita yang sekarang, maka harus ada usaha ekstra untuk dapat menjadi pribadi yang baik itu. Nah sebelum mimin lanjut, yuk kita cari snack dulu biar enak bacanya, sekalian bagi yang belum, pollow tuiternya mimin blog ini yaa @PanduDryad hehehe 😛

Nah kita kembali ke topik. Apa aja sih yang diperlukan untuk menjadi orang yang lebih baik itu? Apa kita harus bawa-bawa se-kresek permen trus keliling komplek buat dibagi-bagiin satu-satu ke warga setempat sambil bilang WOW gitu? Ya enggak lah, itu mah oyang giya namanya (¬_¬”). Trus apa donk? Nih mimin kasih bocoran! Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjadi orang baik adalah :

Menjadi tipe orang yang kamu sukai

Kamu pasti punya dong kriteria-kriteria tertentu agar kamu menyukai orang tersebut? Misalnya orangnya harus tampan kaya mimin Patrick, trus setia kaya mimin Patrick, gak sombong kaya mimin Patrick blablablabla.. #eh itu sih kriteria pacar (-_-“) maksud mimin bukan itu, maksudnya sifat-sifat orang menyenangkan bagi kamu. Ngerti kan?

Misalnya “buat aku orang yang menyenangkan itu orang yang mau dengerin aku ngomong dan gak cuekin aku” nah itu berarti kamu juga harus menjadi orang yang demikian agar orang lain menganggap kamu menyenangkan. Simpel kan? Intinya disini adalah kalau kamu mau dimengerti, kamu harus mengerti orang lain terlebih dulu. Oke kita lanjut ke langkah berikutnya.

Menghindari sifat orang yang kamu benci

Coba kamu pikir, kalo kamu nemuin orang yang nyebelin, pasti kamu ngomal ngomel kan meskipun cuma dalam hati. Dan kamu pasti juga punya kriteria-kriteria tertentu untuk orang yang gak kamu suka. Iya kan? Misalnya :

“Gue itu paling gak suka ama orang yang bisanya ngeluh tentang orang lain terutama tentang gue, udah gitu pake ngomongin gue dari belakang lagi! Sumpah gue benci banget ama orang yang begitu”

Nah kalo kamu berani berkata demikian, apa kamu sudah instrospeksi diri? Apa kamu sudah merasa dirimu baik? Coba kamu korek ke dalam dirimu lagi. Apakah kamu masih punya sifat yang kamu sebut (kamu benci) itu atau nggak?

Jujur sama dirimu sendiri! Kalo kamu ngerasa masih punya sifat yang demikian, segera “akui” kesalahanmu itu dan meminta maaf terhadap dirimu sendiri, dan berjanjilah untuk menghindarinya lain kali. Bukannya malah pencari pembelaan atau pembenaran atas kesalahanmu itu. Itu sama aja kamu ngerasa paling baik dan gak perlu berubah lagi. Padahal? Pikir sendiri! Selama kamu masih punya atau pelihara sifat yang kamu sendiri membencinya, maka jangan salahkan orang lain jika mereka tidak menyukaimu! Dan selama itu pula kamu akan GAGAL untuk menjadi pribadi yang baik.

Buang sikap iri kepada orang lain

Nah sikap iri adalah salah satu penyakit hati yang harus kamu buang jauh-jauh demi menjadi orang yang lebih baik. Seperti apa sih contohnya? Ginini misalnya

“Ih itu orang sombong banget sih? Baru punya talenan yang ada layar coleknya aja udah sok banget gayanya!”. “Ah baru punya tablet aja udah gaya banget dibawa bawa ke tempat bikin KTP, besok gue bawa puyer kesini!”

Nah kaya gitu itu sifat yang harus kamu buang. Iya sih memang sifat yang demikian itu menandakan bahwa kita ingin menjadi “lebih baik” dari orang lain, TAPI dalam pengertian dan dosis yang salah.

Menjadi pribadi yang lebih baik itu gak harus lebih kaya dari orang lain kok, gak harus punya pacar yang lebih banyak dari orang lain, atau gak harus lebih tampan dari mimin Patrick #eh. Intinya kamu gak harus punya lebih banyak “hal yang bisa dibanggakan” daripada orang lain, karena bagi pribadi yang baik itu segala kebaikan hanya milik Sang Pencipta dan menjadi diri sendiri itu sudah menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Dan sifat iri itu justru menunjukkan bahwa kamu merasa kamu punya kekurangan sampai-sampai merasa harus punya apa yang orang lain punya. Dan hal-hal yang demikian itu sama sekali tidak mencerminkan bahwa kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Sulit? Memang! Tapi kalau mau mencoba dan berusaha, maka kamu akan terbiasa 🙂

Redam ego mu

Coba kamu pikir, orang egois itu masuk kriteria orang baik bukan? Nggak donk? Malah itu adalah salah satu sifat yang dibenci orang. Mana ada orang yang bilang begini

“Aku tuh suka ama orang yang tukang ngiler, egois, mau menang sendiri blablabla”

Gak ada kan? Maka dari itu kamu harus redam sikap egois mu! Memang sih, egois itu sifat yang manusiawi dan gak ada manusia yang gak egois. TAPI kita harus inget, kita hidup di dunia ini gak sendirian brosis!  Coba kalian amati, orang yang egois nya kebangetan itu pasti jarang punya temen baik. Kalo pun punya, pasti ada “sesuatu” dibalik pertemanan itu, atau temennya itu belum menyadari bahwa orang itu egois.

Siapa sih yang gak mau punya temen? Apa enak idup sendirian gak punya temen? Nggak donk?! Maka dari itu kamu harus redam ego kamu demi orang-orang disekitarmu. Bukan dibuang, tapi diredam. Karena sampai kapanpun manusia gak akan bisa ngebuang sikap egoisnya. Dengan kamu nge-redam ego mu, nantinya kamu akan lebih “sadar lingkungan” lebih mengerti orang lain yang otomatis akan dipandang baik oleh orang disekitarmu.

Perlakukan orang seperti bagaimana kamu ingin diperlakukan

Ada yang tau maksud dari kata-kata diatas? Sama seperti yang udah mimin Patrick tulis sebelumnya. Kalau kita mau orang disekeliling kita baik, maka jadilah pribadi yang baik terlebih dahulu. Kalau kita mau orang lain tersenyum saat melihat kita, maka tersenyumlah terhadap mereka. Kalau kamu mau orang lain ramah terhadapmu, maka ramahlah terhadap mereka terlebih dahulu. Udah dapet gambaran? Pinter :D. Jadi ini hanya tentang bagaimana timbal balik orang lain terhadap sikap kita sendiri.

BACA JUGA : Manfaat Tersenyum Versi Masbocah

Karena terkadang sikap orang lain terhadapmu adalah cerminan dari sikapmu sendiri di masa lampau.

Kendalikan emosimu

Kalau tadi mimin udah nulis redam ego mu, sekarang yang harus dilakukan adalah redam atau kendalikan emosimu. Kenapa harus redam emosi? Coba dipikir, emang ada orang baik yang emosian? Ada gitu orang baik yang gampang marah, terlalu sensi dll? Ya nggak lah! Mungkin ada orang baik yang emosi, tapi emosinya itu jarang banget kan? Meskipun emosi juga punya dampak positif seperti yang udah pernah mimin tulis di posting dampak positif dan negatif emosi, tapi tetep aja, sebaik-baiknya orang itu adalah mereka yang bisa redam emosinya.

Gimana cara redam emosi? Sebenernya gampang aja sih, di posting yang mimin cantumin diatas sebenernya juga udah dibahas, tapi disini mimin pengen nambahin lagi. Cara yang paling sederhana adalah dengan mengatur nafas kita. Coba pemirsa perhatiin, orang emosi pasti nafasnya gak beraturan kan? Ngos-ngosan kaya orang abis lari keliling komplek seharian. Tarik nafas panjang dan buang perlahan, itu akan efektif untuk sedikit meredam emosimu.

Selain itu, kamu juga harus mengubah cara berpikirmu menjadi lebih luas. Tanggapi hal-hal dengan santai, gak perlu nyolot atau semacamnya. Nih, misalnya kita kemana-mana pake motor jadul, sebut saja Grand yang merupakan hasil kita nabung selama 3 hari #wedew. Trus ada temen kita yang kemana-mana bawa motor gede dari Konoha (Baca : Ninja) yang merupakan hasil dari ngerengek ama bapaknya, dan temen kita itu ngeledekin motor yang kita bawa:

“Woi bro, pake motor itu kaya gue donk yang keren, masa pake motor butut begitu?! Ngahahahaha..!”

Nah kita gak perlu lah emosi, kita tanggapi santai dan maklumi aja orang macam itu mah. Inget, orang tua jaman dulu berkata “yang waras ngalah” nah kita ngalah aja nanggepin hal macem itu untuk menunjukkan bahwa kita waras.

“Iya bro, maklum gue mampunya cuma beli ini doank. Gak tega minta-minta ama ortu” (wah kena banget tuh, sekalian nyindir. Wkwkwkwkwk. Tapi mimin gak nyaranin yang demikian ya 😛 ).

Nah seperti itulah kira-kira bagaimana kita menanggapi hal-hal tertentu. Meskipun ada beberapa hal lain yang sifatnya serius yang harus kita tanggapi dengan serius juga. Contohnya? Pikir sendiri yaa.

Buang kesombonganmu

Nah ini juga merupakan salah satu sifat yang paling dibenci orang. Seperti contoh percakapan diatas itu. Mana ada sih orang sombong yang dipandang baik? Gak ada kan? Orang baik itu rata-rata punya sifat rendah hati. Atau istilahnya itu “low profile”. Gak terlalu melebih-lebihkan tentang dirinya, hartanya, ataupun prestasinya. Seperti ilmu padi “Semakin berisi, semakin menunduk”. Sudah ada gambaran? Pinter 😀

Dekatkan diri pada Sang Pencipta

Gak lengkap donk rasanya jadi orang baik tapi jarang beribadah? Ini juga salah satu faktor penting dalam membentuk pribadi yang baik. Semakin kita dekat kepada Sang Pencipta, semakin sering kita ingat kepada Nya. Caranya sudah pasti dengan lebih rajin beribadah. Tapi bukan ibadah sekedarnya ya! Misalnya bagi yang muslim, Shalat nya cuma alakadarnya alias gak fokus. Itu sama aja boong!

Percaya atau nggak, dengan lebih mendekatkan diri kepada Nya maka secara gak langsung kita akan lebih cepat teringat ketika kita melakukan kesalahan dan segera memperbaikinya, karena kita akan selalu merasa ada yang mengawasi gerak-gerik kita, segala tingkah laku kita. Dan itu memicu kita untuk menghindari hal-hal yang tidak baik.

Nah mungkin itu aja sih yang bisa mimin sampaikan di posting kali ini. Kurang lebih nya mimin mohon maaf ya. Menjadi pribadi yang baik akan mudah JIKA memang ada niat sepenuh hati. Tapi akan terasa sulit JIKA niat kita cuma setengah-setengah 🙂 . Dan inti atau kunci terpenting untuk menjadi orang baik adalah kita harus selalu instrospeksi diri sebelum men-judge oranga lain.

Instrospeksi diri, buang penyakit hati, untuk jadi pribadi yang lebih berarti – Mimin Patrick A.k.a Masbocah

Tips Move On Dari Mantan Terindah By Mimin Spunbub

0

Tips Move On Dari Mantan Terindah By Mimin Spunbub – Haaaai, kali ini mimin spongebob bakal ngebahas tentang move on dari mantan terindah. Tema ini mimin angkat karna terinspirasi dari seorang followers yang minta saran #eaaaaaa

Hmm, kalo udah urusan bahas mantan nih bakal butuh waktu yg lama ini *elus elus jenggot*. Hayo.. Hayo.. Pasti pernah kan kesandung cerita manis bersama mantan (heh?) maksudnya pasti pernah kan ngerasa mau balik ke masa masa berjaya dulu bersama mantan? Mimin jg pernah #eh

Maklum itu manusiawi loh, tapi jangan gagal move on dong mblo! Kapan jodohnya mau datang? #nahloh

Oke..oke.. Kita mulai pembahasan (muka serius) Santaaaaai jangan serius bener deh emang kita ngurusin bbm naik apa sampai serius gitu. Tetap santai tapi serius (gimana itu coba pikir sendiri deh ya). Oke tips move on dari mantan terindah dimulai!

1. Niat

Ini nih biang dari segala biang semua hal yg kita lakukan yaitu NIAT. Kalo gak ada niat sih kapan bisa move on mas/mbak. Mau sampai jaman cleopatra lagi sih gak bakal bisa move on. Mari move on mblo jodoh kita menanti #eh

2. Hapuskan semua kenangan bersama mantan

Hayooo pasti diantara kalian masih ada yg sering inget-inget mantan kan? Bahkan sampai mikir kalo guling itu mantan kalian (kalo yang ini emang mimin yang lebay. Maaf *sungkeman*). Udah deh mulai aja belajar lupain mantan, masa si mantan udah sayang-sayangan sama orang lain eh kitanya masih aja susah move on. Mending kita sayang-sayangan jg sama orang lain #eh kan lebih asik (mimin mulai ngaco).

3. Jangan pernah putar lagu kenangan bersama mantan

Ini jg nih yg satu pasti kalian punya soundtrack sendiri kan dalam kisah kalian bersama mantan? Samaaaa mimin juga punya tos dulu dong emang mimin patrick yg gak punya (lama-lama bully mimin patrick) hahaha. Saran terbaik sih kalo bisa hindarkan deh tuh lagu-lagu kenangan, mimin sih udah coba dan Alhamdulillah bisa.

Tapi sih kalo mimin pribadi ya gak masalah jg masih dengar lagu kenangan soalnya setiap mimin dengar lagu itu mimin ingetnya kejelekan mantan #eh (mimim jadi curcol). Tapi kejelekan itu gak bisa dijadikan sebuah alasan untuk kita dendam ke mantan loh yaa (biarpun mantan memang jelek #upsss).

Yg terakhir deh. Mimin capek nih hehe

4. Inget Tuhan telah memilihkan jalan yg terbaik buat kamu

Nah berhubung penjelasannya tentang religi yg ini serius ya. Sebaiknya kamu lebih mengintrospeksi diri aja sih. Pasti terkadang kita pernah berpikir “kok hubungan yang dulu gak berhasil ya?”. Harusnya kalian bisa melihat dari sisi religinya. Hal itu menandakan kalo Tuhan telah menyiapkan jodoh yg terbaik buat kalian. Iya gak sih? (kalo mimin mikirnya sih gitu). Jadi jangan berputus asa dengan kejadian tersebut *ngebayangin muka yang baca pada serius* *mimin ketawa guling-guling kecoa*. Jangan terlalu serius juga kali memang ini pelajaran fisika.

Udah sih cuma itu saran mimin. Makasih kalo berkenan dan kalo ada yg kurang tolong ditambahkan ya (dalam hati aja tambahkannya haha). Sekian ya terima kasih telah membaca. Jangan lupa baca yg lain juga. Dan jangan lupa baca doa sebelum tidur #eh

Jangan merasa hina kalo kalian jomblo. Karna pada akhirnya orang pacaran pun bisa berpeluang untuk jomblo kembali #emaap

Babaaaaay.. Salam cium hangat – Sebut saja Spunbub

Tips Hubungan Jarak Jauh (LDR) By Guest

0

Tips Hubungan Jarak Jauh (LDR) By Guest – Pasti hampir atau bahkan seluruh dari kalian mengetahui tentang LDR. Yaaa… Kali ini kita akan membahas tentang LDR yang kepanjangannya adalah Long Distance Relationship atau pacaran jarak jauh.

Kadang para pelaku LDR ini akan mendengarkan banyak kicauan bahkan hasutan oleh orang dikarenakan (katanya) LDR rawan menjadi ajang perselingkuhan. Oke.. Mimin akan ngasih infonya nih tentang tata cara LDR yang baik dan benar. Check this out yuuuk!

1. Jangan langsung percaya dengan omongan orang lain

Hmm.. Kalo yg satu ini memang bahaya nih, pasti para pelaku LDR pernah nih kena posisi sulit dimana orang suka ngomong yg macam-macam. Eitssss.. Jangan langsung percaya dan diemin doi dong. Kita harus cari tau kebenarannya dulu. Entah dari temen doi atau sumber terpercaya lainnya.

2. Sesering mungkin bertukar kabar

Nah.. Kalo biasanya pacaran lebih sering ngabisin duit buat jalan-jalan. Kalo pacaran ini lebih sering ngabisin duit buat pulsa. Hehe.. Tapi kan ngabisin duit buat pulsa seketika menjadi aneh kalo kamu jarang bertukar kabar dengan doi. Disarankan untuk para pelaku LDR untuk lebih sering berkomunikasi deh supaya hubungannya makin langgeng.

3. Diusahakan kamu kenal salah satu teman baik si doi

Tips yg ketiga ini penting nih buat kalian yg LDR. Sebisa mungkin kalian minta deh perkenalkan dengan teman terdekat doi. Dengan tujuan untuk lebih mengawas si doi yaa. Bukan main jalur belakang #nahloooh. Dengan begitu, kamu tetap bisa memantau doi secara gak langsung.

4. Saling percaya

Ini nih kunci paling penting dalam segala hubungan. Khususnya buat para pelaku LDR. Apa gunanya kalian berhubungan jika gak ada saling percaya, iya gak?. Kalian bisa saling mengawasi satu sama lain tanpa merusak rasa percaya satu sama lain. Maksudnya gini lho kalian harus mengawasi sesuai porsi yang ada. Karna jika kalian terlalu berlebihan dalam mengawasi pasangan malah kamu akan disebut overprotective. Dan itu justru memberikan rasa tidak nyaman untuk pasangan kamu. Berikan pasangan anda ruang tersendiri dalam kehidupannya. Tapi tetap ingatkan mereka agar tidak terlena.

Sekian tips dari mimin, semoga berguna yaa – Sebut saja Spunbub

Ciri Dan Cara Menghindari PHP (Pemberi Harapan Palsu) By Guest

0

Ciri Dan Cara Menghindari PHP (Pemberi Harapan Palsu) By Guest – Mungkin kalian pernah dengar tentang php. Right… Siapa sih yg nggak tau php? Si parasit satu ini emang mengganggu hidup kita. Bahkan kita pasti pernah berpikir udah memusnahkan para php ini dari muka bumi.

Eiiiitssss, tapi santai.. Slow down.. Sebenarnya ada banyak cara kok gimana caranya kita bisa terhindar dari php atau parasit ini. Mau tau tipsnya? Check this out!

1. Lihat cara perhatian mereka

Contohnya yaa: biasanya si php ini bakal ngasih perhatian ke kita yg nggak abis-abisnya. Tapi pas kita benar-benar butuhin dia eh malah kabur.

2. Stalking jejaring sosial mereka

Sekali kali rasanya gak apa apa kali ya buat stalking orang apalagi buat stalk parasit satu ini. Karna para php ini lebih sering mengeluarkan jurusnya melalui jejaring sosial. Gak percaya? Coba deh!

3. Kamu harus benar-benar mengenali sifat mereka

Para php ini akan mengeluarkan seribu kata manis dari mulutnya, mulai dari bilang dia suka dan sebagainya. Tapi hati-hati gak mungkin kan baru kenal langsung suka?

Dan yang terakhir…..

4. Perhatikan cara dia merayu seseorang

Seorang php pasti jago dalam merayu orang. Entah lewat jejaring sosial atau lewat sms. Dia pasti sebisa mungkin akan merayu targetnya. Dan tentunya ada kesempatan. ‘merayu’ dalam arti kata mereka bukan hanya lewat kata-kata tetapi bisa juga lewat emoticons yang tersedia dalam jejaring sosial tersebut.

Jadi kalau baru kenal, jangan langsung percaya deh kalau orang itu baik. Bisa aja dia salah satu dari spesies parasit yg disebut php itu. Tapi kita juga gak boleh terlalu curiga ke orang. Yang penting kita harus tetap waspada supaya terhindar dari para pemberi harapan palsu.

Sekian dan Terima kasih 🙂 – Sebut Saja Spunbub

Dampak Negatif dan Positif Emosi

0

Dampak Negatif dan Positif Emosi – Kalo kita denger kata “emosi” pasti yang pertama kali kebayang itu adalah sikap marah-marah ataupun ngamuk-ngamuk. Iya toh? Padahal emosi itu bukan sebatas itu aja loh pemirsa.

Arti emosi menurut mimin patrick adalah sebuah luapan ungkapan perasaan seseorang akan sesuatu, seseorang, atau apapun yang dihadapinya, yang membuat perasaannya bergejolak. Kalo bahasa gaholnya, perasaan cetar membahana yang “ih ωαααααααωωωωωωω” #halah (˘ __˘ “)

Apa saja bentuk dari emosi yang mimin maksud tersebut? Naini yang perlu pemirsa tau biar pemirsa gak salah kaprah. Emosi itu punya berbagai macam bentuk atau ungkapan. Perasaan senang, riang gembira tertawa “hahahaha” adalah contohnya #eh. Nah kalo perasaan sedih, nyesek, gembira dengan dosis tinggi (dapet pacar baru misalnya) dan marah-marah itu juga termasuk jenis emosi, tapi dalam versi yang lebih greget. Biasanya, puncak emosi itu ditandai dengan jatuhnya air mata alias nangis. Terlalu gembira, kita bisa nangis, terlalu sedih, kita bisa nangis. Iya toh? Naitu contoh-contoh emosi, jadi bukan cuma marah aja yang termasuk emosi. Udah pada ngerti kan pemirsa?! Nah sekarang pembahasan lebih lanjut di paragraf selanjutnya.

Mengapa kata emosi identik dengan marah-marah? Padahal jenis emosi itu kan banyak. Naini, mimin juga bingung. Dan menurut mimin, itu masih menjadi sebuah ~misteri~ #halah. Nah sekarang kita masuk ke pembahasan utama nih pemirsa yaitu pembahasan tentang dampak negatif dan positif emosi, persis seperti judul posting di blog Masbocah ini. Tapi disini mimin bukan mau bahas tentang dampak positif emosi buat kesehatan loh ya (¬_¬”)

Salah satu dampak positif emosi menurut Masbocah adalah untuk membantu kita mengambil keputusan dengan cepat. Meskipun sering kali keputusan yang diambil saat kita sedang emosi itu adalah keputusan yang buruk dan tergesa-gesa, tapi bagi sebagian orang justru akan sangat berguna bagi kelangsungan masa depannya. Wih, hebat yak dampaknya. Tapi contohnya gimana? Naini, mimin bahas satu-satu ya, mulai dari yang buruk dulu yuk!

Dampak negatif / buruk emosi

Seperti yang mimin bilang diatas, emosi itu bisa memicu kita buat mengambil keputusan yang cepat, bahkan cenderung tergesa-gesa. Nah kalo udah tergesa-gesa gitu, dampaknya hampir pasti buruk. Contohnya? Misalnya nih, ada yang baru putus ama pacarnya, trus dia emosi donk (kecewa, nyesek dan kawan-kawan) nah karena gak kuat nahan nyesek (emosi) nya, dia putuskan buat bunuh diri. Waduh, itu tidak patut ditiru ya pemirsa.

Nah udah ada gambaran kan dampak buruknya? Yaitu membuat mental kita jatuh bahkan bisa jadi bodoh dengan seketika, karena saat emosi kita tidak mampu berpikir panjang. Masih ada contoh lain nih. Karena emosi (terlalu suka) sama seseorang, ada yang rela untuk dijadikan “simpenan”. Waini bahaya! Hayo ngaku siapa yang pernah begitu? Karena terlalu suka itu, dia gak berpikir akan masa depannya sendiri, padahal kalo dia mau kontrol emosi (perasaan) nya, dia bisa kok dapet yang lain. Iya toh?

Kita bisa kok ngendaliin emosi kita. Jadi kita bisa menghindari untuk mengambil keputusan bodoh macem itu. Tapi mimin bilang bodoh bukan berarti mimin pinter ya #eh. Trus gimana kita bisa ngendaliin emosi kita? Yuk lanjut ke bawah, mimin lanjut disana

Cara mengendalikan emosi

Sebenarnya gampang aja kita mengendalikan emosi kita. Langkah sederhana, gak pake ribet dah. Cukup dengan ketenangan dan kepala dingin, ambil nafas panjang, lalu keluarkan perlahan. Keluarkan nya lewat idung ya bukan yang lain. Coba deh beberapa kali begitu, pasti ngerasa lebih tenang. Cuman kadang orang suka lupa, jadi emosi gak bisa ditahan. Tapi kalo udah terbiasa, pasti gampang kok.

Nah, udah belajar kontrol emosi nya? Sekarang kita lanjut lagi. Ternyata, emosi itu juga punya dampak positif loh. Seperti yang mimin tulis diatas tadi, emosi bisa sangat berguna bagi kelangsungan masa depan seseorang loh. Sangar gak? Gimana contohnya? Ayuk kita lanjut ke paragraf selanjutnya.

Dampak positif emosi

Misalnya nih, pemirsa punya pacar yang tukang selingkuh *dih amit-amit dah 😛 * tapi pemirsa ragu buat putusin karena terlalu sayang *naitu termasuk dampak emosi yang buruk loh ya*. Pemirsa mencoba bersabar untuk terus bersama dia *kok bego banget ya? -_-*. Sampai suatu ketika pemirsa gak tahan, marah (emosi) karena si dia selingkuh lagi. Nah karena marah itu, akhirnya pemirsa nampar itu si pacar dan minta putus.

Nah dari situ aja udah ada gambaran kan apa dampak positifnya? Iya bener! Dampak positifnya adalah si tukang selingkuh kena tampar #eh maksudnya diputusin. Coba kalo pemirsa gak emosi, pasti bakal disakiti terus kan? Naitu contoh dampak positif emosi. Kita jadi bisa ambil keputusan lebih cepet dan untuk keputusan seperti di atas itu bagus banget dan sangat berguna buat masa depan pemirsa sendiri. Karena dengan mengambil keputusan itu (putus) pemirsa membuka peluang untuk mendapatkan pacar atau calon suami / istri yang lain dan tentu mungkin lebih baik. Udah pada ngerti kan sekarang?

Naitu tadi semua contoh positif dan negatif akibat emosi. Jadi di satu sisi punya nilai buruk, di sisi lain justru punya nilai baik juga. Tapi harus selalu ingat ya pemirsa untuk selalu kontrol emosi anda, untuk kebaikan anda sendiri 🙂 – Masbocah

Bagaimana Menghadapi Pacar Yang Sedang Marah?

0

Bagaimana Menghadapi Pacar Yang Sedang Marah? – Ngambek atau marah itu hal biasa dalam pacaran. Iya toh? Entah cowok ataupun cewek, yang namanya pacaran pasti pernah berantem. Ada yang gak pernah berantem ama pacarnya? Wah berarti gak normal #eh :p. Mimin pun sering berantem ama pacar (lebih tepatnya mantan karena mimin lagi single :p ). Tapi bukan berantem jotos-jotosan ampe bengkak ya 😐 , maksudnya yaa gitu deh. Pasti pemirsa udah pada tau maksud mimin.

Cara mendamaikan pas kita lagi berantem ama pacar versi mimin pun sederhana aja, gak perlu pake cara yang harus begini lah, harus begitu lah, salto lah, keliling lapangan, loncat-loncat sambil bilang “WAW” ato yang lain sama sekali gak perlu. Apalagi sampe konsultasi ama eyang subur 😛

Nah pemirsa mau tau gak nih rahasianya mimin biar bisa baikan lagi ama pacar yang lagi marah? Hemm mau tau aja apa mau tau banget? Hayooo :D. Yaudah, karena pemirsa nya pada kepo, mimin bagiin deh rahasianya mimin biar bisa baikan lagi ama pacar yang lagi marah ato ngambek. Mumpung mimin lagi baik nih 🙂 Yuk yuk kita cek beberapa langkah dan tips nya 😀

1. Kuncinya Ketenagan

Iya, kalo dapet masalah pasti kita panik atau emosi donk? Dan makin emosi, masalah bakal makin besar. Naini yang harus kita redam. Logikanya gini, kalo kita emosi, pasti kita gak bisa mikir jernih toh? Misalnya kita emosi gara-gara ikan cupang kesayangan digoreng ama adek buat sarapan, bukan gak mungkin kan ikan nya ikutan kita makan? #eh maksudnya bukan gak mungkin kan kita jadi marah-marahin adek sampe banting piring? Nah piring yang gak berdosa pun jadi korban, dan karena piring pecah kita kena marah ama ortu. Iya kan? Naitu contohnya, meskipun contoh gajelas tapi yang penting pada ngerti aja. Dan untuk tenang atau redam emosi itu gak sulit kok. Langkahnya ada tiga, diam sejenak, lalu tarik nafas panjang, dan atur nafas mu setelahnya karena biasanya orang emosi itu ngos-ngosan.

2. Tenangkan dia

Kalo kamu udah tenang, sekarang giliran kamu menenagkan si pacar. Ngomong baik-baik gak usah pake nyolot. Kalo pun dianya nyolot, kamu harus liat lagi tips nomer satu biar gak makin ribut. Kalo dia masih marah, ngomal-ngomel, komat-kamit gajelas, yaudah biarin dulu sampe agak reda emosinya, yang penting kamu inget tips nomer satu diatas. Udah agak reda? Sekarang kamu yang ngomong dengan nada rendah gausah pake nyolot. Pelan dan halus (penting itu mblo #eh). Minta dia buat tenang sedikit, kalo bisa minta dia duduk. Udah? Lanjut ke tips berikutnya. Tapi kalo gak bisa ditenangin juga, mimin saranin buat di tinggal aja karena kemungkinan besar dia nya masih bocah (bocah sifat ya maksudnya) yang emosinya labil.

3. Tanyakan apa yang dia mau atau apa yang dia permasalahkan

Dia udah tenang? Sekarang tanyain kenapa dia marah? Apa yang bikin dia emosi? Apa yang dipermasalahkan? Inget tanya nya pake tips nomer satu ya. Kalo dianya jawabnya nyolot, liat lagi tips nomer dua dan lanjutin lagi tanya nya sampe kamu tau apa masalahnya, soalnya ini penting banget loh. Kalo kita gatau masalahnya, kita ga bakal bisa nyelesein masalahnya toh? Kalo udah, lanjut ke tips berikutnya.

4. Minta maaf, dan mengalah

Sebelumnya perlu dicatet dulu ya, kalo pemirsa yang baca ini cewe (yang marah cowonya), tips yang ini gak usah terlalu diperdalam, karena emang harusnya yang lebih sering ngalah itu cowo. Kenapa? Karena cowo itu seharusnya yang ngelindungi cewe nya, bukan sebaliknya. Kalo si cowo gamau ngalah, yaudah tinggal aja. Berarti sifatnya masih bocah, dan kalo gak bisa kontrol emosi apalagi gak pernah ngalah, kamu bakal nyesek terus gara-gara berantem karena masalah kecil. Percaya deh.

Nah untuk pemirsa yang cowo, pasti pernah denger donk istilah “karena wanita ingin dimengerti”? Lakuin itu terhadap pacar / istri / pasanganmu. Tanem dalem-dalem deh yang namanya ego. LAKI itu berani mengakui kesalahan (kalo emang salah) dan kekalahan. Kalo kamu emang salah, ya minta maaf. Kalo kamu gak ngerasa salah, tetep minta maaf. Kenapa? Soalnya kalo kamu ngelawan ato nyolot lagi, masalah bakal panjang lagi soalnya gak nerapin tips nomer satu.

Dan itu bukan berarti kita membiarkan harga diri kita diinjak-injak, karena justru itu menunjukkan bahwa kita ini beneran LAKI yang mau ngejaga do’i. TAPI itu semua ada batasannya ya! Kalo misalnya dia udah keterlaluan, ya mending di tinggal aja. Contohnya? Selingkuh dll, pikir sendiri yak batasannya sampe mana. Tapi disini kan kita bukan bahas soal selingkuh, jadi kita harus ngalah. Oke, kita lanjut lagi ke tips berikutnya.

5. Belum dimaafin? Lakuin apa yang dia mau dan buktikan bahwa kamu bersungguh-sungguh!

Ininih faktor kunci selain tips nomer satu. Dengan ngelakuin apa yang dia mau, kita secara gak langsung nunjukin bahwa kita bener-bener serius ama dia. Tapii tetep ada tapinya ya, dan tetep ada batasannya. Buat pemirsa yang cewe, harus inget buat jaga diri dan kehormatan. Kalo dia mintanya yang aneh-aneh (misalnya, kamu tau sendiri lah…..) mending tinggal aja dan gausah minta maaf. Cari yang lain aja yang lebih sabar. Inget, kehormatan itu mahal harganya sista, dan bahkan tidak ternilai. Jangan sampai nanti kamu malah dianggap tidak bernilai di mata suami mu kelak (bukan tidak ternilai). Toh belum tentu dia bakal jadi suami mu kan nantinya?

Nah buat pemirsa yang cowo juga, kalo misalnya dia minta yang aneh – aneh entah tiduran di jalan, nyebur sumur dan lain sebagainya, mending gausah dilakuin. Itu namanya kebangetan, kalo bang Haji Roma bilangnya “TERLALU”. Tinggal aja dah itu cewe.

Belum dimaafin juga? Berarti anda belum beruntung. Coba perbanyak amal dan ibadah, lalu coba lagi #eh. Tapi ini perlu diinget ya buat pemirsa. Kalo misalnya marah nya “mencurigakan” ato gak beralasan, patut dicurigai bahwa dia memang sengaja begitu biar dia diputusin. Soalnya cara ini pernah mimin lakuin ke salah satu mantan mimin. Hehehe :p

Nah gak sulit kan tips menghadapi pacar yang lagi marah? Seperti yang mimin bilang, gak perlu neko-neko dan sederhana aja. Semoga tips ini bermanfaat buat pemirsa sekaligus sekalian 😀